Sekda Jabar Dorong Akselerasi Vaksinasi Nakes di Setiap Daerah

Akselerasi Vaksinasi Nakes
Sekda Jabar mendorong agar setiap daerah melakukan Akselerasi Vaksinasi Nakes. Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja meminta setiap daerah melakukan akselerasi dalam melakukan vaksinasi Covid-19 untuk para Nakes (tenaga kesehatan). Agar proses vaksinasi selesai sesuai dengan rencana. 

Setiawan menyampaikan hal tersebut saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Sukamahi, Kabupaten Bekasi, Rabu (17/2/2021). Menurutnya, pada tahap berikutnya setelah SDM kesehatan akan ada banyak lagi untuk profesi lainnya seperti pelayan publik, ASN dan TNI/Polri.  

“Tentunya kami perhatikan. Selain banyak, kami pun melihat apakah tenaga vaksinator cukup pada tahap berikutnya, termasuk tempat pelaksanaannya,” jelas Setiawan. 

Setiawan menyatakan akselerasi vaksinasi terhadap para Nakes sangat penting. Supaya tidak menunda vaksinasi tahap berikutnya.

Menurut data sampai dengan 13 Februari 2021. Tenaga kesehatan yang telah menjalani vaksinasi dosis pertama mencapai 79,99 persen. Sedangkan untuk dosis kedua baru mencapai 17,60 persen. Persentase nakes yang tertunda dalam pemberian vaksin sebanyak 9,49 persen. 

“Untuk SDM kesehatan atau nakes ini targetnya selesai pada akhir Februari nanti. Kemudian untuk sasaran berikutnya kepada profesi pelayan publik,” jelasnya. 

Setiawan menyebut, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bekasi tergolong baik. Meski pendistribusian vaksin ke Bekasi pada tahap I termin II, tapi pencapaian vaksinasi Covid-19 tergolong besar. Hal ini menunjukan akselerasi vaksinasi untuk Nakes di Kabupaten Bekasi berjalan baik.

“Bekasi ini tidak masuk dalam 7 daerah yang pertama melakukan vaksinasi. Tapi bisa mengejar pencapaiannya, karena memang sudah siap dan matang dalam pelaksanaanya,” ucapnya. 

Sekda Jabar pun meninjau kesiapan Kabupaten Bekasi dalam untuk melaksanakan vaksinasi tahap selanjutnya, untuk para pelayan publik. Dari sarana prasarana hingga tenaga vaksinator. Untuk itu, Sekda meminta Kabupaten Bekasi pun melakukan akselerasi vaksinasi untuk para Nakes. Sehingga bisa selesai tepat waktu untuk melanjutkannya ke tahap berikutnya.  (R9/HR-Online)

Editor: Dadang