Treatment untuk Wajah Kusam yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah

0
1
Treatment untuk Wajah Kusam yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah
Ilustrasi treatment untuk wajah kusam Foto: Ist/Net

Treatment untuk wajah kusam mudah anda temukan pada klinik kecantikan. Tetapi, bila anda tidak mempunyai dana yang berlebih, anda tidak perlu merasa khawatir serta memaksakan diri.

Anda bisa melakukan cara sederhana, termasuk juga dengan memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi kulit kusam anda.

Deretan Treatment untuk Wajah Kusam yang Sederhana

Untuk mengatasi kulit kusam anda, terdapat beberapa perawatan secara sederhana yang mudah untuk anda lakukan. Sehingga kulit anda akan terlihat lebih cerah.

Membersihkan Wajah Secara Rutin

Treatment untuk wajah kusam pertama yang bisa anda lakukan yakni rutin untuk membersihkan wajah. Terdapat saran bagi anda untuk membersihkan wajah sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan malam sebelum anda tidur.

Supaya sisa kotoran yang menempel pada kulit benar-benar terangkat serta jangan melupakan untuk mengaplikasikan toner.

Baca Juga : Perawatan Wajah Alami, Cara Mudah dan Murah untuk Terlihat Cantik

Memakai Pelembab Sesuai Jenis Kulit

Setelah wajah anda benar-benar bersih, maka anda dapat mengaplikasikan pelembab. Akan tetapi, tidak sembarangan memilih, pastikan dulu bahwa anda memakai pelembab yang sesuai dengan jenis kulit anda.

Bagi anda yang mempunyai kulit kering, anda dapat memilih pelembab yang memiliki kandungan asam hialuronat, simetikon, gliserin, serta lanolin. Sementara untuk anda yang kulit berminyak, anda bisa memakai pelembab yang mempunyai label non komedogenik.

Sedangkan untuk anda yang memiliki kulit sensitif. Anda dapat memilih pelembab wajah yang hipoalergenik dan juga bebas pewangi, sebab lebih ramah pada kulit.

Memakai Masker Alami

Penggunaan masker secara rutin menjadi salah satu treatment untuk wajah kusam. Hal tersebut mampu membuat tampilan pada kulit kusam dapat terlihat lebih cerah. Terdapat berbagai macam bahan alami yang bisa anda manfaatkan sebagai masker wajah, antara lain seperti:

Pepaya

Anda dapat membuat masker dari campuran buah pepaya dan juga nanas. Masker tersebut bisa mengangkat kulit kering serta juga mati yang menjadi faktor kulit kusam. Apabila anda melakukannya secara rutin sekali dalam satu minggu, maka kulit anda akan terlihat lebih cerah serta bercahaya.

Cara buat masker ini, anda cukup mencampur 1 sendok teh jus nanas segar ke dalam 1/4 cangkir pepaya mentah yang sudah menjadi halus.

Baca Juga : Masker untuk Melembabkan Wajah dengan Bahan Alami

Aduklah sampai keduanya tercampur rata. Kemudian anda dapat mengaplikasikannya ke wajah sampai leher selama 25-20 menit. Tidak hanya itu saja, selain penggunaan masker pepaya, anda juga bisa memakai sabun pepaya.

Kunyit

Bahan alami berikutnya yang bisa anda gunakan sebagai treatment untuk wajah kusam yakni dengan menggunakan kunyit. Dengan kandungan antioksidan dan juga antiinflamasi, sehingga mampu membuat tampilan pada kulit terlihat lebih kenyal, cerah, dan juga bercahaya.

Campurkan 1 sendok teh kunyit dengan 1 sendok teh madu dan juga 1 sendok makan yoghurt. Aduk sampai dengan tercampur semua, lalu anda dapat mengaplikasikan pada wajah selama 15 menit. Setelah itu, anda dapat membilasnya dengan memakai air bersih.

Melakukan Eksfoliasi

Bukan hanya menggunakan maskernya, melainkan terdapat saran untuk anda supaya melakukan eksfoliasi wajah dengan rutin. Eksfoliasi juga menjadi treatment untuk wajah kusam yang akan mengangkat sel yang mati, cerahkan kulit, samarkan garis kerutan, serta dapat cegah pori-pori yang tersumbat.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Agar Glowing dengan Bahan Alami

Jika anda memiliki kulit normal yang cenderung kering, anda dapat melakukan eksfoliasi 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Sedangkan jika kulit anda kombinasi serta berminyak, eksfoliasi dapat anda lakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Eksfoliasi sendiri dapat anda lakukan di klinik kecantikan ataupun di rumah. Bila anda ingin melakukannya di rumah, anda bisa memanfaatkan kopi bubuk. Dengan cara, campurkan 12 cangkir kopi bubuk dengan 1 cangkir gula merah, 2 sendok teh susu, dan juga 1 sendok teh madu.

Campurkan secara merata dan aplikasikan ke kulit wajah yang telah anda bersihkan terlebih dahulu. Gosok secara perlahan selama kurang lebih 3 sampai 4 menit sebelum anda membilasnya dengan menggunakan air.

Treatment untuk wajah kusam bisa anda lakukan dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari yakni mengoleskan tabir surya. Anda juga mendapat saran untuk mengkonsumsi makanan sehat, perbanyak minum air putih.

Jangan lupa rutin melakukan olahraga, dan berhenti merokok. Dengan menerapkan kebiasaan tersebut, masalah kulit kusam dapat anda atasi dengan baik. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah