Vaksinasi Tahap 2 di Jabar, Sebanyak 6,6 Juta Petugas Publik dan Lansia

Vaksinasi Tahap 2 di Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Setelah tenaga kesehatan (Nakes), Satgas Covid-19 Jabar akan melakukan vaksinasi tahap 2, Rabu (24/2/2021). Pada tahap ini target vaksinasi adalah petugas publik dan lansia. 

Sampai hari Senin (22/2/2021), Satgas Jabar masih menunggu pengiriman vaksin dari pusat. Pada tahap kedua, Jabar menerima vaksin 127.061 vial, dengan dosis perkiraannya mencapai 1.270.606. Prioritas utama untuk lansia usia 60-70 tahun kemudian baru petugas publik.

Berdasarkan data ada 4.403.984 lansia dan 2.195.215 petugas publik untuk target vaksinasi tahap 2 di Jabar. Total vaksin untuk tahap 2 ini adalah 6,6 juta orang.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengusulkan prioritas vaksinasi untuk wilayah yang rawan seperti Bogor, Depok dan Bekasi. 

“Kami usulkan prioritas untuk lansia darizona-zona merah, terutama Bodebek,” ujar Ridwan Kamil usai Rakor, Senin (22/2/2021).

Jabar pun gencar melakukan kampanye secara terarah dan tepat sasaran menurut hasil survei. Sosialisasinya dengan melihat entitas, demografi penduduk dan agama. 

Dalam tahap vaksinasi ke 2 di Jabar ini, pihaknya akan menekankan kepada masyarakat agar masyarakat secara efektif membentuk imunitas tubuh. Maka jumlah kesakitan pun bisa berkurang. Target vaksinasi tahap 2 Jabar ini selesai sampai bulan Juni 2021. Sehingga bisa terus melakukan vaksinasi tahap 3.

“Kita harus terus melakukan kampanye secara maksimal kepada masyarakat,” kata Ridwan Kamil.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun menyebut pada vaksinasi tahap 2 ini targetnya adalah lansia. Sebab, mereka merupakan kelompok yang harus segera mendapat perlindungan dari Covid-19.

“Memang lansia perlu mendapat prioritas untuk mendapat vaksinasi,” ucapnya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang