Proses Metabolisme Karbohidrat dan Pengertiannya Dalam Makhluk Hidup

Proses Metabolisme Karbohidrat dan Pengertiannya Dalam Makhluk Hidup
Ilustrasi Proses Metabolisme Karbohidrat. Foto: Ist/Net

Proses metabolisme karbohidrat sangat menarik untuk dipelajari. Termasuk pada metabolisme sel yang mengandung karbohidrat. Bahkan termasuk tongkat kehidupan bagi sebagian besar organisme.

Karbohidrat mengandung banyak gula dan pati. Bahkan merupakan komponen utama dari konsumsi kalori oleh manusia dan sebagian besar hewan. Salah satunya adalah berbagai mikroorganisme.

Karbohidrat bisa memainkan peran sentral dalam metabolisme tanaman hijau. Organisme fotosintesis lainnya juga menggunakan matahari untuk mensintesis karbohidrat. Selain itu, juga mendapatkan bantuan dari Co2 dan H2O.

Pahami Proses Metabolisme Karbohidrat dan Pengertiannya

Metabolisme termasuk reaksi kimia dan terorganisasi dalam sel. Proses metabolisme ini menggunakan berbagai jalur. Mulai dari katabolisme, anabolik, hingga amfibi.

Berikut adalah fase atau proses metabolisme terhadap badan organisme:

Glikolisis

Proses yang pertama adalah glikolisis yang hampir ada pada setiap sel hidup. Reaksi ini merupakan jalur biokimia tertua dalam sebuah organisme. Glikolisis memiliki sifat anaerob yang letaknya pada bakteri prokariotik.

Glikolisis adalah salah satu reaksi berantai yang bisa mengubah glikogen atau glukosa menjadi piruvat. Selanjutnya akan menghasilkan energi ATP. Energi tersebut meliputi adenosin trifosfat dengan bentuk energi yang paling umum untuk sel.

Baca Juga: Proses Metabolisme Protein Mulai dari Perut Hingga Usus Secara Lengkap

Fosfat Pentosa

Proses metabolisme karbohidrat berikutnya menggunakan jalur pentosa fosfat. Merupakan salah satu jalur metabolisme yang hampir mirip dengan glikolisis.

Dalam hal ini, produk glikolisis akan mendapati proses ulang dengan respirasi seluler dan menghasilkan energi. Terdapat sebuah cabang glikolisis alternatif. Sehingga mampu menghasilkan gula yang bisa membentuk DNA dan RNA.

Jalur ini sangat unik karena tidak memiliki energi ATP yang dihasilkan dan digunakan dengan cara yang satu ini. Sama halnya dengan respirasi mRNA, molekulnya melintasi jalur pentosa fosfat umum yang terbuat dari sebuah karbon. Untuk mempermudah pemahaman, maka jalan ini akan mengikuti karbon.

Proses metabolisme karbohidrat ini merupakan rincian suatu glukosa dalam glikolisis. Mengarah pada keenam molekul karbon yang sangat penting untuk jalur pentosa fosfat. Langkah awal adalah glikolisis yang mengubah gugus fosfat dengan menghasilkan glukosa-6-fosfat.

Siklus Asam Sitrat

Adapun siklus asam sitrat atau siklus kanker yang merupakan pusat kontrol untuk respirasi mRNA. Siklus ini merupakan glikolisis dan penggunaan aety coety (CoA). Selanjutnya akan mendapatkan hasilnya dari oksidasi piruvat sebagai bahan awal.

Tahapan awal dari siklus ini menunjukkan asetil-KoA yang berikatan dengan molekul reseptor oksaloasetat. Berguna sebagai pembentuk molekul sitrat atau 6 karbon. Selanjutnya akan melepaskan 2 karbon terhadap suatu produk CO2 dan menghasilkan NADH.

Baca Juga: Proses Terbentuknya Air Mata Saat Menangis dan Fungsinya

Transfer Elektron

Proses metabolisme karbohidrat berikutnya adalah menggunakan transfer elektron. Menghasilkan beberapa bahan reseptor elektron. Ada yang bermuatan karena penambahan ion hidrogen.

Reseptor akan masuk ke transfer elektron yang bisa membentuk suatu molekul dengan energi cukup tinggi. Energi tersebut merupakan ATP yang akan melakukan reaksi dalam membran mitokondria. Adanya reaksi ini untuk membentuk energi selama masa oksidasi.

Transfer elektron merupakan sebuah proses kompleks yang juga melibatkan NADH, FAD, dan molekul lainnya. Dalam pembentukan ini menggunakan akseptor elektron yang akan memberikan fasilitas pertukaran elektron.

Elektron pada proses ini akan berpindah dari ubiquinon ke protein yang bisa mengandung besi dan sulfur. Dalam rantai pernapasan ada 3 molekul air yang dihasilkan dari NADH. Lalu ada 1 molekul H2O hasil dari FAD.

Fungsi Karbohidrat

Proses metabolisme karbohidrat sangat berperan dalam mempertahankan kelangsungan makhluk hidup. Mengingat bahwa metabolisme bisa menghasilkan sebuah energi yang sangat penting bagi tubuh. Karbohidrat merupakan salah satu makronutrien yang sangat penting.

Energi hasil dari metabolisme karbohidrat merupakan bahan bakar organ tubuh. Mampu bekerja dan berperan sebagai sumber energi pada otak. Sehingga mendukung kelangsungan hidup mereka.

Karbohidrat berasal dari berbagai sumber, termasuk sayuran, buah-buahan, biji, kacang-kacangan, dan susu. Semuanya itu adalah karbohidrat yang sehat karena termasuk bahan alami.

Ada juga karbohidrat yang berasal dari bahan olahan, seperti roti, kue, soda, permen, dan sirup. Memang merupakan karbohidrat, tetapi tidak sehat karena bercampur dengan bahan kimia. Bahkan tidak memiliki banyak vitamin atau mineral.

Itulah beberapa proses metabolisme karbohidrat dan pengertiannya. Pastikan bahwa proses metabolisme bisa berjalan dengan baik. Sehingga dapat bertahan hidup dalam kesehariannya. (R10/HR Online)

Editor: Jujang