Target PBB P2 2021 Naik Jadi Rp 24 Miliar, BPKD Ciamis Optimis Tercapai

Kabid. Penagihan dan Pelaporan Pajak BPKD Kabupaten Ciamis, Ega Anggara Al Kautsar, optimis target PBB P2 tahun 2021 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, naik menjadi Rp 24 miliar, dari sebelumnya sebesar Rp 23 miliar. Foto: Feri Ramdani/HR.
Kabid. Penagihan dan Pelaporan Pajak BPKD Kabupaten Ciamis, Ega Anggara Al Kautsar, optimis target PBB P2 tahun 2021 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, naik menjadi Rp 24 miliar, dari sebelumnya sebesar Rp 23 miliar. Foto: Feri Ramdani/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Target PBB P2 tahun 2021 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, naik menjadi Rp 24 miliar, dari sebelumnya sebesar Rp 23 miliar.

Meskipun ada peningkatan kurang lebih Rp 1 miliar dengan tahun sebelumnya, namun Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Ciamis, optimis target Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) tahun 2021 bisa tercapai.

Kepala Bidang Penagihan dan Pelaporan Pajak BPKD Kabupaten Ciamis, Ega Anggara Al Kautsar mengatakan, pada awal pembukaan pembayaran PBB P2 saat ini, sudah ada sekitar 60 desa yang telah melunasi PBB P2. Ini membuat sejarah dan rekor baru pada awal tahun 2021.

“Peningkatan signifikan tahun ini terjadi dalam pelunasan PBB P2 tahun 2021. Jadi, untuk target PBB P2, kami sangat optimis tercapai,” katanya, Kamis (25/02/2021).

Target PBB 2020 di Ciamis Tidak Tercapai

Baca Juga : Bupati Ciamis Apresiasi Inovasi Layanan Pajak BPKD

Ega mengungkapkan, tahun sebelumnya target pajak daerah keseluruhan telah tercapai. Namun, untuk pajak PBB tidak tercapai sekitar Rp 1 miliar kurang, karena kondisinya pandemi Covid-19.

“Selain adanya bencana Covid-19, tidak tercapainya target PBB itu juga karena pemerintah desa kemarin kebanyakan kepala desanya Pjs. Jadi untuk menarik pajak ke masyarakat sedikit susah, beda dengan yang definitif,” ungkapnya.

Namun demikian, lanjut Ega, tahun 2021 ini semua kepala desa sudah definitif. Maka dari itu, yang telah melunasi PBB kebanyakan kepala desa yang baru. Menurutnya, mungkin ingin menunjukan kepada masyarakatnya yang baik.

“Tidak hanya itu, saat ini juga beberapa pemerintah desa di Kabupaten Ciamis telah menggalakan Bumbung PBB. Ada juga dari hasil pertanian untuk PBB, serta bank sampah untuk PBB,” terangnya.

Ega menambahkan, agar tercapainya target PBB P2 tahun 2021 juga perlu adanya kesadaran dari pemerintah. Baik itu pemerintah kabupaten maupun desa akan hak dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam membayar pajak.

“Jika pemerintah dari mulai kabupaten sampai desa bersinergi dalam hal menarik pajak kepada masyarakat, Insya Allah, target PBB tahun ini akan tercapai,” pungkasnya. (Feri/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah