Sinopsis Film Elysium, Cerita Tentang Bumi di Masa Depan

Sinopsis Film Elysium Cerita Tentang Bumi di Masa Depan
Sinopsis Film Elysium Foto: Netflix

Sinopsis film Elysium sebuah film yang menceritakan tentang masa depan. Salah satu poin utama dari film ini adalah status sosial dan ekonomi akan berpengaruh pada kualitas hidup mereka. Film ini bersutradara Neil Blomkamp (District 9) dan dengan bintang terkenal seperti Matt Damon serta Jodie Foster.

Review Sinopsis Film Elysium Bertema Fiksi Ilmiah

Film yang rilis pada 2013 lalu itu merupakan film fiksi ilmiah dengan mengambil tema kondisi bumi pada masa depan. Sutradara Blomkamp menceritakan bahwa film ini lebih dari sekedar film tentang fiksi ilmiah. Elysium menggambarkan berdasarkan keadaan bumi yang terjadi seperti saat ini.

Ibarat Langit dan Bumi

Sinopsis film Elysium mengambil setting bumi pada tahun 2154. Di mana pada tahun ini kehidupan yang ada di bumi sudah berubah karena jumlah populasi penduduk yang meningkat. Dengan tingkat polusi yang sangat tinggi. Bahkan perang, penyakit, dan kemiskinan sudah terjadi pada bumi.

Baca Juga: Sinopsis Film Trespass Menyuguhkan Kisah yang Menegangkan

Pada akhirnya, terjadilah pembentukan status sosial. Ada 2 status sosial yang terbentuk, kaum elite yang memiliki kekayaan, baik dari segi ekonomi maupun sosial. Lalu kaum miskin yang selalu mereka anggap tidak mampu dalam segala hal.

Kaum elite yang memutuskan untuk berpindah tempat tinggal yang jauh ke luar angkasa yang bernama Elysium. Tempat ini ialah tempat tinggal dambaan semua orang yang ada di dunia.

Bumi pada tahun itu hanya menjadi tempat tinggal untuk golongan orang miskin yang harus rela tinggal dengan polusi yang sudah tercemar serta peperangan merajalela. Kaum miskin hanya bisa bermimpi bahwa suatu hari nanti mereka tinggal di Elysium.

Max Da Costa

Sinopsis film Elysium bercerita tentang Matt Damon yang berperan sebagai Max Dacosta. Ia adalah seorang anak yatim piatu yang tentu saja bermimpi untuk bisa tinggal di Elysium. Ia tinggal dalam panti asuhan dan mempunyai sahabat bernama Frey (Alice Braga).

Max berjanji kepada Frey bahwa suatu hari nanti ia pasti akan mengajak Frey untuk tinggal ke Elysium. Namun seiring berjalannya waktu, Max melupakan impiannya tersebut.

Hingga suatu hari sebuah kejadian menimpa Max. Ia sekarat setelah mengalami kecelakaan saat bekerja di pabrik. Max hanya memiliki waktu 5 hari untuk dapat tetap bertahan hidup. Tentu saja cara satu-satunya agar dirinya bisa sembuh adalah dengan pergi ke Elysium.

Sinopsis film Elysium menggambarkan Max berada dalam depresinya, hingga akhirnya meminta tolong kepada Spider (Wagner Moura) agar bisa mengirimnya menuju Elysium menggunakan kapsul. Kapsul yang dimaksud adalah sebuah pesawat yang berbentuk kapsul sebagai alat transportasi dari dan menuju Elysium.

Sebagai ganti Max bisa pergi ke Elysium, ia harus menuruti permintaan Spider. Max harus menggunakan pakaian exoskeleton yang akan menyatu dengan tubuh Max. Ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan fisik Max.

Namun pakaian tersebut ternyata sudah Spider lengkapi dengan alat transfer data yang sangat berguna baginya ketika Max menjalankan misinya.

Baca Juga: Sinopsis Film Hummingbird, Kisah Tentang Tunawisma dan Mafia

Agar dapat menjalankan misinya, Max harus menghadapi beberapa karakter antagonis, misalnya Kruger (Sharlto Copley). Lalu agen rahasia asal Sekretaris Badan Pertahanan Elysium yakni Jessica Delacourt yang diperankan Jodie Foster.

Aksi Brutal

Mengangkat tema dengan setting 150 tahun pada masa yang akan datang merupakan daya tarik tersendiri untuk film Elysium ini. Namun penggambaran status sosial adalah pengambilan dari situasi sosial masyarakat saat ini.

Sinopsis film Elysium memberikan gambaran ketika status dan kekayaan menjadi segala-galanya. Lalu untuk mereka yang miskin, tidak punya hak untuk bisa mendapatkan yang mereka inginkan.

Maka situasi akhirnya terbagi menjadi kasta sosial yang memiliki kecenderungan tidak adil serta penuh konflik. Tidak adanya orang yang berani untuk hentikan sistem tersebut dan ingin menyampaikannya secara tidak langsung lewat film ini kepada para penonton.

Tema Fiksi Ilmiah

Alur dari cerita film ini cenderung singkat dan tidak semua cerita sempat tergali lebih dalam. Namun aksi yang ada sangat memacu adrenalin, tentunya cukup menutupi kekurangan alur cerita tersebut.

Sinopsis film Elysium dengan tema cerita yang cukup realistis dan gambaran situasi sosial saat ini, tentunya menghibur serta menjadi salah satu film yang wajib anda tonton. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu