Sakit Dada Sebelah Kiri, Awas Gejala Penyakit Berbahaya

sakit dada sebelah kiri
Waspadai sakit dada sebelah kiri. Foto: Ist/Net

Jika Anda merasakan sakit dada sebelah kiri secara berulang sebaiknya waspada. Bisa jadi ini merupakan gejala penyakit yang berbahaya. Penanganan sejak dini tentunya akan bisa mencegah kondisi menjadi parah.

Dada, mengutip dari Wikipedia, merupakan bagian tubuh manusia yang letaknya antara leher dan perut. Ada banyak organ tubuh dalam rongga dada yang sangat penting dan vital.

Karena pentingnya organ yang terdapat dalam dada sehingga terdapat pelindung. Seperti tulang rusuk, tulang bahu, maupun tulang belakang. Organ dalam dada inilah kehidupan manusia sangat tergantung.

Ada beberapa organ yang terdapat dalam dada, khususnya sebelah kiri. Seperti jantung, paru-paru, vena, dan pada wanita juga tumbuh payudara. Jika timbul rasa sakit dada sebelah kiri bisa jadi berhubungan dengan organ yang ada.

Kenali Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri

Menjaga kesehatan tubuh sangat penting. Salah satunya dengan menjaga fungsi dan kerja masing-masing organ dalam tubuh. Tubuh yang sehat tak akan mudah terserang penyakit.

Timbulnya nyeri atau rasa sakit pada bagian tubuh tertentu merupakan tanda adanya gangguan pada organ sekitar tempat sakit. Begitu juga jika bagian dada sebelah kiri terasa sakit. Berikut beberapa penyebabnya yang sebaiknya Anda tahu.

Serangan Jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital. Letaknya ada pada dada sebelah kiri. Gangguan pada kinerja jantung akan memunculkan berbagai tanda, termasuk terjadinya serangan jantung.

Jika Anda merasakan adanya rasa sakit dada sebelah kiri sebaiknya waspadai. Gejala ini bisa merupakan tanda gangguan atau serangan jantung karena terhalangnya aliran darah yang menuju ke jantung.

Angina

Timbulnya rasa nyeri yang muncul pada bagian dada sebelah kiri juga bisa merupakan gejala angina. Gangguan yang membuat aliran darah pada arteri jantung juga bisa menyebabkan terjadinya angina.

Gangguan ini akan menyebabkan pasokan darah untuk jantung akan berkurang atau terganggu. Tanda berupa rasa nyeri tak hanya pada bagian dada, namun tak jarang juga terasa sampai ke bagian punggung.

Trauma Dada

Timbulnya rasa sakit dada sebelah kiri juga bisa merupakan gejala gangguan atau trauma dada. Benturan baik karena pukulan atau terjatuh pada kecelakaan lalu lintas juga bisa memicu rasa nyeri pada bagian dada.

Apalagi jika rasa nyeri dada ini makin terasa terutama pada malam atau menjelang tidur. Benturan dada bisa menyebabkan terganggunya fungsi otot dada. Untuk memastikannya tentunya Anda perlu memeriksakannya ke dokter.

Peradangan Paru

Gangguan pada paru-paru seperti peradangan paru atau pneumonia juga bisa memicu timbulnya rasa sakit pada sekitar bagian dada sebelah kiri. Biasanya rasa nyeri ini merupakan tanda awal yang sebaiknya Anda waspadai.

Pneumonia merupakan peradangan pada bagian paru-paru karena berbagai sebab. Kondisi ini bisa terjadi karena kerusakan pada paru akibat kebiasaan merokok maupun karena infeksi. Penanganan sejak dini sangat baik untuk mencegah kondisi menjadi kronis.

Stres

Munculnya sakit dada sebelah kiri tak selalu berhubungan dengan gangguan fungsi paru-paru atau jantung secara langsung. Bisa juga ini terjadi karena tekanan stres yang berlangsung lama dan tidak terkontrol.

Stres merupakan tekanan psikologis yang bisa berdampak buruk terhadap organ tubuh. Stres yang berlangsung terus dan lama bisa merusak atau menyebabkan terganggunya pembuluh darah sekitar jantung.

Gangguan Pencernaan

Beberapa gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan juga bisa memicu nyeri, termasuk yang timbul pada sekitar dada. Seperti penumpukan gas dalam bagian usus. Akibatnya perut terasa kembung, sering bersendawa, dan rasa nyeri dada.

Naiknya asam lambung pada GERD (gastro esophageal reflux disease) juga bisa memicu sakit dada sebelah kiri. Gangguan pencernaan ini terjadi akibat asam lambung yang naik ke tenggorokan yang memicu nyeri ulu hati dan dada.

Ketegangan Otot

Aktivitas fisik seperti olahraga sangat bak untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun kegiatan fisik yang berlebihan juga bisa memicu terjadinya sakit dada sebelah kiri akibat ketegangan otot pada sekitar dada.

Rasa nyeri yang timbul pada bagian dada, khususnya sebelah kiri terjadi karena tekanan pada rongga dada. Desakan inilah yang memicu munculnya rasa nyeri pada bagian dada saat bernafas meski tidak terlalu menusuk.

Itulah beberapa sumber penyebab gangguan yang memicu timbulnya rasa sakit dada sebelah kiri. Umumnya ini merupakan tanda awal penyakit sehingga Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikannya. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara