Taman Bunga Nusantara Cianjur, Hadir dengan Konsep Unik dan Edukatif

Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara. Foto: Ist/Net

Taman Bunga Nusantara merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di kota Bogor. Taman wisata ini mengusung konsep wisata dengan tema Argowisata di Indonesia. Sehingga menjadikannya salah satu wisata yang cukup ramai oleh pengunjung dalam setiap pekan atau liburan tiba.

Destinasi wisata ini sering kali disebut dengan Taman Bunga Puncak atau Taman Bunga Cipanas, akan tetapi secara administratif terletak di wilayah Cianjur, Jawa Barat.

Tepatnya berada di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat. Taman wisata ini dapat menjadi alternatif menarik untuk tujuan wisata keluarga anda.

Destinasi Wisata Taman Bunga Nusantara

Destinasi wisata ini merupakan taman bunga terbesar yang terdapat di kota Jawa Barat, bahkan mungkin di Indonesia.  Taman wisata ini berada di atas lahan seluas 35 hektar yang terbagi menjadi beberapa bagian taman.

Baca Juga: Paralayang Bukit Gantole Puncak, Nikmati Sensasi Terbang di Atas Bukit

Pada area wisata, para pengunjung akan menemukan beberapa taman yang hadir dengan tema berbeda. Taman-taman tersebut menempati kurang lebih 23 hektar dari keseluruhan lahan, yakni 35 lahan yang terdapat pada area wisata.

Pada kawasan tersebut juga terdapat 7 hektar lahan sebagai area playground anak. Area playground ini populer dengan sebutan alam imajinasi.

Sedangkan untuk 2 hektar lainnya dimanfaatkan sebagai lahan pembibitan. Sisanya dibangun untuk beberapa penginapan, ruang pertemuan, serta restoran.

Asal Mula Taman Bunga Nusantara

Destinasi wisata ini pertama kali dirintis pada tahun 1992 atas prakarsa dari Ibu Dani Mustanil Arifin. Beliau merupakan ketua Yayasan Bunga Nusantara serta membangun taman ini sebagai area agrowisata.

Wisata ini hadir dengan mengusung konsep unik serta penuh dengan nilai edukasi. Pada tahun 1995, Presiden kedua Indonesia Bapak Soeharto, meresmikan taman wisata ini.

Hingga saat ini, taman bunga ini menjadi salah satu tempat rekreasi favorit, baik bagi wisatawan lokal atapun mancanegara. Dengan lokasi yang tidak jauh di Gunung Gede, maka tidak perlu anda ragukan lagi akan keindahan alam serta kesegaran udara sekitarnya.

Daya Tarik Taman Bunga Nusantara

Taman bunga ini merupakan bagian kecil dari kumpulan pecinta bunga yang mencoba membangkitkan lagi kecintaan masyarakat terhadap kekayaan flora. Khususnya bunga serta tanaman hias melalui bentuk suatu obyek wisata agro.

Dengan tampilan taman bergaya internasional, terdiri dari ragam bunga serta tanaman hias, baik lokal dan mancanegara. Selain itu, beragam fasilitas pendukung yang tertata apik dan cantik dengan kekuatan untuk memberikan misi kreatif serta edukatif bagi para pengunjung.

Berada pada ketinggian pegunungan serta tidak jauh dari Gunung Gede Bogor. Menjadikan kawasan wisata ini memiliki suasana serta udara yang sangat segar.

Baca Juga: Jungleland Adventure Theme Park, Taman Rekreasi Unik dan Kreatif

Dengan mengunjungi Taman Bunga Nusantara, anda akan melihat hamparan rumput yang hijau dengan rangkaian berbagai jenis bunga yang sangat indah.

Di dalamnya anda juga akan menemukan berbagai spot foto yang keren dan instagrammable. Terdapat berbagai jenis taman yang dapat anda nikmati saat berkunjung ke kawasan taman bunga ini.

Mulai dari Taman Bali, Taman Mediteria, Taman Mawar, Taman Perancis, Taman Labirynth, Taman Palem, Rumah Kaca, Taman Gaya Jepang, hingga Taman Bermain Anak.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka, dan Rute Taman Bunga Nusantara

Harga tiket destinasi wisata ini cukup terjangkau dengan berbagai pengalaman seru yang akan anda peroleh di dalamnya. Anda hanya cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp. 40.000 saja.

Perlu anda ketahui, harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir serta tarif untuk menaiki wahana yang akan anda coba. Taman wisata ini buka setiap hari, mulai pagi hari hingga jam 5 sore. Baik untuk jam kerja, akhir pekan, ataupun hari libur nasional.

Baca Juga: NuArt Sculpture Park Bandung, Wisata Edukasi dengan Sejuta Karya Seni

Rute termudah untuk mencapai taman wisata ini adalah dengan mengikuti jalur Puncak. Bagi anda yang datangnya dari arah Jakarta, sesudah sampai Puncak Bogor, maka anda hanya perlu lanjut beberapa kilometer lagi agar sampai ke wisata ini. Atau anda dapat memanfaatkan adanya aplikasi Google Maps.

Taman Bunga Nusantara dapat menjadi tempat yang bermanfaat, terutama bagi pecinta tanaman hias, sinematografer, fotografer, serta semua kalangan masyarakat luas. Dengan mengunjungi destinasi wisata ini, tentu rasa penat dan lelah akan terobati seketika dengan menikmati berbagai keindahan yang tersaji. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang