Tas Bahan Kanvas, Model Simpel Namun Kuat dan Fashionable

Tas Bahan Kanvas
Ilustrasi Tas Bahan Kanvas. Foto: Ist/Net

Tas bahan kanvas sangat cocok untuk anda jadikan sebagai perlengkapan ootd (outfit of the day) setiap hari dalam berbagai acara favorit. Material kanvas memang berguna untuk pembuatan tas karena material kuat dan tebal. Selain itu, motif benang yang terlihat jelas bisa menjadikannya cukup mudah untuk modifikasi.

Sebenarnya, bahan kanvas sendiri awal mulanya hanya untuk berkreasi dalam menumpahkan ide kreatif seperti lukisan. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, media atau material ini orang pakai untuk bahan pembuatan berbagai macam barang. Salah satunya adalah tas.

Definisi Tas Bahan Kanvas

Anda suka mengoleksi berbagai macam model tas yang terbuat dari kanvas? Tas dari kain kanvas ini dapat anda pakai sebagai salah satu tas ramah lingkungan yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena, tas dari material kanvas ini terkenal sangat awet.

Semakin baik kualitas bahannya, maka semakin kuat pula tas yang dihasilkan. Tas kanvas dapat kita ketahui definisinya sesuai dengan namanya. Jadi, yang disebut tas kanvas adalah sejenis tas dengan bahan atau material kain kanvas.

Baca juga: Tas Bahan Suede, Berikan Perawatan Agar Teksturnya Tidak Rusak

Selain untuk bentuk tas polos, terdapat beberapa tas kanvas yang kainnya bermotif, bahkan kain yang telah terdapat lukisannya, sampai model kain custom.

Jika anda bandingkan dengan tas yang berasal dari bahan yang lain, tas bahan kanvas biasanya mempunyai banyak kelebihan, khususnya dalam segi kekuatannya.

Tas dengan jenis bahan ini pun mempunyai tampilan yang menghadirkan kesan fashionable serta sangat sesuai dengan anda yang ingin beraktivitas seperti kuliah, berbelanja, atau hanya sekedar jalan-jalan.

Model Tas Kanvas

Untuk model tas, hingga sampai saat ini kanvas terpilih sebagai kain tas dalam bentuk tas carrier, daypack, rucksack, backpack, totebag, dan juga model-model serupa. Tak hanya mempunyai nilai fungsional saja, masing-masing tas itu bisa anda pakai sebagai penunjang penampilan.

Seperti tas carrier yang merupakan tas untuk pendaki atau para traveler dalam memuat barang yang banyak dan juga berat.

Lalu, terdapat model tas daypack yang berfungsi seperti halnya tas carrier. Namun, yang membedakan tas bahan kanvas model ini adalah ukurannya yang jauh lebih kecil daripada tas carrier.

Kemudian tas backpack yang merupakan jenis tas punggung dan juga berasal dari kain kanvas. Jenis tas ini biasanya terdapat resleting untuk penutupnya.

Tas rucksack, yang juga merupakan jenis tas punggung. Pada umumnya, jenis tas ini mempunyai penutup tali serta memakai sistem serut. Totebag, jenis tas jinjing dengan bentuk kotak. Tas ini paling cocok untuk dipakai sebagai tas belanja.

Jenis Kain Kanvas untuk Tas

Jika melihat fisik dari material kain kanvas yang biasanya orang pakai dalam pembuatan model berbagai tas pria dan wanita, pada umumnya mempunyai tekstur kasar, kaku, dan tebal.

Dengan demikian, tas bahan kanvas ini akan sangat kokoh serta terlihat cukup berkelas. Walaupun terdapat variasi kanvas yang beredar di pasaran cukup banyak, namun anda wajib tahu jika tak semua jenis kain bahan kanvas ini dapat anda pakai untuk membuat tas.

Lalu, yang bisa anda pakai untuk material dasar pembuatan tas, baik pria maupun wanita, adalah kain kanvas dengan kualitas terbaik. Terdapat beberapa jenis kain kanvas, antara lain:

Kain Kanvas Blacu

Jenis kain atau material bahan dasar untuk membuat tas yang pertama adalah jenis kain blacu. Karakteristik dari jenis kain ini cukup kasar, karena pada dasarnya kain ini merupakan jenis kain unfinished atau sering orang sebut dengan nama grey.

Baca juga: Bahan Tas yang Bagus dan Berkualitas Sesuai dengan Fungsinya

Untuk segi harga, kain kanvas ini dapat anda sebut sebagai kain yang relatif murah. Bisa termasuk kategori bahan kanvas untuk tas yang kualitasnya rendah.

Kain Kanvas Ring

Lalu yang kedua sebagai material tas bahan kanvas adalah jenis kain ring. Karakteristik dari bahan dasar ini adalah lebih tipis dan tidak kaku daripada kain marsoto. Namun, kualitasnya cukup baik, kuat, dan awet untuk material pembuatan tas, baik tas pria maupun wanita.

Kain Kanvas Marsoto

Selanjutnya adalah jenis kain kanvas marsoto. Karakteristiknya terbilang cukup bagus, kuat, serta tidak mudah sobek. Hal yang menjadi ciri khas paling menonjol dan membedakan kain ini dengan jenis kain lainnya adalah bintik-bintik yang ada pada permukaan kain atau hampir menyerupai tekstur dari kain cordura.

Kain Kanvas Infinity

Jenis kain kanvas selanjutnya yang sering atau bisa dipakai untuk membuat tas adalah jenis kain infinity. Kain ini biasanya kain yang dipakai untuk kebutuhan upholstery seperti sofa.

Akan tetapi, pada perkembangannya, kain jenis ini mulai orang pakai untuk bahan pembuatan tas. Tak hanya unik, tas yang terbuat dari kanvas infinity ini umumnya lebih awet dan juga lebih kuat.

Kain Kanvas Terpal

Jenis kain untuk tas bahan kanvas berikutnya adalah kain terpal. Jenis golongan kain ini bertekstur tebal, kuat, serta tidak mudah sobek.

Bahkan jenis kain kanvas ini sangat tahan terhadap suhu yang tinggi. Jenis kanvas terpal terdiri atas beberapa varian, yakni yang bersifat semi-waterproof sampai yang tidak tembus air atau waterproof.

Kain Kanvas Sueding

Jenis kain kanvas sueding ini biasanya mempunyai lapisan atas yang sedikit mempunyai bulu. Kain kanvas jenis ini terasa lebih lembut daripada tekstur kain kanvas yang lain. Sehingga, jika anda pegang, akan terasa lebih tipis walaupun mempunyai tingkat hampir sama dengan kanvas ring.

Kain Kanvas PE

Jenis kain kanvas satu ini mempunyai banyak variasi yang baik untuk ketebalan atau untuk jenis finishing yang akan dikenakan pada kain.

Karakteristik yang sedemikian uniknya, jenis kain ini sangat sesuai anda pakai bahan pembuatan tas yang berkualitas walaupun sifatnya cenderung panas.

Kain Baby Kanvas

Kain baby kanvas ini adalah salah satu jenis kain yang berasal dari keluarga kanvas dengan pori-pori lebih kecil. Dengan begitu, permukaan kain terlihat lebih indah.

Keunggulan kain baby kanvas ini adalah teksturnya yang relatif lebih lembut, halus, dan juga tidak bersifat kaku seperti kain kanvas lukis.

Jenis kain untuk tas bahan kanvas ini dapat dikatakan menjadi jenis yang terbaik. Karena tas yang terbuat dari kain kanvas, akan terkesan lebih lembut dan juga bagus.

Lalu harga tas lebih terjangkau untuk semua kalangan. Ketersediaan bahannya melimpah untuk pembuatan totebag, rucksack, maupun backpack.

Kain Kanvas Motif

Jenis kain kanvas untuk tas selanjutnya adalah kanvas motif. Jenis kain untuk dasar pembuatan tas ini termasuk ke dalam kelompok kain berkualitas dengan tampilan cantik.

Memiliki karakteristik material yang cukup tebal dan juga kuat dengan motif unik. Dengan demikian, tas dengan bahan kanvas motif ini cocok untuk membuat model totebag, backpack, dan juga rucksack.

Tak hanya itu saja, jenis kain kanvas motif ini seringkali orang pakai untuk pembuatan tempat pensil, pouch, tempat make up, serta banyak tas keperluan lain. Sebagai pelengkap dari upholstery, jenis kain ini juga sangat cocok jika untuk pembuatan sarung bantal sofa.

Keuntungan Menggunakan Tas Kanvas

Banyak keuntungan yang akan anda peroleh jika menggunakan jenis kain untuk tas bahan kanvas sebagai bahan utamanya. Tentu saja keuntungan ini tidak akan anda peroleh jika menggunakan jenis material yang lain.

Berbagai keuntungannya adalah lebih hemat karena jenis kain ini lebih awet daripada jenis kain lainnya. Kekuatannya terjamin kuat dan cukup baik untuk anda pakai berulang-ulang kali, baik tas pria maupun tas wanita.

Lalu keuntungan selanjutnya adalah penggunaan tas kanvas bisa menanggulangi atau mengurangi resiko kerusakan lingkungan karena sampah anorganik. Seperti sampai plastik yang bisa berdampak buruk untuk lingkungan.

Selain itu, keuntungan jika anda menggunakan totebag dapat memanfaatkan untuk pembungkus sekaligus sebagai media promosi produk. Misalnya sepatu dan lain sebagainya.

Baca juga: Tas Rajut Motif Prada Bahan Berkualitas Pilihan Desain Menarik

Lalu, tas kanvas yang hadir dalam desain backpack maupun rucksack sangat cocok untuk anda pakai dalam berbagai momen seperti kuliah, hangout, atau berbelanja.

Selanjutnya, jika berbicara mengenai harga, sebagian besar dari tas bahan kanvas ini mempunyai kisaran harga yang cukup terjangkau karena bahannya juga cenderung mudah untuk didapat.

Tak hanya itu saja, tas dalam desain totebag dapat anda hias dengan berbagai corak atau motif lukis. Sehingga, jenis bahan tas ini dapat anda manfaatkan sebagai media seni yang mengalir dalam diri anda.

Kemudian, cara perawatannya pun cenderung lebih mudah dan anti ribet. Anda hanya perlu menggunakan teknik hand washing untuk membersihkan tas dari kain kanvas tersebut.

Cara Merawat Tas Kanvas

Agar tas bahan kanvas anda tetap awet dan bisa anda pakai sebagaimana mestinya, maka cara perawatannya wajib anda perhatikan dengan benar.

Karena meskipun tas anda terbilang harganya mahal, namun jika tidak anda rawat dengan cara yang tepat, akhirnya hanya akan menjadi lebih cepat rusak.

Pertama, anda harus menyimpan tas kanvas yang jarang anda pakai dalam lemari. Jika anda tidak mempunyai rencana untuk menggunakan tas tersebut dalam jangka waktu yang dekat, maka pastikan jika anda menyimpannya dalam ruangan yang kering.

Agar mencegah jamur berkembang dan tumbuh dalam tas, jangan lupa anda untuk menambahkan kamper dalam tas dan juga pada tempat penyimpanannya.

Kedua, anda tak boleh membiarkan tas favorit anda terkena paparan sinar matahari langsung terlalu lama. Karena, hal tersebut akan menjadikan warna tas bahan kanvas anda mudah pudar.

Ketiga, hindarkan pemakaian mesin cuci untuk membersihkan tas kanvas anda. Solusi yang paling baik adalah dengan mencucinya dengan tangan alias secara manual.

Lalu yang keempat, anda harus membersihkan sesegera mungkin saat tas anda terkena noda. Supaya noda tidak meninggalkan bekas yang nantinya sulit untuk anda bersihkan. Jika perlu, anda bisa membersihkan dengan sikat yang halus untuk mengangkat noda atau kotoran tersebut.

Cara kelima, anda dapat mempertahankan warna tas alami dan juga tekstur tas dengan menggunakan sabun untuk mencuci yang lembut. Kemudian anda juga bisa menguceknya dengan cara perlahan. Jangan meremasnya terlalu kuat.

Terakhir, anda harus memastikan jika pada saat mencuci tas bahan kanvas favorit, harus membilasnya dengan bersih. Hal ini penting agar tidak menimbulkan bercak putih yang muncul karena sisa sabun masih menempel. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara