Tebing Citatah Padalarang, Pesona Tebing Kapur Siap Menguji Adrenalin

Tebing Citatah Padalarang
Tebing Citatah Padalarang. Foto: Ist/Net

Tebing Citatah Padalarang adalah salah satu destinasi wisata alam yang menyuguhkan keindahan gunung kapur yang mempesona. Kawasan ini cukup unik dan berbeda dari destinasi wisata Bandung Barat lainnya.

Tebing Citatah berupa perbukitan yang terbentuk dari adanya gunung kapur dengan keunikan tersendiri. Tebing ini terdiri dari tiga bagian yang antara lain Tebing Citatah 125, Citatah 90, dan juga Citatah 48.

Nama tersebut diambil dari ukuran ketinggian masing-masing tebing. Kawasan ini memiliki karakter batu kapur yang cukup aman untuk dipanjat.

Sehingga sangat cocok bagi para traveler yang gemar akan tantangan. Banyak pengunjung yang datang untuk mendaki tebing serta menikmati pemandangan dari ketinggian.

Wisata Tebing Citatah Padalarang Bandung

Kota Bandung terkenal akan destinasi wisata alamnya yang sangat mempesona. Bahkan kota ini juga memiliki wisata alam yang cukup menantang saat dikunjungi.

Baca Juga: Goa Buniayu Sukabumi, Nikmati Keindahan Perut Bumi yang Eksotis

Salah satunya wisata yang cukup menantang adrenalin adalah Tebing Citatah. Kawasan wisata ini berlokasi di Desa Citatah, Kecamatan Citatah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tebing Citatah menjadi tempat favorit bagi para pecinta panjat tebing.

Tidak hanya menawarkan keindahan bukit kapur yang mempesona, tebing ini juga menjadi menjadi referensi wisata yang cukup menantang adrenalin.

Tebing Citatah Padalarang adalah suatu kawasan berbukit serta berbentuk pegunungan kapur yang membuat kawasan ini memiliki ciri khas dari perbukitan lainnya.

Banyak pihak yang menyatakan bahwa tebing ini aman untuk dipanjat para pengunjung. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengunjung yang merasa tertantang untuk menaklukkan serta dapat mencapai puncak tebing.

Baca Juga: Taman Bunga Nusantara Cianjur, Hadir dengan Konsep Unik dan Edukatif

Lokasi tebing Citatah berada dekat dengan pertambangan kapur. Sehingga sangat wajar apabila sebagian besar tebing terbentuk dari batu kapur. Berikut ini beberapa fakta menarik dari Tebing Citatah Padalarang yang antara lain:

Memiliki Tiga Tebing Utama

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Tebing Citatah mempunyai 3 tebing yang cukup populer. Tebing tersebut terdiri dari Citatah 125, Citatah 90, dan Citatah 48 yang sesuai dengan ukuran ketinggian yang dimiliki.

Masing-masing tebing tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Tebing 48 mempunyai sebuah tugu berbentuk pisau belati yang menancap tepat pada puncak tebing.

Tugu Pisau Belati merupakan ciri khas yang sangat mencolok pada kawasan ini. Untuk tebing 90 mempunyai jenis batuan kars atau batuan kapur dengan tingkat kesulitan lebih dari jenis tebing yang lain.

Dengan nama resmi Gunug Pabeasa, tebing ini mempunyai 4 hingga 5 jalur pemanjatan. Karena memiliki permukaan yang cenderung rapuh, maka tebing ini sangat jarang digunakan sebagai lokasi pemanjatan.

Sedangkan pada tebing 125 terletak pada gunung kapur paling tinggi di wilayah Citatah. Tebing ini bernama Gunung Singgalang dengan ketinggian 125 meter.

Perlu anda ketahui, kawasan ini menjadi pusat pendidikan untuk para siswa sekolah panjat tebing yang berada di kota Bandung atau untuk Jabodetabek.

Baca Juga: Paralayang Bukit Gantole Puncak, Nikmati Sensasi Terbang di Atas Bukit

Pada ketinggian 30 meter, pengunjung akan menemukan goa alami yang biasa untuk kepentingan pemanjatan serta tempat beristirahat oleh para pemanjat.

Spot Foto dan Aktivitas Menarik Wisata Tebing Citatah Padalarang

Pada kawasan wisata ini, para pengunjung akan menyaksikan beragam keindahan spot wisata yang sangat mengagumkan, terdiri dari:

Spot Foto yang Instagramable

Pada kawasan Tebing Citatah Padalarang ini akan menemukan beragam spot foto yang menarik dan menakjubkan. Para pengunjung dapat melakukan foto di atas tebing serta duduk santai antara tebing dengan view yang sangat menakjubkan.  Kawasan ini, anda juga dapat melakukan foto prewedding yang sangat menarik.

Panjat Tebing yang Seru

Saat berkunjung ke kawasan Tebing Citatah, rugi apabila tidak tidak melakukan aktivitas panjang tebing. Panjat tebing merupakan salah satu aktivitas yang sangat menguji adrenalin dan menjadi keseruan tersendiri bagi para pengunjung.

Bagi para pemula, anda tidak perlu khawatir, anda dapat belajar dari para pendamping. Selain itu, ada juga dapat memilih jalur serta tingkat kesulitan memanjat sesuai dengan kemampuan.

Sebagai Tempat Penelitian

Selain menjadi tujuan wisata yang cukup populer, Tebing Citatah juga seringkali menjadi tempat riset penelitian geologi serta tempat penelitian konservasi burung hingga berbagai jenis bebatuan yang terdapat pada kawasan tersebut.

Untuk dapat menikmati keindahan serta keseruan Tebing Citatah Padalarang, anda tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Waktu operasional dari kawasan wisata ini buka mulai dari jam 08.00 hingga 17.00 WIB. Selalu utamakan keamanan dan keselamatan saat melakukan berbagai aktivitas pada wisata ini. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang