Seni Kaligrafi Pesantren di Jabar Didorong Jadi Potensi Ekonomi

Seni Kaligrafi Pesantren
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengunjungi Workshop Gallery Seni Hibbat: Seni Kaligrafi dan Lukis Community di Pondok Pesantren Hibbatussa'diyyah, Desa Nagrak, Kabupaten Cianjur, Sabtu (20/2/2021). Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jabar Ridwan Kamil kunjungi Workshop Galeri Seni Hibbat: Seni Kaligrafi dan Lukis Community Pondok Pesantren Hibbatussa’diyyah, Kabupaten Cianjur, Sabtu (20/2/2021). Ridwan Kamil melihat seni kaligrafi menjadi sebuah potensi ekonomi. 

Pimpinan Pesantren Hibbatussa’diyyah KH Chevy dan Kapolres Cianjur AKBP Moch Rifai turut mendampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam kunjungannya.  Sebelumnya, Ridwan Kamil menyambangi warga Pesantren Al Madaroh. Kemudian menyerahkan bantuan renovasi bangunan dari Wakaf Salman ITB, Kampung Loji Cianjur. 

“Salah satu ekonomi dari pesantren yang mudah masuk ke pasar masyarakat adalah seni kaligrafi. Hanya saja perlu ada dorongan, dengan berinovasi dan berbeda. Seperti media lukisnya dari keramik, piring dan gelas. Nanti saya akan membantu mempromosikan,” ungkapnya. 

Ridwan Kamil mengatakan selain dapat melestarikan Al Quran melalui kaligrafi juga menjalankan ekonomi. Juga dapat mengangkat harkat  derajat dari seni kaligrafi. 

“Saya seorang arsitek juga suka mencoba kaligrafi. Memang pasarnya besar. Berharap seni kaligrafi ini jadi ciri dari pesantren di Jabar,” ucapnya. 

Ridwan Kamil pun berpesan kepada pesantren lebih jeli dalam melihat kebutuhan konsumen. Agar hasil kaligrafi dapat menghasilkan nilai ekonomi tinggi. 

“keahlian dan kebutuhan saling bertemu menjadi sebuah nilai ekonomi. Kaligrafi sebagai suatu keahlian sudah ada, tinggal kebutuhan harus kita pelajari. Pasar membutuhkan apa, seperti kaligrafi dalam media kaca sebagai hiasan,” jelasnya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang