Vaksinasi Guru di Ciamis Tunggu Jadwal Kemenkes

Vaksinasi guru di Ciamis
Ilustrasi Vaksin Covid-19. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Vaksinasi guru di Ciamis, Jawa Barat, masih menunggu jadwal pengiriman vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Kesehatan, saat ini masih menunggu jadwal pengiriman vaksin Covid-19 tahap kedua yang direncanakan sekitar bulan Maret 2021 mendatang. 

Karena itu masih ada waktu untuk melakukan pendataan calon yang siap divaksin salah satunya kalangan tenaga pengajar (guru). Saat ini baru 7.000 guru di Ciamis yang masuk pendataan vaksinasi tahap kedua.

Menurut dr Yoyo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, ketika ditemui HR Online, Selasa (23/2/2021), Kementerian Kesehatan belum memberikan jadwal pengiriman vaksin Covid-19 tahap kedua.

“Untuk penerimaan Vaksin Covid-19 tahap kedua tentunya kami dari pemerintah Kabupaten Ciamis mempersiapkan, sehingga ketika pihak pemerintah provinsi akan melakukan dropping vaksin, kami sudah siap,” ungkapnya.

Namun kata Yoyo, pendistribusian vaksin tahap kedua tersebut belum ada pemberitahuan kembali jadwal kedatangannya ke Ciamis. Jika merunut pada jadwal semula, vaksin dijadwalkan datang pada bulan Maret 2021.

Baca Juga: Bertambah Lagi, Pegawai Disdik Ciamis Positif Covid-19 Jadi 23 Orang

Menurut Yoyo, vaksin tahap kedua nantinya akan diberikan kepada para tenaga pengajar. Saat ini data yang masuk sudah ada sekitar 7000 guru yang siap untuk divaksin.

“Para peserta yang siap divaksin untuk tenaga guru saja sudah ada sekitar 7000 orang. Sementara vaksin tahap pertama yang diberikan kepada para nakes belum seluruhnya terpenuhi dan baru sekitar 70 persen,” jelasnya.

Yoyo mengatakan, vaksin sangat dibutuhkan saat ini, karena itu pihaknya mengimbangi jadwal pelaksanaan di provinsi lain. Terutama daerah-daerah terpencil dimana pendistribusian vaksin membutuhkan cukup lama waktu.

“Distribusi vaksin mendahulukan daerah terpencil. Makanya untuk daerah yang mudah dijangkau seperti Kabupaten Ciamis harus menunggu,” katanya.

Mudah-mudahan, kata Yoyo, pendistribusian Vaksin tahap kedua ini bisa berjalan dengan baik tanpa banyak kendala.

“Sehingga para guru bisa dengan segera menerima vaksin. Kami juga terus mengupayakan ke Kemenkes untuk tambahan vaksin yang akan diberikan kepada Nakes. Kurangnya masih sekitar 1000 vaksin,” ungkapnya. 

Vaksinasi Guru di Ciamis, Sekolah Tatap Muka Diharapkan Segera Dibuka

Hal senada diungkapkan Dr. Asep Saepul Rahmat, Plt Kepala Dinas Pendidikan, mengatakan, untuk vaksin bagi kalangan guru, pihaknya menunggu keputusan dari Dinas Kesehatan Ciamis.

Asep berharap vaksin bisa segera diberikan kepada guru yang nantinya membawa dampak baik terhadap dunia pendidikan di Ciamis. Setelah lama akibat terhalang oleh Covid-19.

“Kami berharap dengan rencana vaksin Covid-19 tahap kedua untuk kalangan guru, kegiatan sekolah tatap muka bisa kembali segera dibuka setelah sekian lama hanya menjalankan belajar daring bagi siswa dan siswi,” jelasnya. (ES/R7/HR-Online)

Editor: Ndu