Sinopsis The Mauritania, Kisah Nyata Tahanan Slahi Kasus Teroris 9/11

Sinopsis The Mauritania Kisah Nyata Tahanan Slahi Kasus Teroris 9/11
Sinopsis The Mauritania. Foto; Ist/Net

Sinopsis The Mauritania menceritakan kisah nyata masalah hukum dari persidangan selama bertahun-tahun terhadap sosok Mohamedou Ould Slahi. Film The Mauritania mendapatkan arahan dari sutradara Kevin Macdonald. Dengan para produser seperti Adam Ackland, Michael Bronner, Leah Clarke, dan masih banyak lagi.

Kisah film ini merupakan karya dari M.B. Traven. Merupakan adaptasi dari Guantanamo Diary oleh Mohamedou Ould Slahi. Tentu menampilkan bintang ternama Jodie, Foster, Tahar Rahim, Shailene Woodley, dan Benedict Cumberbatch.

Sinematografer dari film ini adalah Alwin H. Kuchler. Sedangkan untuk perusahaan produksi yang menangani film The Mauritania ada beberapa. Misalnya Topic Studios, Black Sheep Pictures, Oak Street Films, Wonder Street, 30 West, dan BBC Film.

Film baru yang rilis tahun 2021 ini memiliki anggaran biaya pembuatan film sebesar 14 juta dolar AS. Untuk pendapatan dari Box Office selama masa penayangan sebesar 144 juta dolar AS.

Cuplikan Sinopsis The Mauritania 2021

Kisah berawal ketika ada seseorang yang masuk tahanan tanpa tuduhan. Tepatnya dua bulan setelah adanya serangan teroris 9/11 New York City. Pria tersebut bernama Mohamedou Ould Slahi.

Kebetulan Slahi berasal dari daerah Mauritania yang masuk penjara. Lokasi penahanan berada di Teluk Guantanamo. Penahanan itu berlangsung cukup bengis karena tempat yang kurang memadai.

Baca Juga: Sinopsis The Legend of Hercules, Aksi Penyelamatan Bangsa

Slahi masuk ke dalam sel tanpa jendela sebagai masuknya udara segar. Hidup tanpa biaya apapun dan berusaha menyatukan pemikiran. Bahkan saling memadukan pengalaman dalam sebuah jurnal kehidupan.

Slahi Tahanan

Sinopsis The Mauritania menjelaskan bahwa Slahi tertangkap oleh U.S Government. Terdakwa masuk penjara selama bertahun-tahun. Harapannya sudah pupus hancur terbawa oleh arus kejamnya dunia.

Awalnya tidak ada pembelaan terhadap sosok Slahi. Akhirnya Slahi mendapati sekutu pengacara pembela. Mereka dengan tulus melakukan pemberontakan terhadap penahanan tersebut.

Datanglah dua orang bernama Nancy Hollander dan rekannya Teri Duncan. Mereka adalah pengacara yang melakukan pembelaan untuk kasus ini. Tujuannya adalah mencari keadilan yang sebenar-benarnya.

Pengacara ACLU

Sinopsis The Mauritania menjelaskan bahwa kasus Slahi baru terdengar ke pengacara itu pada tahun 2005. Pengacara ACLU merasakan ada sesuatu yang berbeda dengan sejarah Slahi.

Dalam hal ini, Slahi mendapat tuduhan sebagai bagian dari perekrut 9/11. Merupakan tantangan yang cukup besar bagi pengacara ACLU untuk membebaskannya. Perekrutan 9/11 tersebut merupakan aksi untuk Osama bin Laden.

Nancy dan Teri bergegas melakukan pengamatan dan juga penelitian guna mendapatkan kasus yang lebih spesifik terhadap dugaan Slahi. Memang serangan 9/11 merupakan ulah sekelompok teroris pada 11 September 2001.

Serangan Teroris 9/11

Sinopsis The Mauritania menunjukkan 19 orang dari kelompok Al-Qaeda membajak empat pesawat jet penumpang. Lalu mereka menabrakkannya ke Menara Kembar World Trade Center. Sebanyak 3000 jiwa meninggal dunia.

Baca Juga: Sinopsis Acts of Violence, Aksi Penyerangan Pemimpin Bengis

Sosok Slahi saat itu mendekam dalam kamp penahanan Teluk Guantanamo. Nancy adalah orang yang harus menanggung skeptisisme federal. Tujuannya untuk memastikan keputusan dan mengeluarkannya dari penjara.

Dalam aksinya sebagai pengacara Slahi, Nancy dan Teri harus menghadapi keadaan yang benar-benar sulit. Jaksa Militer Letnan Kolonel Stuart Couch rupanya berusaha untuk membalas dendam kematian rekannya. Memiliki seorang teman yang tewas ketika serangan teroris 9/11.

Pemerintahan

Sinopsis The Mauritania menceritakan Nancy dan Teri yang mengetahui fakta terkait pemerintahan. Rupanya pihak pemerintah menyembunyikan informasi berkaitan dengan perawatan Slahi dalam kamp.

Entah apa yang mereka lakukan, terbukti bahwa tuduhan itu tidak benar. Semata-mata hanya untuk melakukan aksi balas dendam terhadap serangan teroris /11. Pasalnya, banyak korban jiwa yang berjatuhan hanya karena ulah beberapa orang saja.

Salah satu pemimpin sangat terpukul atas hal yang menimpa kawannya kala itu. Sehingga merupakan dalang yang memperkuat adanya penahanan ini. Tak heran bila penahanan berlangsung selama bertahun-tahun.

Perjuangan

Sinopsis The Mauritania menunjukkan bahwa Nancy dan juga Teri yang jatuh bangun dalam menghadapi kasus ini. Mengingat lawannya adalah pihak pemerintahan. Sehingga sulit bagi mereka untuk melakukan penentangan.

Sebelum meluncurkan aksinya, mereka berusaha mencari beberapa bukti yang valid. Banyak konspirasi yang mereka dapatkan selama melakukan pencarian bukti.

Hal ini membuat mereka sempat bingung dengan fakta yang sebenarnya. Tetapi ini bukan masalah yang besar karena mereka yakin pasti bisa melewatinya.

Bagaimana kelanjutan dari sinopsis The Mauritania? Apakah mereka berhasil menyelamatkan Slahi? Saksikan film The Mauritania dengan lengkap. (R10/HR-Online)

Editor: Ndu