Sholat Sunnah Fajar, Amalan yang Mampu Memberikan Rumah Megah

Sholat Sunnah Fajar Amalan yang Mampu memberikan Rumah Megah
Ilustrasi sholat sunnah fajar. Foto: Ist/Net

Sholat sunnah fajar biasanya juga disebut sholat qobliyah shubuh. Waktu untuk mengerjakan sholat rawatib ini sebelum sholat wajib. Meski 2 rakaat, tetapi sangat berat untuk melakukannya. Padahal sholat sunnah ini mempunyai keutamaan yang teramat besar.

Rasulullah SAW telah bersabda:

Tata cara shalat fajar itu tak jauh berbeda dengan shalat wajib. Perbedaannya mungkin hanya bacaan niat dan doanya saja.

Perlu anda ketahui bahwa surat pendek yang harus anda baca saat melaksanakan sholat ini pun sudah memiliki anjuran dari hadits dan juga Al-Quran, seperti surat Al-Kafirun, surat Al-Ikhlas, surat Ali-Imran 52, dan juga Al-Baqarah ayat 136.

Dalam sebuah hadits Nabi menjelaskan bahwa:

Keutamaan Sholat Sunnah Fajar yang Perlu Anda Ketahui

Untuk anda yang rutin mengerjakan amalan sunnah ini, Maa Syaa Allah, Tabarakallah. Semoga tetap istiqomah. Mungkin yang kita ketahui saat ini ketika melakukan shalat sunnah fajar ini hanyalah mendapatkan pahala dari Allah SWT. Namun, ternyata ada keutamaan lain, berikut ini penjelasannya untuk anda.

Baca juga: Keutamaan Membaca Surat Yasin, Bisa Permudah Segala Urusan

Amalan yang Lebih Baik Daripada Dunia Seisinya

Keutamaan shalat sunnah ini telah nabi sebutkan dalam sebuah hadits:

Sholat Sunnah Fajar

Memang sholat sunnah ini sangat berat, tetapi anda sudah melakukan suatu kegiatan yang lebih baik, lebih utama daripada keindahan dunia dan seisinya.

Terhindar Dari Api Neraka

Tentu saja rasa malas itu selalu menyertai dan mendampingi kehidupan kita. Hal itulah yang menjadi penghalang semua kegiatan yang ingin kita lakukan. Salah satunya adalah saat kita hendak melakukan amalan sunnah sholat qobliyah ini.

Selain malas, dingin juga menjadi hambatan dan penghalang untuk kita. Tetapi kita memang harus melakukan perjuangan untuk melaksanakan sholat sunnah fajar ini agar kelak ketika di akhirat, kita terhindar dari siksa api neraka. Allahumma Aamiin.

Baca juga: Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang, Salah Satu Ikhtiar Masuk Syurga

Pahala yang Terus Mengalir

Beruntung sekali untuk anda yang rutin dalam mengerjakan amalan sholat sunnah fajar ini. Pasalnya, anda akan mendapatkan pahala yang terus mengalir dan pahala besar. Sebab Kanjeng Nabi kita Muhammad tak pernah meninggalkan amal kebajikan yang satu ini.

Seperti dalam sebuah riwayat hadits:

Mendapatkan Perlindungan Dari Allah

Allah Rabb seluruh alam akan senantiasa melindungi orang-orang yang tidak pernah meninggalkan sholat sunnah fajar.

Sebagaimana telah dijelaskan dalam suatu hadits:

Akan Dibangunkan Rumah Ketika di Surga

Keutamaan shalat sunnah fajar lainnya adalah kelak saat kita menjadi penghuni surga, Allah Tuhan seluruh alam akan membangunkan rumah untuk kita. Siapa yang tak ingin menjadi penghuni surga-Nya Allah? Adanya kenikmatan ini jangan sampai kita sia-siakan.

Salah satu hadits mengatakan:

Sholat Sunnah Fajar

Sumber Cahaya Saat Hari Kiamat

Setiap muslim yang menunaikan sholat sunnah fajar, sungguh ia akan menjadi sumber cahaya saat hari kiamat tiba. Kelak cahaya ini akan menerangi anda saat melewati jembatan sirat. Sebab cahaya ini berasal dari semua amalan kita selama di dunia.

Baca juga: Hikmah Perilaku Amanah Mengajarkan untuk Senantiasa Bersikap Jujur

Ayo, kita sama-sama menjadi pribadi yang senantiasa mendekat kepada Allah SWT agar kelak saat di akhirat kita mendapatkan pertolongannya, karena selalu mengamalkan sholat sunnah fajar dua rakaat sebelum shubuh. Allahumma Aamiin (R6/HR-Online)

Editor: Muhafid