Satlinmas Juara Siap Perkuat Posko Penanganan Covid-19 di Jabar

Satlinmas Juara
Kasat Pol PP Jabar AdeAfriandi menginisiasi Satlinmas Juara. Foto: Humas Jabar

Berita  Jabar (Harapanrakyat.com),- Dalam menangani Covid-19, Pemprov Jabar akan memperkuat posko penanganan Covid-19 oleh Satlinmas Juara (SALIRA). Tugasnya melakukan tindakan preventif, preemtif, respresif. Serta memberikan sosialisasi dan edukasi masif kepada masyarakat mengenani protokol kesehatan.

Kasat Pol PP Jabar AdeAfriandi menuturkan Satlinmas unsur paling bersentuhan langsung dengan masyarakat. Program SALIRA ini mampu meningkatkan kewaspadaan masyaraakt terhadap risiko penularan Covid-19.

“Selama ini memang belum melibatkan Satlinmas secara penuh dalam menangani Covid-19. Sebetulnya peran mereka sangat penting, terutama menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan Prokes,” jelasnya.

Pemprov Jabar meluncurkan Satlinmas Juara yang tugasnya tidak hanya menjaga keamanan lingkunan. Tapi memberikan perlundungan dan penanganan Covid-19. Sekaligus aktif terlibat dalam penanganan bencana alam lainnya.

Ada tiga tugas utama SALIRA dalam penanganan pandemi Covid-19. Mulai dari sosilisasi Prokes 5M, edukasi terhadap masyarat terkait pentingnya Prokes. Tujuannya, agar masyarakat melaksanakan prokes secara sadar untuk keselamatan semua dan menghapus stigma terhadap pasien positif.

Satlinmas Juara akan terlibat dalam posko penanganan Covid-19 pada level desa. Nantinya dengan unsur desa, RT, TNI/Polri dan masyarakat bekerja sama dalam menangani Covid-19 dalam pelaksanaan PPKM Mikro.

“Pada intinya kami telah menginisiasi SALIRA. Baik ada atau tidak ada posko para Satlinmas akan bekerja dan ikut terlibat dalam melakukan preventif, preemtif, dan represif.  Koordinatornya Ketua Satlinmas adalah kepala desa dan lurah,” ungkapnya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang