Sindrom Kelelahan Kronis, Cari Tahu Penyebab dan Cara Pengobatan

Sindrom Kelelahan Kronis, Cari Tahu Penyebab dan Cara Pengobatan
Ilustrasi sindrom kelelahan akut. Foto: Ist/Net

Sindrom kelelahan kronis chronic fatigue syndrome (CFS) perlu anda waspadai. Kondisi ini ditandai dengan timbulnya rasa lelah yang berkepanjangan.

Jika hal ini anda alami, maka akan mengurangi kualitas hidup. Sebab, dengan merasa lelah secara berlebihan, akan membuat penderita merasa tidak memiliki tenaga.

Sehingga malas untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk bekerja. Rasa lelah mungkin sudah sering terjadi dan dialami sebagian besar orang setelah beraktivitas padat.

Namun, ada juga kondisi merasa lelah secara berangsur-angsur meski sudah beristirahat cukup. Jika hal ini anda alami, tentu menandakan suatu kondisi yang tidak baik.

Berbeda dengan kondisi merasa lelah setelah menjalani berbagai aktivitas seharian. Jika hal ini yang anda alami, maka dengan beristirahat saja semua akan pulih kembali.

Namun, untuk kondisi sindrom kelelahan kronis, anda akan merasa lelah bahkan malas untuk beranjak dari tempat tidur. Kondisi ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, namun anak-anak pun juga bisa mengalaminya.

Ada beberapa tanda dan gejala yang terjadi ketika seseorang mengalami hal ini. Pada umumnya, gejala sindrom tersebut akan timbul bersamaan dengan kondisi lain.

Baca Juga : Sindrom Mulut Terbakar, Cara Mengatasi Sesuai Penyebab dan Gejalanya

Hal ini menimbulkan penyakit tersebut cenderung didiagnosa. Kondisi ini terjadi akibat kelelahan atau capek yang terlalu ekstrim atau mental tertentu. 

Penyebab Sindrom Kelelahan Kronis

CFS merupakan salah satu jenis penyakit ketika seseorang mengalami kelelahan yang berlebih. Sindrom kelelahan ini datang dan tidak kunjung hilang.

Saat penderita mengalami hal ini, pada umumnya tidak tahu secara jelas akan penyebab yang timbul. Hal ini membuat penderita tidak bisa menjalani hidup seperti biasanya.

Bahkan sebagian besar penderita tidak dapat bekerja dan beraktivitas. Daripada kaum laki-laki, ternyata justru wanitalah yang memiliki resiko cukup besar mengalaminya.

Gejala yang timbul dapat muncul dan menghilang selama beberapa bulan, bahkan hingga tahunan. Sindrom yang muncul ini memang sudah lama diakui sebagai kondisi medis.

Untuk penyebabnya belum jelas apa yang menimbulkannya. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang bisa memicu timbulnya kondisi ini.

Beberapa faktor tersebut bisa terjadi karena adanya faktor genetik dan lingkungan. Namun, ada beberapa penyebab lainnya, antara lain:

Baca Juga : Penyebab Sindrom Turner yang Disertai Gejala dan Cara Mengobatinya

Hormon Tidak Seimbang

Sindrom kelelahan kronis ini bisa karena ketidakseimbangan hormon. Kondisi ini cenderung lebih umum terjadi pada wanita.

Hormon itu sendiri merupakan senyawa kimia yang berpengaruh terhadap fungsi organ dan sel tubuh. Fluktasi hormon terjadi karena gaya hidup yang kurang seimbang. Selain itu, akibat racun dan masa tertentu dalam kehidupan wanita. Misalnya pubertas atau menopause.

Infeksi Tertentu

Ada penyebab lain yang bisa menimbulkan sindrom kelelahan kronis, yaitu terjadinya infeksi tertentu. Setiap orang bisa mengalami hal tersebut tanpa mengenal usia.

Pada umumnya, penderita sindrom ini memiliki kelainan yang berpengaruh pada sistem imun dalam tubuh. Hal ini bisa menimbulkan kondisi seseorang lebih mudah terkena infeksi.

Bahkan penyakit pun akan mudah menyerang sehingga bisa terjadi kondisi munculnya CFS. Ada beberapa penyebab yang terjadi ketika ada masalah tersebut.

Baca Juga : Penyakit Steven Johnson Sindrom, Gejala, Penyebab dan Mengobatinya

Terkena Tekanan Fisik

Masalah lain yang bisa menyebabkan sindrom kelelahan kronis yaitu tekanan fisik. Misalnya pembedahan yang bisa menjadi timbulnya masalah tersebut.

Sebagian besar pasien melaporkan jika gejala CFS juga bisa terjadi akibat emosional. Misalnya terjadi kematian atau perceraian yang mengakibatkan seseorang mengalami sindrom tersebut.

Pengobatan Sindrom Kelelahan

Sindrom yang terjadi dan menimbulkan rasa lelah yang berkepanjangan belum terungkap pengobatan yang tepat. Bahkan belum cukup efektif untuk menyembuhkan kelelahan kronis tersebut.

Namun, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk meringankan gejala yang ada. Dengan begitu, berkat pengobatan ini, penderita bisa melakukan aktivitas biasa secara lancar.

Bahkan bisa melakukan pekerjaan seperti biasanya. Sebaiknya sebelum melakukan pengobatan, anda perlu mengetahui deretan gejalanya terlebih dulu.

Sebaiknya segera bawa ke dokter agar bisa mengatasinya dengan tepat. Hal ini karena penanganan yang dokter lakukan tergantung dengan faktor resiko itu sendiri.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya. Dengan pengobatan tersebut, gangguan sindrom kelelahan kronis bisa teratasi secara mudah dan cepat. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah