Tanah Tebing Longsor Ancam Rumah Warga Sukamantri Ciamis

Tanah Tebing Longsor Ancam Rumah Warga Sukamantri Ciamis
Tanah tebing longsor mengancam 1 rumah warga Blok Cikerenceng Tonggoh, Desa Mekarwangi, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto : Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tanah tebing di Blok Cikerenceng Tonggoh, Desa Mekarwangi, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, longsor, Senin (15/2/2021). Akibatnya, 1 rumah milik Adang, terancam ambruk.

“Penyebab tanah tebing longsor adalah hujan deras yang terus mengguyur wilayah sini,” kata Oman, salah seorang warga setempat, kepada HR Online, Selasa (16/2/2021).

Sehingga dengan kejadian tersebut, Oman berharap agar pihak-pihak terkait berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, untuk menindaklanjuti penanganan darurat.

“Sebab, tidak menutup kemungkin longsor susulan kembali akan terjadi,” ucapnya.

Menurutnya, curah hujan yang masih tinggi membuat warga was-was. Karena, tanah tebing yang longsor tersebut sudah merusak bagian depan rumah, dan akan mengancam keselamatan.

“Selain itu, longsor juga bisa terjadi kapan saja,” ujarnya.

Sementara itu, Adang, pemilik rumah yang terancam longsoran menuturkan, sebelum terjadi longsor sempat merasakan getaran.  

Sedangkan jarak antara rumahnya dengan sisi tebing sudah sangat dekat. Sehingga, bencana tanah tebing longsor tersebut membuatnya cemas dan was-was.

Adang pun berharap agar segera ada tindakan dari pemerintah untuk mengantisipasi longsor. “Sehingga, kerusakannya tidak semakin meluas dan bertambah parah,” ucapnya.

Dengan kejadian tersebut, Pemerintah Desa Mekarwangi sudah mengimbau untuk meningkatkan kewaspadaan.

Pihak pemdes juga meminta warga yang terancam untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman. Terutama apabila hujan lebat kembali terjadi. (Edji/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto