Sedekah di Hari Jumat Bekal Akhirat Memberi Syafaat pada Hari Kiamat

Sedekah Di Hari Jumat Bekal Akhirat Memberi Syafaat Pada Hari Kiamat
Ilustrasi Sedekah di Hari Jumat. Foto: Ist/Net

Sedekah di hari Jumat tanpa kita sadari ternyata mempunyai banyak keutamaan. Pantas saja setiap hari Jumat masjid-masjid menyediakan kotak infak. Hal tersebut tentunya mempunyai tujuan. Untuk anda yang belum sempat bersedekah, bisa memanfaatkan kotak amal tersebut.

Apalagi untuk kaum Adam yang setiap hari Jumat menunaikan shalat Jumat, anda bisa menjadi seseorang yang memiliki keutamaan tersebut. Selain memiliki banyak keutamaan, hari Jumat sendiri merupakan hari besar untuk umat Islam. Hal ini terdapat dalam hadits riwayat Muslim.

Sebab itu juga, Nabi Muhammad SAW mengagungkan, memuliakan, dan mengistimewakan hari Jumat daripada hari lainnya. Bahkan beliau juga memperbanyak melakukan amalan.

Beberapa Keutamaan Sedekah di Hari Jumat yang Wajib Anda Ketahui

Sedekah sendiri merupakan suatu hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Karena banyak orang yang berpikiran bahwa hal tersebut dapat mengurangi harta yang kita miliki.

Padahal hal tersebut salah besar. Apalagi jika anda sedekah di hari Jumat, anda bisa memiliki dua keutamaan. Keutamaan dari sedekah sendiri dan keutamaan sedekah saat Jumat.

Alloh akan Melipatgandakan Pahala

Salah satu keutamaan sedekah di hari Jumat adalah Alloh akan melipatgandakan balasannya. Seperti dalam Al Qur’an Surat Al Hadid ayat 18.

Membawa Syafaat di Hari Akhir

Siapa coba yang tak mau mendapatkan syafaat kelak di hari akhir nanti? Pada dasarnya, kiamat itu benar adanya dan juga merupakan sebuah kepastian. Sejak kita lahir pun hari kiamat itu sudah menjadi ketetapan bagi Allah SWT dan tidak ada yang tahu kecuali Dia.

Banyak sekali amalan yang bisa kita lakukan pada hari yang diagungkan Baginda Nabi SAW tersebut, salah satunya adalah sedekah di hari Jumat.

Ibnu Khuzaimah juga pernah menyebutkan:

Sedekah di Hari Jumat

Dari situ sudah jelas bukan, ketika kiamat tiba nanti, hanya sedekah yang akan menjadi penolong kita. Dari situlah, kita bisa belajar untuk memulai memperbanyak sedekah.

Amalan Sholeh

Sedekah merupakan amalan yang paling dicintai Allah SWT. Sementara, hari Jumat juga merupakan hari terbaik.

Selain memperbanyak membaca shalawat, sedekah di hari Jumat juga merupakan salah satu amalan yang paling afdhal. Selain afdhal sedekah juga merupakan perbuatan yang dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Membuka Pintu Rezeki

Salah kaprah jika anda berpikir sedekah itu akan mengurangi harta yang telah anda usahakan. Pasalnya, Allah justru akan menambahkan rezeki untuk kita.

Misalnya, awalnya anda tidak punya apa-apa, tetapi ikhlas lillah bersedekah karena Allah semata, maka akan ada ganti yang lebih banyak untuk anda.

Rasul sendiri telah bersabda:

Dari hadist tersebut sudah jelas bukan bahwa manusia mana pun yang menjadi kehidupannya hanya fokus untuk akhirat, maka apapun yang ia butuhkan ketika berada di dunia dengan mudah Allah akan berikan.

Namun sebaliknya, jika hidup yang selama ini telah Allah anugerahkan kepada kita hanya fokus kepada urusan dunia yang fana, sungguh adzab Allah SWT itu sangatlah pedih.

Mari bersama kita selalu mendekatkan diri kepada Rabb. Salah satu caranya adalah dengan melakukan amalan sedekah di hari Jumat yang mulia dan penuh berkah. Jangan lupa untuk niat ikhlas dan lillah hanya karena Allah semata. (R6/HR-Online)

Editor: Muhafid