Resep Minuman Bandrek Khas Bandung Nikmat, Berkhasiat Bagi Tubuh

Resep Minuman Bandrek Khas Bandung
Resep Minuman Bandrek Khas Bandung. Foto: Ist/Net

Resep minuman bandrek khas Bandung kaya akan rempah. Maka tidak heran jika bandrek cukup menyehatkan untuk dikonsumsi. Bandrek merupakan minuman khas Sunda yang paling nikmat anda konsumsi saat musim dingin.

Termasuk dalam ragam minuman hangat yang terbuat dari campuran gula merah dengan jahe. Tak jarang pula, bandrek hadir dengan serutan kelapa muda untuk memberikan cita rasa khas pada minuman tersebut. Terdapat pula bandrek dengan campuran susu untuk memberikan ras nikmat dan lezat pada minuman.

Untuk menambahkan ras hangat selain dari rasa jahe, pada beberapa wilayah tertentu juga menambahkan beberapa jenis rempah-rempah seperti pandan serai, merica, telur ayam kampung, dan lain sebagainya. Saat berkunjung ke kota Bandung, tentu anda akan dengan mudah menemukan banyak penjual minuman bandrek ini.

Mengenal Resep Minuman Bandrek Khas Bandung

Selain populer dengan sejuta ragam makanan tradisional yang khas, kota Bandung juga memiliki minuman khas yang wajib anda cicipi saat berkunjung ke kota ini. Salah satu jenis minuman khas Sunda yang cukup terkenal adalah Bandrek.

Baca Juga: Wisata Kuliner Malam di Cirebon Sajian Menggoda, Lezat Bikin Ketagihan

Minuman bandrek sangat populer di kota Bandung. Berdasarkan pernyataan resmi Pemkot Bandung, bandrek adalah salah satu minuman tradisional khas masyarakat Sunda.

Jenis minuman ini sangat pas disajikan bersama dengan gorengan, kacang, atau ubi rebus. Kota Bandung terdapat banyak pedagang keliling yang menjual bandrek.

Resep minuman bandrek khas Bandung cukup legendaris dan mampu bertahan hingga saat ini. Penyajian bandrek pun beragam. Namun minuman bandrek akan terasa nikmat apabila ditambahkan dengan susu.

Rasa bandrek yang terasa sedikit pedas akan menjadi lebih gurih serta manis dengan adanya campuran susu. Maka tidak heran minuman khas Bandung ini banyak diburu oleh masyarakat.

Jika anda ingin membawanya sebagai oleh-oleh, maka anda tidak perlu khawatir karena saat ini terdapat sejumlah toko oleh-oleh yang telah menyediakan minuman bandrek secara instan.

Khasiat Bandrek Untuk Kesehatan

Banyak masyarakat Indonesia yang percaya bahwa bandrek dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit ringan. Seperti sakit tenggorokan serta batuk.

Selain sebagai minuman yang menghangatkan tubuh, bandrek juga sangat menyehatkan. Kandungan jahe dan jenis rempah lain yang terdapat dalam minuman ini terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Bandrek juga bermanfaat untuk mengatasi atau mencegah perut kembung, mengatasi masuk angin, hingga ampuh mencegah radang.

Maka tidak heran jika resep minuman bandrek khas Bandung ini mampu bertahan hingga kini. Saat ini banyak penjual yang menyediakan minuman bandrek secara instan agar dapat anda nikmati kapan dan di mana saja.

Minuman ini berkhasiat untuk menaikkan suhu tubuh. Sehingga sangat cocok anda minum saat cuaca sedang dingin ataupun pada malam hari sebagai penghangat tubuh. Selain kota Bandung, bandrek juga populer di wilayah lain, tentu dengan ciri khas resep masing-masing wilayah.

Olahan Resep Minuman Bandrek Khas Bandung

Minuman bandrek mempunyai bahan dasar jahe dan larutan gula merah. Akan tetapi, untuk beberapa wilayah lain ada yang menambahkan jenis rempah lain sehingga dapat memperkuat efek hangat yang tersaji dalam minuman ini.

Baca Juga: Makanan Khas Bogor yang Fenomenal dan Khas, Lezat Selalu Bikin Nagih

Seperti menambahkan adanya merica, serai, daun pandan, hingga telur ayam kampung. Terkadang bandrek juga ada penambahan susu, akan tetapi hal ini tergantung dengan selera penyajian.

Untuk kota Bandung, para penjual bandek seringkali menambahkan sejumput kerokan kelapa untuk menambahkan cita rasa khas pada minuman bandrek.

Cara Membuat Minuman Bandrek Khas Bandung

Berikut ini resep minuman bandrek khas Bandung yang masih turun-temurun hingga saat ini, antara lain:

Bahan yang digunakan:

  • 1/2 liter air bersih
  • 100 gram jahe kemudian anda bakar dan memarkan
  • 200 gram gula aren anda tumbuk halus
  • 2 lembar daun pandan
  • 5 butir cengkeh
  • 5cm kayu manis
  • 1/2 sendok teh garam
  • kelapa parut

Cara membuat:

  1. Campurkan air bersama jenis bahan lainnya
  2. Rebus air hingga mendidih dan mengeluarkan aroma khas rempah-rempah
  3. Selanjutnya angkat, lalu saring dengan saringan halus
  4. Minuman bandrek siap disajikan dengan serutan kelapa

Bandrek memang terbukti memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Oleh karena itu, anda dapat mempraktikkan sendiri resep minuman bandrek khas Bandung di rumah untuk keluarga tercinta. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang

Baca Juga: Makanan Khas Thailand yang Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia