Tebing Jalan di Sukamantri Longsor, 2 Rumah Warga Terancam

Tebing jalan menuju perkebunan dan sawah Blok Cikondang di Dusun Sindangkalangon, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, longsor. Foto: Edji Darsono/HR.
Tebing jalan menuju perkebunan dan sawah Blok Cikondang di Dusun Sindangkalangon, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, longsor. Foto: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Tebing jalan di Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tepatnya akses menuju perkebunan dan sawah Blok Cikondang, Dusun Sindangkalangon, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukamatri, longsor.

Khawatir semakin melebar dan membahayakan rumah yang berada di bawahnya, warga setempat meminta agar Pemerintah Kabupaten Ciamis segera membuatkan tembok penahan tebing (TPT).

Juju, salah warga RT. 04/01, Dusun Sindangkalangon, Desa Sindanglaya, mengatakan, longsornya tebing jalan menuju areal perkebunan dan sawah itu terjadi empat hari lalu saat hujan deras.

Akibatnya jalan menjadi sempit. Bahkan, dilewati sepeda motor saja bila berpapasan dengan motor lainnya, maka salah satunya harus ada yang mengalah.

Baca Juga : Tanah Tebing Longsor Ancam Rumah Warga Sukamantri Ciamis

“Kami khawatir terjadi longsor susulan dan membahayakan rumah yang berada di bawahnya. Kami berharap pemerintah membuatkan tembok penahan tebing. Jangan sampai menunggu terjadi hal-hal yang tak diinginkan,” ungkapnya, Rabu (17/02/2021).

Sebab, menurut Juju, apabila tidak ada tembok penahan tebing, sudah pasti longsornya akan semakin melebar. Terlebih hampir setiap hari turun hujan deras.

Omang, warga lainnya, menambahkan, longsornya tebing jalan tidak hanya mengganggu akses warga menuju areal perkebunan. Tapi juga sudah mengancam kedua rumah warga yang berada di bawahnya.

“Tebing jalan sepanjang kurang lebih 400 meter itu belum tersentuh pembangunan TPT. Mengingat potensi longsor susulan sangat besar. Makanya kami berharap dalam waktu dekat ini pemerintah kabupaten bisa memberikan bantuan untuk pembuatan TPT,” kata Omang. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah