ROG Zephyrus G15, Laptop Gaming Dengan Spesifikasi Gahar

ROG Zephyrus G15
ROG Zephyrus G15. Foto: Ist/Net

ROG Zephyrus G15 hadir dengan performa powerfull yang mempunyai keseimbangan portabilitas yang luar biasa. Laptop gaming Windows 10 yang sangat tipis memberikan suguhkan untuk pengguna lebih luas. 

Menggunakan prosesor terbaru AMD Ryzen™ dan GeF6rce GTX 1660Ti yang sangat mumpuni untuk bermain game dan mengerjakan tugas. 

Seri ROG Zephyrus ini juga berbekal daya tahan baterai yang tinggi dan menggunakan charger Type-C yang mendukung anda untuk tetap bisa menggunakan laptop ini dalam perjalanan. Konektivitas laptop ini cukup lengkap dengan dukungan WiFi 6 (802.11ax) 2×2 LAN.

Dengan layar 144Hz/3ms, teknologi Adaptive Sync, dan Pantone yang akan memastikan akurasi warna pada game. Tentu membuat anda mempunyai pengalaman bermain game yang sangat mulus.

Spesifikasi ROG Zephyrus G15

ROG Zephyrus G15 merupakan produk Asus yang rilis pada 10 Juni 2020. Dengan desain simpel yang sudah menjadi ciri khas dari keluarga ROG Zephyrus yang terbalut casing solid berwarna hitam menggunakan finishing brushed metal.

Baca Juga: Laptop HP Terbaru Paling Favorit dengan Spesifikasi Lengkap

Berbekal layar berukuran 15,6 inci dengan menggunakan teknologi IPS Level LCD LED (Light Emiting Diode) backlight. Mempunyai resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dengan cakupan warna hingga 100% sRGB yang sangat cemerlang. 

Menggunakan prosesor Zen+ ini menawarkan performa yang tinggi serta lebih hemat dalam penggunaan daya. Membandingkan dengan prosesor sekelasnya, Ryzen 7 3750H memiliki TDP hanya 35 watt.

Tidak sampai sini saja, layar Asus ROG Zephyrus G15 ini juga mendapat dukungan oleh teknologi Asus Splendid dan Asus Tru2Life Video untuk menyuguhkan layar yang lebih cemerlang serta sebagai dongkrak pengalaman multimedia dan pengalaman bermain game a

Berbeda dengan seri ROG Zephyrus lainnya. Pada seri ini tidak menggunakan sistem pendingin Active Aerocooling System (AAS). Akan tetapi, laptop ini mengusung desain baru menggunakan sistem pendingin khusus yang juga lengkap dengan teknologi Self Cleaning Cooling. 

Teknologi tersebut akan mencegah debu dan partikel kecil lainnya menyumbat sistem pendinginan yang akan menghambat aliran udara dan bisa menyebabkan kerusakan komponen.

Kelebihan Asus ROG Zephyrus G15

Membanderol dengan harga baru kisaran Rp 19.499.000 sampai dengan Rp 24.799.000, memang tergolong harga yang fantastis. Namun sebanding dengan apa yang Asus suguhkan dalam laptop seri ini.

Baca Juga: HP EliteBook 840 G8 Aero, Laptop Ringan Performa Mumpuni

Laptop gaming ini juga menawarkan refresh rate 144hz guna mengurangi screen tearing dan screen shuttering pada saat anda bermain game.

Tidak hanya itu saja, Asus juga membenamkan fitur Eye Care agar mata anda tidak mudah lelah meskipun lama menatap monitor.

Kelebihan lainnya adalah sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64 asli pre-installed di dalam laptop ini. Sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk membeli lisensi dan menginstal ulang lagi.

Sisi Grafis

Sisi grafis Asus ROG Zephyrus G15 ini sudah diperkuat GPU (Graphics Processing Unit) AMD Radeon RX Vega 7 iGPU ditandemkan grafis diskrit Nvidia GeForece 1660 Ti.

Kartu grafis GeForece 1660 Ti ini dikawinkan dengan penyimpanan VRAM 6GB GDDR6 kecepatan 12Gbps dan antarmuka memori 192-bit.

Laptop gaming ini juga bertambah lengkap dengan aplikasi Tuning Armoury Crate yang memungkinkan anda melakukan pemantauan statistik pada perangkat keras, dengan profil skenario yang mendukung kustomisasi fitur.

Mengkombinasikan dengan teknologi Smart AMP, Hi-Res Audio, dan Sinic Master Audio. Mampu mengoptimalkan kemampuan speakernya.

Dari sektor audio yang cukup mumpuni dengan dua buah speaker stereo 2 x 2W yang mengoptimalkan kemampuan speaker Asus ROG Zephyrus G15 ini.

Baca Juga: MacBook Pro 2021 Berikan Slot SD Card dan Touch Bar Dihapus

Produk asal Taiwan ini membekali Asus seri ini dengan baterai berkapasitas 4 cell Li-ion 76WHrs. Mampu bertahan hingga 9,3 jam web browsing atau dalam 10 jam video HD playback.

Memiliki teknologi overstroke sehingga memastikan tombol memiliki durabilitas yang tinggi dan tahan hingga 20 juta kali tekan. Teknologi ini membuat perangkat yang satu ini terasa lebih bertenaga dan berkualitas baik.

Dijamin menguntungkan penggunanya. Dari segi ruang penyimpanan mengandalkan SSD (Solid Stare Drive) M.2 PCle 3×4 yang berkapasitas 512GB.

Penggunaan media SSD ini mampu membuat kecepatan transfer rate yang tinggi yang bisa mendongkrak keseluruhan performa ROG Zephyrus G15. Dengan spesifikasi lengkap yang dimiliki Asus seri ini, memungkinkan dapat mendapat gelar laptop gaming yang mempunyai daya tahan baterai paling lama. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang