Tanaman Bunga Hias Terpopuler yang Cocok untuk Usaha Rumahan

tanaman bunga hias
Jenis tanaman bunga hias terpopuler. Foto: Ist/Net

Tanaman bunga hias juga merupakan jenis tumbuhan yang sedang naik daun. Berbeda dengan tanaman hias lainnya, jenis tumbuhan ini justru mengandalkan bunganya yang indah. Banyak orang yang bertanam jenis ini untuk usaha yang menghasilkan.

Jenis tanaman hias tidak hanya terdiri dari satu, dua atau tiga jenis saja. Beberapa jenis yang sedang populer dengan harga jual yang tinggi justru bukan jenis tumbuhan bunga.

Saat ini banyak orang yang lebih tertarik dengan tanaman hias yang sedang tren karena harga jualnya yang mencapai puluhan atau ratusan juta. Seperti tanaman janda bolong (Monstera adansonii variegata), aglonema, dan jenis philodendron.

Padahal, tanaman bunga harganya bisa jauh lebih mahal. Seperti anggrek hitam Papua yang harganya kabarnya hingga lebih dari Rp 100 juta. Tidak sedikit orang yang menggemari dan mengoleksi tanaman karena bentuk bunganya.

Baca Juga: Usaha Budidaya Tanaman Hias yang Menguntungkan dan Mudah

Ragam Tanaman Bunga Hias yang Cocok Untuk Usaha

Tanaman bunga hias merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki berbagai warna dan bentuk  yang indah. Selain indah dipandang, tanaman ini juga dapat menghiasi ruangan maupun lingkungan.

Membandingkan jenis tanaman hias bunga dan non bunga ternyata menarik. Pemahaman ini juga membantu Anda menemukan celah bisnis yang menguntungkan. Salah satunya sifat universal tanaman bunga.

Selain harga jualnya yang cenderung sabil sepanjang waktu, orang juga sering membutuhkannya tanpa mengenal musim. Tanaman bunga semacam ini umumnya digunakan untuk menghiasi ruangan atau pun lingkungan.

Berikut adalah berbagai jenis tanaman bunga hias terpopuler saat ini yang cocok untuk usaha di tengah pandemi Covid-19.

Bunga Melati

Tanaman bunga jenis ini sangat indah dan populer yang berfungsi sebagai tanaman dekorasi rumah. Selain mengeluarkan bau yang harum, bunga ini juga memiliki beragam warna.

Ada yang berwarna putih dan ada juga yang berwarna kuning. Namun yang biasa untuk dekorasi dan hiasan ruangan adalah bunga melati yang berwarna putih.

Baca Juga: Peluang Usaha yang Berhubungan dengan Pertanian yang Potensial

Bunga Anggrek

Anggrek adalah jenis tanaman bunga hias yang juga tidak kalah menariknya dari jenis lainnya. Selain bentuknya yang terlihat indah, ternyata bunga anggrek juga banyak yang menyukainya. Harga jualnya cukup terjangkau.

Mengapa demikian? Anggrek juga memiliki banyak khasiat. Sehingga beberapa peneliti mengatakan bahwa bunga ini juga bisa kita gunakan sebagai obat untuk pengobatan alami.

Keunggulan lain yang ada dari bunga anggrek adalah sebagai hiasan untuk memperindah ruangan. Termasuk bisa juga untuk komposisi produk kecantikan dan untuk pengharum ruangan.

Bunga Mawar

Dari beberapa jenis bunga yang ada, tanaman bunga hias yang juga terkenal cantik dan menarik adalah bunga mawar. Mawar juga populer sebagai bunga terindah dan terpopuler dengan harum yang menyengat.

Mawar sangat berbeda dengan tanaman bunga lainnya. Jika jenis bunga lain memiliki 1 hingga 3 warna, maka warna dari bunga mawar cukup beragam. Ada yang berwarna merah, putih, oranye, ungu, biru, dan masih banyak warna lainnya.

Kandungan vitamin C yang terdapat pada bunga mawar menjadikannya bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat tersebut, yaitu :

  • Meningkatkan kelembapan kulit
  • Mengatasi peradangan pada kulit
  • Mencegah penuaan dini
  • Mengatasi jerawat yang muncul pada wajah
  • Mencerahkan warna bibir

Bunga Kembang Satu

Tanaman bunga hias selanjutnya adalah bunga kembang satu. Tumbuhan jenis ini memiliki ciri khas yaitu bentuk bunganya yang besar dengan warna merah dan tidak berbau.

Tidak sedikit orang yang menyukai bunga jenis ini. Bunga dari tanaman ini juga terkenal sebagai bunga yang dapat menghiasi ruangan atau lingkungan.

Bunga Kamboja

Jenis bunga yang satu ini populer sebagai tanaman yang banyak tumbuh di sekitar tanah kuburan. Kamboja merupakan pohon kecil dengan daun yang tidak lebat.

Meski tidak memiliki banyak daun, tapi bunga kamboja memiliki keharuman yang sangat khas dan tidak ada pada jenis bunga lainnya. Karena itu kamboja juga terkenal sebagai bunga yang banyak orang yang menyukainya.

Dengan mahkota berwarna putih hingga merah keunguan, tanaman bunga hias ini mampu mempercantik lingkungan sekitar rumah. Terlebih saat nyekar atau berkunjung ke kuburan, bunga ini sangat penting untuk kita taburkan ke makam.

Perlu Anda tahu bahwa bunga jenis ini juga memiliki banyak manfaat yang mungkin belum populer. Bunga ini memiliki kandungan aktioksidan sehingga mampu memberikan manfaat untuk kesehatan dan banyak dibutuhkan kalangan industri.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari bunga kamboja adalah sebagai berikut :

  • Meredakan stres
  • Mengatasi rasa nyeri pada saat persalinan
  • Sebagai obat kaki bengkak
  • Mengobati bisul

Itulah beberapa jenis tanaman bunga hias terpopuler. Ada bisa memilih untuk usaha yang menguntungkan. Terlebih saat pandemi Corona sekarang ini sehingga bertanam tanaman hias ini bisa memberikan penghasilan tambahan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang