Tingkatkan Layanan Kesehatan, Dinkes Ciamis Bina Desa Siaga Aktif

Tingkatkan Layanan Kesehatan, Dinkes Ciamis Bina Desa Siaga Aktif
Peresmian Dusun Siaga Aktif Pasti (Pademokan Sehat Berarti) di desa Kertaharja, kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Rabu (24/2/2021). Foto:Fery/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memberikan pembinaan Desa Siaga Aktif, Rabu (24/2/2021).

Salah satu Desa yang menjadi sasaran pembinaan yakni Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing.

“Hari ini kita memberikan pembinaan terhadap Dusun Siaga Aktif Pasti (Pademokan Sehat Berarti) di Kertaharja, kecamatan Cijeungjing,” ujar Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Ciamis, dr. Eni Rochaeni.

Menurut Eni, desa siaga aktif adalah sebuah desa yang masyarakatnya mudah mengakses pelayanan kesehatan, dan ikut berperan aktif dalam melaksanakan surveilans penyakit di wilayahnya, serta turut memantau kesehatan ibu dan anak, peningkatan status gizi masyarakat, serta kesehatan lingkungan dan perilaku.

“Disamping itu masyarakat aktif, juga mengatasi kedaruratan kesehatan, penanggulangan bencana serta kesehatan lingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat,” katanya.

Pihaknya berharap, dengan terbentuknya desa siaga aktif, dapat mewujudkan masyarakat desa atau kelurahan yang peduli dan tanggap serta mampu mengatasi masalah kesehatan secara mandiri untuk meningkatkan derajat kesehatan.

“Selain itu desa siaga dapat meningkatkan komitmen dan kerjasama semua perangkat Desa atau kelurahan dan organisasi masyarakat,” ungkap dr Eni.

Eni menjelaskan, ada beberapa kriteria desa siaga aktif. Yang pertama pelayanan kesehatan dasar terpenuhi yakni di posyandu multifungsi berjalan dengan baik dan memiliki ambulan desa.

Kedua, lanjut Eni, pemberdayaan masyarakatnya juga harus bagus. Kepala Desa bisa mengeluarkan SK terkait dana sehat dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

Misalnya terobosan seperti bank sampah yang dikelola Karang Taruna serta berbagai kegiatan forum yang melibatkan masyarakat berjalan dengan baik.

Kriteria ketiga perilaku pola hidup bersih dan sehat juga berjalan harus berjalan baik.

“Kegiatan rutin seperti jumsih, olahraga rutin dengan para lansia dan masih banyak lagi,” jelasnya.

Eni berharap semua desa siaga aktif agar dapat memenuhi indikator desa siaga dengan baik dan benar. Supaya terciptanya sehat desaku, sehat kecamatanku, sehat kabupaten Ciamisku. (Ferry/R8/HR Online)

Editor: Jujang