Radang Telinga Tengah, Penyebab, Jenisnya Hingga Cara Pengobatan

Radang Telinga Tengah, Penyebab, Jenisnya Hingga Cara Pengobatan
Ilustrasi radang telinga tengah. Foto: Ist/Net

Radang telinga tengah atau secara medis dikenal dengan otitis media merupakan infeksi yang sering terjadi. Penyakit yang satu ini akibat virus atau bakteri yang menyerang telinga bagian tengah.

Tempat tersebut berada pada bagian belakang gendang telinga yang memiliki tulang pendengaran. Banyak sekali jenis penyakit yang bisa menyerang manusia.

Bahkan ada yang ringan dan kronis. Mungkin sebagian besar orang masih terasa asing dengan penyakit bernama otitis media.

Hal ini terjadi karena penyakit yang satu ini masih jarang. Penyakit yang menyerang indra pendengaran bisa muncul dengan gejala yang cukup terlihat.

Jika seseorang mengalaminya, maka akan timbul pembengkakan dan terkumpulnya cairan dalam telinga bagian tengah. Gejala tersebut bisa menimbulkan rasa sakit dan nyeri.

Pada umumnya, kondisi ini akan timbul dengan didahului alergi dan batuk pilek. Biasanya radang telinga tengah terjadi pada anak-anak.

Penyakit in biasanya sering menyerang anak-anak yang berusia 3 bulan hingga 3 tahun. Hal ini terjadi karena tuba eustachius pada anak-anak belum berkembang secara sempurna.

Baca Juga : Telinga Berdenging Sebelah Kiri? Awas Bisa Jadi Tinnitus!

Sebenarnya hal ini bukan termasuk penyakit yang kronis. Namun, juga tidak bisa disepelekan begitu saja. Pengobatan yang dilakukan pun tidak terlalu serius, hanya cukup dengan pereda rasa nyeri.

Sebab penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya. Hanya dengan pengobatan ringan, bisa anda lakukan untuk memantau penyembuhan.

Penyebab Radang Telinga Tengah

Otitis media merupakan infeksi yang terjadi pada ruang kosong bagian belakang gendang telinga. Ada beberapa faktor yang bisa menimbulkan penyakit ini terjadi.

Sebenarnya kondisi ini memang tidak perlu penanganan secara serius. Akan tetapi, anda juga tidak bisa membiarkan begitu saja.

Sebab, jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus tanpa penanganan, maka bisa berbahaya. Kondisi akan semakin parah hingga mengakibatkan timbulnya komplikasi.

Bahkan hal tersebut cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh. Penyebab timbulnya infeksi ini akibat adanya virus atau bakteri.

Bahkan juga bisa karena penyakit lain yang menimbulkan penyumbatan dan inflamasi. Misalnya alergi atau flu yang bisa menimbulkan penyakit tersebut.

Baca Juga : Fungsi Gendang Telinga, Kenali Bagian-Bagian dan Cara Perawatannya

Penyebab lain dari masalah tersebut juga bisa timbul karena saluran eustachius membengkak. Hal ini menimbulkan adanya cairan yang menyumbat telinga bagian tengah sehingga terjadilah infeksi. Selain saluran eustachius, masalah pada adenoid atau kelenjar bagian ujung rongga hidung juga bisa.

Iritasi adenoid lebih banyak dialami anak-anak daripada orang dewasa. Sebab, ukurannya lebih besar dari orang dewasa.

Jenis-Jenis Radang Telinga

Sebenarnya radang telinga tengah bisa terjadi pada siapa saja. Namun, yang memiliki resiko cukup besar yaitu anak-anak. Setelah anda tahu penyebabnya, ada beberapa jenis radang telinga yang bisa terjadi, antara lain:

Otitis Media Akut

Jenis radang telinga tengah yang pertama yaitu golongan akut atau kronis. Kondisi ini terjadi secara mendadak dengan penanda telinga memerah dan membengkak.

Dalam telinga terdapat lendir dan cairan yang tidak bisa keluar. Sehingga menyebabkan penderitanya mengalami demam dan nyeri.

Baca Juga : Penyebab Kepala Sering Pusing Tiba-tiba dan Cara Mengatasinya

Otitis Media Efusi

Jenis radang telinga tengah yang lain ini berbeda dengan sebelumnya. Ketika seseorang mengalami masalah tersebut, maka cairan atau efusi dan lendir menumpuk pada bagian tengah telinga.

Sehingga hal ini menimbulkan terjadinya infeksi. Telinga akan terasa penuh dan mengakibatkan timbulnya gangguan pendengaran. Namun, ada juga yang menderita jenis penyakit yang satu ini tanpa timbul gejala.

Otitis Media Kronis dengan Efusi

Jenis penyakit radang telinga tengah ini juga sering terjadi. Kondisi yang bisa terjadi yaitu cairan berada dalam telinga selama beberapa waktu.

Hanya saja, hal ini akan muncul kembali meski tidak menimbulkan infeksi. Jika jenis penyakit yang satu ini anda biarkan, maka akan timbul infeksi baru dan sulit sembuh.

Bahkan lama-kelamaan akan terjadi gangguan pendengaran. Sebenarnya anda bisa segera mengatasinya agar tidak berkepanjangan. Penanganan harus segera anda lakukan sesaat timbul gejala.

Ada cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya. Namun, pengobatan tersebut bisa anda lakukan sesuai dengan faktor penyebabnya.

Pengobatan bisa anda lakukan dengan pemberian antibiotik atau antinyeri. Namun jika kondisinya semakin kronis, operasi adalah jalan penanganan infeksi radang telinga tengah. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah