Tips Memilih Mesin Cuci yang Tepat dari Samsung

Tips Memilih Mesin Cuci yang Tepat dari Samsung
Ilustrasi tips memilih mesin cuci. Foto : Ist/Net

Tips memilih mesin cuci sangat penting untuk Anda ketahui sebelum membeli perangkat elektronik ini. Pasalnya, jika salah perhitungan dan tidak tahu seluk beluk tentang mesin cuci, maka jangan salah jika akan kecewa nantinya.

Seperti kita ketahui, bahwa harga mesin cuci tentu sangat bervariatif, mulai dari kurang dari Rp 2 juta, bahkan ada yang lebih.

Sementara keberadaannya sendiri saat ini bisa dikatakan penting. Terlebih bagi Anda yang tentunya sibuk oleh pekerjaan, sehingga tidak ada waktu untuk mencuci sendiri.

Ini Tips Memilih Mesin Cuci dari Samsung

Siapa sih yang tidak tahu Samsung. Ya, perusahaan elektronik dari Korea Selatan ini banyak memproduk barang, mulai dari televisi, smartphone, lemari pendingin sampai mesin cuci.

Product Marketing Manager Home Appliances SEIN (Samsung Electronics Indonesia), Hendry Wijaya mengatakan, bahwa pihaknya selalu memberikan inovasi terbaik untuk masyarakat Indonesia.

Baca Juga : Wow! Mesin Cuci ini Bisa Membersihkan Smartphone dari Bakteri

Sementara untuk mesin cuci besutan Samsung, hadir dalam beberapa tipe. Namun, seluruh tipe tersebut sanat mudah saat pemakaian.

Selain itu juga, Samsung membawa teknologi terdepan pada mesin cucinya, untuk mengoptimal membersihkan pakaian.

“Bersama kemudahan dan kecanggihan dari teknologi perangkat rumah tangga yang Samsung bawa, maka kesehatan dan kebersihan akan selalu terjaga,” katanya dalam keterangan resmi.

Sementara untuk tips memilih mesin cuci yang pas, ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda perhatikan. Apa saja? berikut ulasannya.

Kenali Tipe Mesin Cuci

Secara umum, mesin cuci ada beberapa tipe. Antara lain, Top Load atau bukaan atas dan Front Load atau bukaan depan.

Selain itu, ada juga tipe Twin Tub atau 2 tabung dengan bukaan atas. Untuk tipe yang satu ini, proses pencucian serta pengeringannya menggunakan 2 tabung yang berbeda.

Baca Juga : Kulkas dengan Kecerdasan Buatan Benarkah Ada di CES 2020?

Jadi, sebelum membeli harap perhatikan tips memilih mesin cuci tersebut. Terutama memastikan lokasi atau tempat penyimpanannya, yang disesuaikan dengan tipe bukaan.

Sebagai contoh, apabila lokasi untuk menaruh mesin cuci di area pantry pada apartment, maka akan lebih cocok jika memilih tipe Front Loading. Sebab, dengan tipe tersebut maka Anda tidak perlu membuka tutup bagian atasnya, jadi bisa menghemat tempat.

Pastikan Performa Prima

Tips memilih mesin cuci adalah harus memastikan kondisi atau performanya dalam keadaan prima. Seperti memilih dengan tipe Top Load.

Sementara untuk tipe Top Load dari Samsung memiliki teknologi Wobble, yang bisa menghasilkan aliran pencucian segala atau multi arah di dalam tabungnya.

Sehingga, dengan adanya teknologi tersebut membuat aliran air ini menjadikan pakaian yang tercuci tetap bersih, tapi tidak merusak kain.

Selain itu juga mencegah agar pakaian tersebut tidak terlilit satu sama lain atau kusut. Sehingga, saat menyetrika menjadi lebih mudah. Dan itu bisa membantu Anda menghemat waktu.

Samsung sendiri memberikan tips memilih mesin cuci untuk tipe Front Load. Pasalnya, Samsung Front Load ini memiliki teknologi EcoBubble, yang bisa menghasilkan busa mikro melimpah.

Lantas apa pentingnya busa saat mencuci pakaian? Jika membandingkannya dengan cairan sabun saja, layaknya ketika mencuci muka, untuk busa bakal lebih efektif menyerap ke pori-pori serta dapat membersihkan kotoran.

Sementara dengan EcoBubble, air serta deterjen dengan bantuan pompa angin itulah yang membuat busa mikro, supaya lebih cepat meresap pada serat-serat pakaian.

Sehingga, dengan begitu bisa membersihkan kotoran 40 kali lebih cepat ketimbang mesin cuci konvensional. Itulah alasan tips memilih mesin cuci untuk tipe Front Load.

Sedangkan mesin cuci Samsung Twin Tub, sudah berbekal teknologi Air Turbo Spin. Selain itu, tabung pengering dapat berputar dengan kecepatan tinggi. Sehingga dengan begitu, dapat menarik banyak udara masuk serta membuat pakaian lebih cepat kering dan tidak bau apek.

Sesuaikan dengan Kegiatan Anggota Keluarga

Masing-masing keluarga pasti memiliki pola aktivitas atau kegiatan tersendiri. Untuk pasangan suami istri yang keduanya saat ini work from home atau bekerja dari rumah, bakal berbeda load cuciannya dengan pasutri yang setiap hari memiliki kegiatan di luar rumah.

Begitu juga dengan jumlah anggota keluarga yang memilih mesin cuci bisa berbeda dengan yang lainnya. Misalkan, keluarga yang memiliki 2 anak balita, akan berbeda dengan keluarga yang banyak anak.

Masing-masing mempunyai pola serta beban cucian tersendiri. Maka dari itu, perlu tips memilih kapasitas mesin cuci dengan mempertimbangkan hal tersebut.

Mencari Manfaat Ekstra

Selain performa serta kapasitas, fitur-fitur tambahan yang ada pada mesin cuci juga bisa mendukung aktivitas anggota keluarga yang berbeda-beda.

Seperti mesin cuci besutan Samsung Top Load Inverter, yang menawarkan fitur Deep Softener. Fitur ini dapat mengoptimalkan efek pelembut pakaian. Sehingga, bau harum pada cucian akan bertahan lebih lama. Dan itu, sangat pas buat keluarga yang rutin berolahraga.

Baca Juga : Kulkas Boros Listrik Bikin Tagihan Membengkak, Ini Tips Mengatasinya

Sementara tips memilih kapasitas mesin cuci untuk Samsung Front Load tipe terbaru tersebut juga memiliki kelebihan yaitu bisa memonitor lewat smartphone.

Pengguna cukup memakai atau menginstal aplikasi Smart Things. Dalam aplikasi tersebut, Anda dapat mengatur siklus, daya cuci atau juga bagian pengeringan. Selain itu juga memonitor sisa waktu pencucian.

Sehingga, dengan adanya fitur tersebut sangat pas dan bermanfaat untuk para multitasker atau mereka yang sibuk bekerja.

Dengan tips memilih mesin cuci yang sudah diulas di atas, semoga bisa membantu Anda yang ingin membeli perangkat elektronik tersebut. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto