Punya Nilai Ekonomi, DPRKPLH Ciamis Ajak Masyarakat Menabung Sampah

DPRKPLH Ciamis
Pertemuan dengan kader perwakilan pengelola bank sampah. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, DPRKPLH Ciamis melakukan pertemuan dengan kader untuk membahas potensi sampah di masa pandemi.

Dalam kegiatan yang bertajuk sampah menjadi solusi bahan baku ekonomi di masa pandemi, perwakilan dari sejumlah wilayah hadir dalam kesempatan itu.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPRKPLH Ciamis, Giyatno, menjelaskan, pihaknya mendorong agar pengelola bank sampah untuk lebih semangat lagi dalam pemberdayaan masyarakat.

“Sosialisasi kepada masyarakat tentang sampah itu bisa jadi solusi di masa pandemi covid-19 ini. Apalagi bisa memiliki nilai ekonomi tinggi melalui pola yang sudah kita terapkan,” katanya, Kamis (18/2/2021).

baca juga: Wisata Agro Edu Garuda Mupuk di Ciamis, Liburan Sambil Belajar Bertani

Giyatno menambahkan, sejauh ini pengelolaan bank sampah di masyarakat bisa menghasilkan uang sampai jutaan rupiah.

Hal itu terjadi karena mereka setiap harinya selalu menabung limbah rumah tangga ke bank sampah.

“Jadi ada yang tidak sadar karena dia rajin menyetorkan sampah, namun uang di tabungannya bisa mencapai jutaan. Ini membuktikan bahwa ini bisa menjadi solusi dalam situasi seperti ini,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga menginformasi kepada para pengelola bahwa bank sampah induk saat ini sudah bisa menampung minyak jelantah dengan harga per liternya Rp 3000.

“Jangan sampai membuang sembarangan ke sungai atau ke lingkungan, karena bisa merusak dan mencemari. Lebih baik kita tampung,” pungkasnya. (Fahmi/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid