Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruTouch ID iPhone Rusak, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Touch ID iPhone Rusak, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Touch ID iPhone rusak disebabkan oleh beberapa faktor. Touch ID merupakan sensor sidik jari pada perangkat Apple yang memungkinkan pengguna dalam mengamankan perangkat.

Selain itu, fungsi dari Touch ID ini juga dapat membuka aplikasi, mengotorisasi Apple Pay, serta melakukan pembelian. Semua kegiatan tersebut dapat anda lakukan dengan hanya menggunakan sidik jari.

Touch ID merupakan sistem yang sangat rapi serta dapat bekerja dengan sebagian besar waktu. Namun terkadang sistem ini juga dapat mengalami suatu masalah. Apabila anda mendapati ID Touch tidak berfungsi, kenali penyebab dan cara mengatasinya.

Mengetahui Touch ID iPhone Rusak

Fingerprint scanner adalah teknologi unggulan iPhone, meskipun terdapat beberapa smartphone berbasis Android yang menjadi pelopor fingerprint pada layar ponsel.

Fungsi dari fingerprint scanner iPhone memiliki fungsi untuk memindai Touch ID pemiliknya. Dengan Touch ID, mempunyai fungsi untuk membuka iPhone tanpa harus menggunakan password.

Hanya dengan menempelkan jari pada fingerprint scanner, maka pemilik iPhone sudah bisa mengakses perangkatnya. Selain itu, touch ID juga mempunyai fungsi untuk verifikasi pembelian aplikasi pada Apps Store.

Dengan hadirnya fitur ini, dapat memudahkan pengguna Apple iPhone 5s ke atas dalam berinteraksi dengan smartphone yang dimiliki.

Lalu dapat memberikan keamanan perangkat smartphone dari kemungkinan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Namun kecanggihan teknologi tersebut tentu tidak luput dari gangguan fungsi. Terkadang Touch ID iPhone yang tidak berfungsi atau rusak yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Berikut ini beberapa penyebab Touch ID iPhone rusak dan cara mengatasinya:

Fingerprint Tidak Dapat Mengenali Touch ID Pengguna

Penyebab fingerprint iPhone tak berfungsi, salah satunya karena keadaan jari anda. Maka pastikan kalau jari anda dalam keadaan bersih serta tidak lembab saat menggunakan Touch ID.

Selain itu, apabila jari anda terluka, hal ini juga akan mempengaruhi ketika anda menggunakan fingerprint scanner. Hawa dingin yang berpengaruh terhadap anatomi jari seperti jari menjadi berkerut serta lembab juga akan berdampak dalam penggunaan Touch ID, sehingga fingerprint scanner pada iPhone tidak berfungsi normal.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda lakukan saat Touch ID iPhone rusak karena fingerprint yang tidak mengenali Touch ID pengguna, antara lain:

  1. Coba tempelkan jari anda pada sensor Touch ID secara berulang kali
  2. Matikan Touch ID terlebih dahulu, lalu hidupkan kembali
  3. Bersihkan fingerprint scanner iPhone yang anda miliki
  4. Pastikan sensor fingerprint, apakah dalam keadaan baik atau normal
  5. Pastikan jari anda dalam keadaan kering saat menyentuh fingerprint scanner

Namun, apabila fingerprint tetap tidak dapat berfungsi dengan baik, maka solusi berikutnya untuk mengatasi Touch ID iPhone rusak adalah dengan cara atur ulang settingannya secara tepat.

Berikut ini beberapa langkah mensetting ulang Touch ID iPhone yang dapat anda lakukan, antara lain:

  1. Buka menu “Pengaturan”, pilih Touch ID serta Kode Sandi, kemudian masukkan kode sandi anda.
  2. Pada layar berikutnya, gesek dari kanan ke kiri pada setiap sidik jari. Hal ini bertujuan untuk menghapus sidik jari anda yang telah tersemat sebelumnya.
  3. Kemudian lanjutkan dengan menekan Add Fingerprint dan daftarkan kembali jari anda.

Cara memperbaiki fingerprint scanner error untuk masuk ke App Store antara lain:

  1. Buka menu Pengaturan
  2. Pilih Touch & Kode Sandi
  3. Masukkan kode sandi
  4. Matikan iTunes & App Store
  5. Reboot iPhone anda
  6. Kembali pada Touch ID & Passcode pada menu Settings dan balikkan iTunes & App Store kembali.

Adanya Faktor Internal

Penyebab Touch ID iPhone rusak selanjutnya adalah karena masalah bug pada iOS. Hal ini dapat terjadi pada saat pengguna iPhone melakukan update ke iOS versi terbaru.

Faktor ini dapat anda atasi dengan melakukan downgrade yang bertujuan agar fingerprint scanner dapat berfungsi normal kembali. Atau anda dapat menunggu rilisan versi updatenya.

Baca Juga : Menonaktifkan Hamparan Layar Android Efektif, Simak Ulasannya!

Bagi anda yang ingin upgrade iOS 10 ke iOS 11, pastikan anda mengetahui beberapa kelebihan serta kekurangan iOS 11 tersebut. Lalu usahakan untuk langsung update versi terbarunya, sehingga error yang terjadi pada Touch ID dapat teratasi dengan baik.

Pastikan anda memahami penyebab dan cara mengatasi detail Touch ID iPhone rusak atau tidak berfungsi. Untuk menjaga sensor, maka pastikan kondisi tangan dalam keadaan bersih, kering, tidak lembab, serta tidak terluka. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img