Rengginang Oyek Khas Tasikmalaya, Dengan Cirasa Gurih dan Renyah

Rengginang Oyek Khas Tasikmalaya
Rengginang Oyek Khas Tasikmalaya. Foto: Ist/Net

Rengginang oyek khas Tasikmalaya berbeda dengan rengginang pada umumnya. Camilan ini terbuat dari bahan baku berupa singkong. Proses pembuatannya pun cukup unik.

Selain itu, rasa rengginang oyek sangat nikmat dengan perpaduan gurih serta rasa sedikit hangat. Oleh-oleh khas Tasik ini dapat anda simpan lebih tahan lama dan tidak mudah basi.

Oleh karena itu, bagi siapapun yang berkunjung ke kota ini, dapat menjadikan rengginang oyek sebagai pilihan oleh-oleh yang tepat bagi keluarga atau kerabat di rumah.

Citarasa Rengginang Oyek Khas Tasikmalaya

Tasikmalaya tidak hanya populer dengan destinasi wisata saja. Namun saat berkunjung ke kota ini, anda akan disuguhkan beragam jenis kuliner hingga camilan khas.

Baca Juga:  Makanan Khas Bali yang Pasti Membuat Anda Kangen, Cek Daftarnya!

Salah satu jenis camilan tradisional Tasik yang masih bertahan hingga kini adalah rengginang oyek. Meskipun sudah gampang-gampang susah untuk menemukannya, awalnya rengginang oyek khas Tasikmalaya merupakan jenis makanan tradisional yang wajib ada sebagai hidangan hari raya.

Seperti yang kita ketahui, rengginang merupakan salah satu makanan tradisional yang hampir terdapat pada beberapa daerah di Indonesia.

Namun masing-masing daerah tersebut memiliki rengginang dengan ciri khas masing-masing. Terdapat rengginang yang terbuat dari nasi atau beras ketan.

Secara umum, memang rengginang merupakan sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan dengan berbentuk bulat. Proses pembuatannya melalui pengeringan atau pemanasan di bawah terik matahari langsung.

Selanjutnya setelah kering, lalu proses penggorengan dengan menggunakan minyak panas supaya mudah mengembang. Tidak seperti kerupuk jenis lainnya, rengginang tidak dihancurkan sehingga masih nampak bentuk butiran ketan.

Namun berbeda dengan rengginang oyek yang terbuat dari bahan dasar singkong serta memiliki proses pembuatan yang berbeda pula dari jenis rengginang lainnya.

Ciri Khas Rengginang Oyek Khas Tasikmalaya

Rengginang oyek merupakan salah satu jenis camilan yang selalu hadir pada saat lebaran tiba. Camilan ini berasal dari salah satu daerah di Tasikmalaya, tepatnya di desa Tenjowaringin.

Baca Juga: Tempat Makan Enak di Bandung dengan Menu Khas, Ini Rekomendasinya

Terbuat dari bahan baku singkong, proses pengolahannya pun memerlukan waktu yang cukup lama serta melalui beberapa tahapan. Meskipun cukup lama dalam pengolahan, namun camilan ini memiliki citarasa yang sangat gurih dan nikmat.

Rengginang khas Tasik ini memiliki bentuk yang lebih kecil serta agak tebal. Dari segi rasa juga jauh berbeda dari jenis rengginang lainnya. Rengginang oyek lebih gurih serta memiliki aroma sedikit menyengat.

Sehingga tidak heran jika menjadi primadona. Tidak hanya warga Tasik, akan tetapi juga para pengunjung yang datang dari luar kota.

Proses Pembuatan Rengginang Oyek Khas Tasikmalaya

Saat hari raya tiba, akan dengan mudah menemukan hidangan rengginang oyek di atas meja rumah-rumah warga Tasik. Terkadang banyak warga yang mewadahinya dengan menggunakan kaleng kue untuk menipu tamu yang hadir.

Perbedaan dari rengginang oyek dengan rengginang jenis lainnya terletak pada bahan baku, bentuk, hingga proses pengolahannya.

Apabila rengginang biasa terbuat dari beras ketan, proses pengolahan cukup sederhana. Pengolahannya pun cukup melalui proses goreng dengan bentuk yang agak besar.

Lain halnya dengan rengginang oyek khas Tasikmalaya, cara pembuatannya cukup panjang dengan berbahan dasar singkong. Bahan dasar tersebut dicampurkan dengan ketumbar dan kencur.

Seperti yang terulas sebelumnya, cara pembuatan rengginang oyek cukup unik. Proses awal, singkong anda potong-potong hingga berbentuk seukuran beras.

Selanjutnya potongan singkong tersebut anda beri tambahan ketumbar dan kencur. Kemudian bentuklah seperti proses pembuatan rengginang pada umumnya.

Baca Juga: Bakmi Parahyangan Bandung Jalan Sukajadi dengan Menu Istimewa

Proses terakhir, rengginang yang telah melalui proses cetak kemudian jemurlah hingga kering. Selanjutnya dapat anda goreng dengan minyak panas sehingga bisa dengan mudah mengembang.

Karena ada tambahan kencur serta ketumbar, rengginang oyek memiliki citarasa yang gurih serta sedikit hangat. Camilan ini sangat cocok untuk menjadi pilihan oleh-oleh bagi pengunjung dari luar kota. Karena rengginang oyek tidak mudah basi serta tidak memerlukan cara penyimpanan khusus.

Karena terbuat dari singkong pilihan yang rendah karbohidrat, maka rengginang oyek khas Tasikmalaya sangat aman untuk dikonsumsi para penderita diabetes. Selain rengginang oyek, masih banyak lagi camilan tradisional dari daerah Tasik yang dapat anda nikmati saat berkunjung ke kota ini. Camilan tersebut antara lain opak, godeblag, noga kacang, wajit, dan lain sebagainya. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang