Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruSuzuki Hayabusa 2021 Resmi Meluncur Dengan Tampilan Mewah

Suzuki Hayabusa 2021 Resmi Meluncur Dengan Tampilan Mewah

Suzuki Hayabusa 2021 merupakan generasi ketiga dari sekian motor ikonik yang telah rilis dengan membawa tampilan mewah dan elegan.

Peluncuran tersebut yakni pada 5 Februari 2021 lalu. Motor tersebut merupakan motor terkencang legendaris dan menandai pencapaian paling tinggi produk Suzuki. 

Bahkan Suzuki telah melakukan perubahan seluruh model dari Hayabusa 2021 tersebut. Tentu saja perubahan menyeluruh ini merupakan pertama kalinya dalam 13 tahun terakhir. Bahkan disebut-sebut sebagai lawan berat Ninja H2 dalam desain dan performa. 

Baca Juga : Suzuki Access 125 Berkonsep Retro dengan Pembaruan Fitur Canggih

Mulanya Suzuki Bikes UK telah memperkenalkan video teaser singkat mengenai Hayabusa 2021 pada channel YouTube yang membuat penasaran publik. Tentu saja rasa penasaran pecinta otomotif telah terbayarkan dengan hadirnya Hayabusa 2021 saat ini. 

Hayabusa 2021 ini telah lulus uji emisi Euro 5. Bahkan motor tersebut sudah bisa dipasarkan di Eropa. Dengan kemunculannya, Hayabusa 2021 nan eksotis telah ludes terjual di Italia.

Menurut informasi, pihak Suzuki memang membuat Hayabusa 2021 tersebut sebanyak 10 unit secara spesial dalam perkenalannya di pasar Italia. 

Begitu spesialnya motor tersebut, sehingga dalam waktu 3 hari saja sudah ludes terjual. Sedangkan batas waktu pemesanan motor ini berlangsung sampai 15 Maret. Padahal Hayabusa 2021 ini dijual lebih mahal dari versi standar. 

Spesifikasi Terbaik Suzuki Hayabusa 2021

Motor Hayabusa 2021 akan dijual di seluruh dunia mulai dari Eropa kemudian ke beberapa pangsa pasar, termasuk Amerika Utara maupun Jepang. 

Dengan konsep produk Ultimate Sport, mewarisi generasi pertamanya, mengembangkan desain gaya yang unik, peningkatan performa aerodinamis, dan berkendara yang superior, membuat Hayabusa 2021 lahir luar biasa. 

Desain Hayabusa 2021

Desain tampilan dengan gaya baru serta ikonik dalam siluet yang mengalir begitu saja. Lalu miring ke depan dengan garis-garis tajam. 

Baca Juga : Suzuki Swish 125 2020, Memasang Mesin Berkapasitas 124 cc 

Pada body, Suzuki Hayabusa 2021 hadir dengan warna two-tone yang berbeda. Begitu juga di intake udara depan, tutup mesin samping, serta bagian belakang. Tampilan lebih sporty dan modern. 

Motor tersebut memiliki lampu LED desain terbaru dengan tangki bahan bakar baru pula. Tangki yang sedikit menukik ke bawah pada area sisinya dan lebih landai dari versi sebelumnya. 

Lampu sein menyatu dengan DRL berupa garis intake udara bagian fairing dan meninggalkan kesan bulat. Tentu menyempurnakan bagian depan dengan windshield yang terlihat modern pada sisi lebih menyudut. 

Lebih detailnya, Hayabusa 2021 memiliki komponen baru pada : 

  • Desain berkelas
  • Desain mesin yang secara ulang, termasuk conrod, crankshaft, camshaft, dan piston dalam rangka peningkatan kerja rentang putaran rendah sampai menengah sehingga motor lebih kencang. 
  • Elektronik komprehensif Suzuki Hayabusa 2021 terdiri dari ABS yang diatur IMU. Kontrol peluncuran, kontrol traksi, cruise control, kontrol rem mesin, quickshifter dua arah, tiga mode daya, dan 3 mode pengendara. 
  • Perevisian Chassis dan subframe baru. Lalu setingan suspensi dan rem baru. 

Mesin Hayabusa 2021

Mesin pada Hayabusa 2021 berbekal empat silinder yang segaris 1.340cc lengkap sistem throttle electronic ride-by-wire. Kaliper rem dengan cakram 320 mm lebih besar dari versi sebelumnya.

Mekanisme intake dan exhaust terjadi perubahan agar tingkatkan output dan torsi yakni kecepatan rendah sampai menengahnya.

Mesin Hayabusa 2021 mampu menyemburkan kekuatan 187 dk pada 9.700 rpm dan torsi 150 Nm pada 7000 rpm. Bahkan motor memakai transmisi manual 6 percepatan top speed hingga 299 km/jam. 

Mesin telah memenuhi standar emisinya Euro 5. Dengan peningkatan intake baru, catalytic converter, dan pembuangan. Suzuki Hayabusa 2021 dapat mencapai 100 km/jam, yakni dalam posisi diam 3,2 detik. Hal ini tentu lebih cepat 0,2 detik dari generasi sebelumnya.  

Baca Juga : Husqvarna Svartpilen 125 Resmi Meluncur Dengan Spesifikasi Terbaru

Selain itu, peningkatan performa dengan penambahan daya tahan dari sejumlah komponen baru yakni piston ringan, conrod yang kaku tapi ringan, dan camshaft baru untuk mengurangi tumpang tindih angkatan katup.

Lalu tensioner rantai cam baru, crankcase berubah, stopper perpindahan gigi baru, pelat cam, dan roda gigi dengan mengubah lebar bantalan. Hal ini meningkatkan perasaan perpindahan, magnet baru dan rakitan kopling sandal baru. 

Suspensi

Suspensi Hayabusa 2021 lebih meningkat dengan suspensi upside down 43mm dari KYB. Pada suspensi depan memiliki travel hingga 120 mm dengan settingan preload, redaman rebound, dan redaman kompresi. Sedangkan pada bagian belakang juga memakai komponen dari KYB dengan setelan penuh. 

Bagian ban Hayabusa 2021 memakai Battlax Hypersport S22. Ban terbarunya ini mempunyai konstruksi baru dan kompon. Hal itu dipercaya lebih baik dalam jalan basah atau kering. Ukuran ban yakni 120/70 ZR17M dan belakang 190/50ZR17M. 

Nah, itulah informasi spesifikasi bawaan Suzuki Hayabusa 2021. Dengan informasi tersebut, anda dapat mengetahui update Hayabusa 2021 terbaru. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img