Puskesmas Telantarkan Pasien, Anggota DPRD Ciamis Ini Ngamuk

Anggota DPRD Ciamis ngamuk
Yogi Permadi, anggota DPRD Ciamis saat memarahi petugas di Puskesmas Sindangkasih. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Yogi Permadi, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari fraksi PDIP Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ngamuk lantaran kecewa dengan pelayanan kesehatan di Puskesmas Sindangkasih.

Kekecewaan Yogi terekam dalam video ponsel dan tersebar di media sosial. Dalam video tersebut terlihat Yogi mendatangi Puskesmas Sindangkasih dan memarahi para petugas kesehatan. 

Saat dikonfirmasi HR Online, Kamis (18/02/2021) Yogi membenarkan kejadian dalam video yang beredar dimana dirinya memarahi para petugas kesehatan di Puskesmas Sindangkasih.

“Bukan tanpa sebab saya memarahi para petugas di sana. Kronologisnya pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB pagi, saya kedatangan sejumlah warga ke rumah. Tujuannya untuk meminjam mobil yang akan digunakan mengantar pasien yang mengalami kecelakaan,” jelas Yogi.

Yogi mengaku heran sekaligus penasaran kenapa ada warga yang sampai mencari mobil kesana kemari untuk mengantar pasien kecelakaan. Padahal ada ambulan di Puskesmas.

“Karena penasaran saya mencoba langsung datang ke puskesmas,” lanjutnya.

Saat tiba di Puskesmas alangkah terkejutnya Yogi saat melihat pasien kecelakaan dalam kondisi memprihatinkan. Namun tidak segera diantar ke RSUD untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. 

“Emosi seketika memuncak, apalagi melihat mobil ambulance terparkir di Puskesmas, namun anehnya tidak bisa dipakai untuk membawa pasien kecelakaan yang dirujuk ke RSUD,” katanya.

Menurut keterangan petugas kesehatan yang berada di Puskesmas, tidak ada supir yang bisa membawa pasien kecelakaan tersebut.

“Emosi saya itu reflek seketika, karena pihak Puskesmas alasannya tidak logis, katanya tidak ada sopir ambulan. Pertanyaannya apa petugas kesehatan di Puskesmas itu tidak ada satupun yang bisa mengendarai kendaraan roda empat? Ini kan tidak mungkin,” ungkapnya.

Anggota DPRD Ciamis Ngamuk Karena Jengkel dengan Pelayanan Puskesmas

Yogi menambahkan, kejadian buruknya pelayanan Puskesmas Sindangkasih bukan hanya satu kali terjadi. Namun kejadian serupa sudah beberapa kali terjadi.

“Sehingga siapapun pasti merasa jengkel dan kesal. Karena kita ketahui bahwa pelayanan kesehatan merupakan hal yang paling utama yang harus didapatkan oleh masyarakat,” katanya.

Meskipun begitu, Yogi berharap kejadian tersebut bisa menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Sindangkasih.

“Semoga atas kejadian ini bisa menjadi pelajaran untuk semua agar bisa menjadi evaluasi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Sindangkasih,” pungkasnya.

Sementara itu hingga berita ini diunggah, belum ada tanggapan dari pihak Puskesmas Sindangkasih terkait kejadian tersebut. (Fahmi/R7/HR-Online)

Editor: Ndu