Sekolah di Ciamis Mengeluh Dana BOS Belum Cair

Sekolah di Ciamis Mengeluh Dana BOS Belum Cair
Ilustrasi dana BOS belum cair. Foto : Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sejumlah sekolah di Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengeluh dana BOS atau bantuan operasional sekolah hingga saat ini belum cair.

Padahal dana BOS tersebut untuk mengatasi beberapa kebutuhan dan biaya operasional lainnya di sekolah.

Sehingga, untuk mengcover semua kebutuhan untuk administrasi sekolah, tidak sedikit sekolah yang terpaksa mencari anggaran sampai BOS cair.

Seperti terjadi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Cintanagara, Kecamatan Jatinagara. Kepala SDN 1 Cintanagara, Rahlan, mengatakan, meski jumlah siswa di sekolahnya hanya tercatat 45, namun biaya untuk administrasi sekolah pada intinya sama dengan sekolah yang jumlah siswanya banyak.

“Untuk segala keperluan sekolah, kami mengupayakannya dari pihak ketiga. Sebab, bagaimanapun alasannya administrasi sekolah harus tetap berjalan,” kata Rahlan kepada HR Online, Senin (08/02/2021).

Oleh karena itu, Rahlan berharap, kepada dinas terkait agar pencairan dana BOS dapat segera terlaksana. “Mengingat, dana talang dari pihak ketiga tidak bisa mencukupinya,” harapnya. 

Senada dikatakan salah seorang Kepala SMPN di Ciamis. Ia mengharapkan agar dana BOS ini dapat segera cair. Pasalnya, banyaknya administrasi sekolah yang harus diselesaikan.

Sama seperti SDN 1 Cintanagara, SMP ini juga sementara waktu untuk menutupi dan memenuhi berbagai kebutuhan sekolah, maka mendapatkannya dari pihak ketiga.

“Sehingga dana BOS ini betul-betul diharapkan dapat segera cair di bulan Februari ini,” singkatnya. (Edji/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto