Suntik Vaksin Sinovac Kedua di Ciamis untuk Nakes Capai 62 Persen

Suntik vaksin sinovac
nakes saat daftar ulang untuk suntik vaksin sinovac tahap kedua. Foto: Es/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Para petugas kesehatan yang ada di Ciamis kembali menjalani suntik vaksin sinovac Covid-19 dosis kedua untuk menguatkan tahap pertama.

Meski merupakan yang kedua, namun bagi nakes yang belum mendapatkan vaksin makan akan disuntik yang pertama.

Kadinkes Ciamis, dr Yoyo, mengatakan, penyuntikan vaksin tahap kedua tersebut berlangsung secara serentak di seluruh Puskesmas.

“Yang sebelumnya sudah berarti sekarang tahap kedua. Sedangkan yang belum saat ini mendapatkan dosis yang pertama,” ujarnya, Senin (15/2/2021).

Sementara untuk selain nakes, seperti pimpinan daerah beserta unsur forkopimda maupun tokmas, akan berlangsung besok di Puskesmas.

Untuk penyintikan tahap kedua ini, lanjutnya, tidak serentak seperti halnya yang pertama. Hal ini untuk memudahkan nakes yang belum.

Sebab, nakes yang sebelumnya terdaftar suntik vaksin sinovac mengalami kendala, seperti sakit.  

“Sesuai laporan, tahap kedua ini sudah mencapai 62 persen untuk tenaga kesehatan. Sedangkan dosis pertama sudah 60 persen,” imbuhnya.

Baca juga: PPKM Mikro, Gugus Tugas Desa Kawali Ciamis Sisir Pusat Perbelanjaan

Pengecekan Sebelum Vaksinasi

Yoyo menjelaskan, vaksinasi kedua ini setelah 14 hari dari yang pertama ini aman untuk tubuh setelah adanya penelitian.

Bahkan, sebelum proses suntik itu tidak sembarang orang yang mendapatkannya. Artinya, petugas akan memeriksa terlebih dahulu kesehatannya, seperti tensi darah dan lainnya sebagaimana aturan dari pusat.

“Sedangkan kekurangannya kita sedang minta tambahan ke Kemenkes karena Ciamis baru mendapatkan 6.600 untuk suntik vaksin sinovac ini, sedangkan pendaftarnya 7.648,” pungkasnya. (Es/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid