Tebing Longsor di Sukamantri Ciamis, Jalan Perbatasan Tertimbun

Jalan Perbatasan Tertimbun Longsor di Ciamis
Jalan Perbatasan Tertimbun Longsor di Ciamis, Sabtu (13/2/2021). Foto: Edji/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Jalan perbatasan Desa Cibeureum dengan Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tertimbun longsor saat hujan deras, Sabtu (13/2/2021). Mengakibatkan, akses jalan dari Ciamis menuju Cikijing – Majalengka sempat lumpuh total.

Omang, warga desa setempat, membenarkan terjadi tebing longsor hingga menimbun jalan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kondisi jalan tertutup dan berlumpur, sehingga kendaraan tidak bisa melintasi jalan tersebut. Padahal jalan ini merupakan akses ekonomi utama bagi warga setempat.

“Longsor terjadi karena hujan deras mengguyur wilayah Sukamantri pada malam hari selama beberapa jam. Sehingga jalan perbatasan tertimbun oleh material tanah,” ungkapnya.

Omang mengatakan sampai siang tadi, material longsor yang menutupi badan jalan belum dievakuasi karena kondisi tanah yang menutup badan jalan cukup luas dan tebal.

Menurut Omang, jalan tersebut cukup vital karena berada pada perbatasan. Warga mengandalkan jalan tersebut sebagai akses perekonomian baik dari Kabupaten Ciamis maupun daerah tetangga. Sejumlah warga pun bergotong-royong sedikit demi sedikit membersihkan material tanah longsor tersebut dengan alat seadanya.

“Semoga secepatnya mengevakuasi material tanah longsor dari jalan perbatasan yang tertimbun ini. Pemerintah semoga segera menerjunkan alat berat dan penyemprot air. Agar jalan kembali bersih dari lumpur sehingga akses lalu lintas kembali normal. sebab, bila masih terdapat lumpur rawan terjadi kecelakaan karena jalan licin,” pungkasnya. (Edji/R9/HR-Online)

Editor: Dadang