Sungai Cigeude Meluap, Hektaran Sawah di Panawangan Ciamis Terendam

Sungai Cigeude Meluap
Sungai Cigeude Meluap membanjiri area persawahan di Panawangan Ciamis. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Hujan deras yang mengguyur wilayah Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Jumat (12/2/2021) membuat Sungai Cigeude meluap hingga membanjiri hektaran sawah.

Akibatnya para petani Desa Indragiri mengalami kerugian yang cukup besar. Karena tanaman padi ikut terendam bahkan sebagian terbawa hanyut. Tanaman padi mengalami kerusakan hingga kemungkinan besar gagal panen. 

“Hujan dengan intensitas tinggi, menyebabkan air dari Sungai Cigeude meluap membanjiri sawah. Hektaran Tanaman padi milik petani rusak parah karena banjir. Mengakibatkan petani mengalami kerugian,” ujar Kepala Desa Indragiri Dahlan, Sabtu (13/2/2021).

Dahlan menyebut akibat peristiwa ini sejumlah petani dipastikan mengalami kerugian. Namun untuk kerugiannya, pihaknya masih melakukan pendataan dan penghitungan. Tapi, Dahlan memprediksi kerugiannya cukup besar karena usia tanam padi telah mencapai 3 bulan. Para petani telah mengeluarkan biaya operasional cukup banyak untuk menanam padi tersebut.

“Kami akan melaporkannya ke tingkat kecamatan untuk kemudian ke tingkat kabupaten. Berharap agar para petani mendapat bantuan karena ini bencana alam akibat Sungai Cigeude meluap,” ungkapnya.

Kasi Pemerintahan Desa Indragiri, Deni Herdiana, menambahkan, selain hektaran sawah terkena banjir, juga hujan deras tersebut menyebabkan saluran tambak klara tertimbun longsor. Satu unit rumah milik warga yang berada di atas tebing terancam longsor. (Edji/R9/HR-Online)

Editor: Dadang