Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Tercatat NJKB RI Berbekal Dua Mesin

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky
Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Foto: Ist/Net

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky bakal hadir di Indonesia. Hal ini mendapatkan tanggapan positif dari konsumen. Memang sejak tahun 2019 lalu, konsumen Indonesia telah menantikan kehadiran mobil SUV tersebut. 

Mobil kembar tersebut menjadi kabar yang paling depan saat ini. Hal ini karena kehadirannya telah tercatat di Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor 2021. 

Bahkan mobil kembar tersebut telah mengantongi kode NJKB yang sangat mirip. Kode pada mobil tersebut yakni kode A250 pada mobil bermesin 1000 cc turbo. Selain itu, ada kode lagi yakni A251 pada mobil 1200 cc NA. Kode setelahnya menunjukkan kode RA yakni Raize, dan kode RS yaitu Rocky. 

Mobil tersebut berbekal dua tipe mesin yang agak berbeda dengan dua pilihan transmisi, yakni transmisi otomatik dan manual CVT. Harganya pun juga tertera pada NJKB tersebut. 

Bocoran Spesifikasi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky 

Sampai dengan saat ini, kita masih menunggu informasi dan konfirmasi resmi dari pihak PT Toyota (TAM) dan PT Astra Daihatsu (ADM) mengenai kabar peluncuran mobil kembar tersebut. Namun memang sudah terdengar kabar mengenai pengiriman unit yang sudah on progres. 

Baca Juga : Nissan March 2021 Mengalami Perombakan Desain Terbaru

Bocoran yang sudah tertera pada Permendagri, masing-masing membawa 6 varian yang sama. Untuk membahas spesifikasi mobil kembaran tersebut sepertinya tidak terlalu jauh dengan mobil sebelumnya dan dikabarkan lebih identik dengan versi pendahulunya. 

Varian Toyota Raize Serta Daihatsu Rocky

Mobil Raize hadir dengan 6 varian, yakni 1.2 G MT, 1.2 G CVT, 1.0T G MT, 1.0T G CVT, 1.0T S CVT, dan 1.0T S CVT TSS.  Sedangkan pada Rocky juga hadir dengan 6 varian, yaitu 1.2 M MT, 1.2 M CVT, 1.2 X MT, 1.2 X CVT, 1.0T R MT, dan 1.0T R CVT.

Mesin 

Pada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky tersebut dibekali mesin 3 silinder 996 cc intercooler turbo untuk tipe 1.0 liter. Tenaga yang dihasilkan juga mencapai 98 ps atau dengan 96,06 dk with torsi  140 Nm. Mulainya dengan 2400 sampai 4000 rpm. 

Pada varian mesin yang lainnya juga membawa dapur pacu 1200 cc. Bahkan pada output hampir mirip dengan LCGC dengan tenaga 86 dk dan torsi 107 Nm.

Bahkan menurut informasi, Raize serta Rocky memakai pilihan transmisi manual 6 percepatan dan otomatik. 

Fitur

Fitur Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dengan penjelasan pertama di mobil Raize hadir lebih advance. Bahkan mobil tersebut lengkap dengan fitur keselamatan TSS yakni Toyota Safety Sense.

  • Collision Avoidance Support Brake Function
  • Collision Warning Function
  • Leading Vehicle Start Notification Function
  • Sign Recognition Function
  • Blind Spot Monitoring
  • Lane Departure Warning
  • Brake Control
  • Auto High Beam
  • Corner Sensor
  • Adaptive Cruise Control
  • Lane Keep Control
  • Rear Cross Traffic Alert
  • Panorama Parking Assist

Dari deretan fitur keselamatan tersebut, masih belum dapat diketahui apakah nantinya Raize bakal membawa keseluruhan fitur. Harapannya tetap yang terbaik. 

Baca Juga : Mobil Volkswagen ID.4, Mobil Listrik Keluaran Terbaru

Sedangkan di sisi Rocky, fitur keselamatan yang ada padanya sudah modern dengan menggunakan Smart Assist System fitur anti tabrakan. 

Basis Rangka Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Menurut informasi, rangka Raize memakai platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Lalu Rocky menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Harga Raize Serta Rocky

Dengan melihat informasi, harga Raize pada rentang 153,3 juta hingga 207,9 juta. Sedangkan Rocky lebih murah dari Raize yakni mulai 136,5 juta hingga 176,4 juta.

Selain itu, konsumen bakal dikenakan biaya tambahan bea balik nama 12,5 %, pajak kendaraan 2,5 %, dan margin keuntungan dealer tentunya. 

Jika memang pada Maret sampai November kedua mobil tersebut akan turun di pasaran, maka Raize dan Rocky bebas dari PPnBM. 

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky tersebut masuk dalam kriteria mobil dibawah 1500cc dan diproduksi di dalam negeri dengan kandungan lokal 70%. 

Sedangkan harga di Jepang, Raize dengan tipe X2 WD dengan banderol harga 232,6 juta sudah termasuk pajak. Tipe Z 4WD dengan harga 316,3 juta sudah termasuk pajak.

Baca Juga : Audi e-tron GT Perdana Siap Meluncur Dalam Waktu Dekat 

Sedangkan pada Raize tipe X 4WD dengan harga 265,8 juta, Z2WD 285,5 juta, G 2WD 262,6 juta, G 4WD 295,7 juta, X “S” 2WD 241,8 juta, dan X”S”4WD 275 juta. 

Sedangkan pada Daihatsu Rocky bertipe L 2WD dengan harga 236,3 juta dan tipe Premium 4 WD harga 304,8 juta. Pada tipe X 2WD 256 juta, sedangkan tipe G 2WD dengan harga 277,5 juta. 

Nah, itulah spesifikasi dan harga bandrol Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang dapat anda ketahui. Semoga dapat memberikan pengetahuan mengenai perkembangan dunia otomotif. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto