Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita TerbaruTanaman Hias Berdaun Pink yang Unik untuk Mempercantik Rumah

Tanaman Hias Berdaun Pink yang Unik untuk Mempercantik Rumah

Tanaman hias berdaun pink setidaknya ada 10 jenis yang bisa anda pilih untuk mempercantik rumah. Apalagi bagi pecinta tanaman hias populer yang ‘tergila-gila’ oleh warna pink.

Bahkan, dari beberapa jenis tanaman tersebut bisa dipilih sebagai koleksi tanaman hias di rumah anda. Tidak ada salahnya mengoleksi tanaman yang memiliki corak warna kesukaan anda ini.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini jenis-jenis tanaman hias populer yang memiliki bagian daunnya berwarna pink cantik.

10 Jenis Tanaman Hias Berdaun Pink Unik

Violet Api

Violet api atau nama latinnya ‘Cleopatra’ Episcia cupreata merupakan jenis tanaman hias dengan daun berbulu menyerupai kain beludru yang tebal. Motif daunnya sangat menarik dan memiliki dua warna, bahkan ada juga yang lebih.

Baca Juga : Tanaman Hias Diprediksi Populer 2021 Menurut Google Ada 10 Jenis

Sedangkan, bunganya berwarna pink, merah, kuning, hingga oranye. Bunga dari tanaman hias violet api ini berukuran kecil.

Tanaman hias violet api atau Cleopatra ini termasuk kultivar dengan flame violet tercantik dengan warna daun pink muda. Pada bagian tengahnya bermotif putih dan hijau.

Cryptanthus

Jenis tanaman hias berdaun pink yang berikutnya adalah dari genus Cryptanthus. Tanaman ini mempunyai daun berwarna dengan pola yang unik. Seperti berwarna fuchsia dan pink cerah.

Tanaman hias dari genus Cryptanthus yang berwarna pink meliputi Cryptanthus striped pink ananas, bivittatus ‘pink starlight‘, dan fosterianus ‘elaine’.

Aglonema

Aglaonema yang memiliki nama populer sri rejeki merupakan salah satu tanaman hias berdaun pink. Sudah puluhan tahun aglonema populer di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

Baca Juga : Jenis Tanaman Hias Peperomia, Cocok untuk Mempercantik Ruangan

Tumbuhan dari keluarga talas-talasan ini sangat mudah beradaptasi pada lingkungan sekitarnya, sehingga perawatannya pun tidak ribet.

Selain itu, aglaonema atau sri rejeki ini juga termasuk tanaman hias yang dapat membersihkan udara. Sehingga, sangat cocok diletakan dalam ruangan rumah anda.

Sri rejeki tidak hanya memiliki satu varietas saja, tapi ada dua puluh jenis dengan bentuk dan corak warna daun yang berbeda. Semua varietas aglaonema ini tentunya dapat mempercantik rumah anda.

Beberapa varietas sri rejeki atau aglaonema yang memiliki daun dengan corak berwarna pink meliputi jenis pink lady, pink katrina, pink kochin, pink anja, dan grace pink.

Andong atau Pink Diamond (Cordyline fruticosa)

Jenis tanaman hias berdaun pink selanjutnya yaitu tanaman hias yang memiliki nama ilmiahnya Cordyline fruticosa. 

Di negara lain tanaman hias ini dikenal dengan nama hawaiian tii. Sedangkan, nama populer di Indonesia adalah andong, kayu urip, atau hanjuang.

Jenis tanaman tersebut bisa dengan mudah kita temukan di negara-negara Asia Tenggara. Untuk jenis pink diamond merupakan kultivar yang memiliki warna daun fuchsia mencolok.

Baca Juga : Tanaman Hias Ruang Tamu Tak Hanya Bisa Mempercantik Ruangan Saja

Keladi Hias (Caladium Pretty Pink)

Tanaman hias daun dari jenis keladi hias atau nama populernya caladium ini memiliki berbagai corak warna menarik dan cantik. Seperti halnya caladium pretty pink dengan daunnya berwarna pink yang lembut dan menarik.

Ada pula caladium pretty pink, thai beauty, pink splash, dan caladium florida sweetheart yang sama-sama mempunyai daun bernuansa warna pink.

Calathea Rosy

Jenis tanaman hias berdaun pink berikutnya yaitu calathea rosy. Daunnya berukuran lebar berwarna fuchsia. Sedangkan, warna pada bagian tepinya hijau tua.

Tumbuhan jenis calathea rosy akan menjadi koleksi berharga bagi mereka yang suka mengoleksi tanaman-tanaman hias unik.

Echeveria Laui

Sukulen echeveria ini termasuk tumbuhan ideal bagi para pecinta tanaman hias yang memiliki kesibukan tinggi. Karena, perawatan tanaman hias berdaun pink dan unik ini sangat mudah. Anda tidak perlu menyiramnya setiap hari.

Selain itu, tanaman ini juga banyak jenisnya. Bila anda menginginkan sukulen berwarna pink bisa pilih echeveria laui. Bentuknya menyerupai mawar berwarna pink.

Baca Juga : Tanaman Hias Pembersih Udara Terbaik Menurut NASA

Philodendron Pink Princess

Nama ilmiahnya Philodendron erubescens. Tanaman ini merupakan kultivar Philodendron yang memiliki daun dengan warna unik.

Perpaduan warna antara pink dengan hijau pekat dalam pola acak bakal menjadikan suasana rumah anda terlihat lebih semarak. Selain itu, tanaman hias berdaun pink yang unik ini mampu memurnikan udara.

Syngonium Pink Neon

Tumbuhan yang memiliki nama ilmiahnya Syngonium podophyllum (Neon Robusta) merupakan tanaman hias untuk kebun, terrarium, hingga pot gantung.

Bentuknya hampir sama dengan Caladium dan memiliki daun yang menyerupai bentuk hati dengan pola warna hijau dan pink lembut.

Tanaman Polka Dot

Kemudian yang terakhir ada tanaman hias bernama hypoestes phyllostachya atau lebih populernya bernama polka dot plant (tanaman polka dot). Tanaman ini memiliki daun bercorak bintik-bintik dengan warna putih, pink, dan merah.

Itulah 10 jenis tanaman hias berwarna pink yang unik dan cocok untuk mempercantik rumah, atau anda jadikan sebagai koleksi. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -