Tenaga Vaksinator Diperkuat untuk Vaksinasi Tahap II di Jabar

vaksinasi Covid-19 tahap II
etua Divisi Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Jabar Marion Siagian.

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Pemprov Jabar memperkuat SDM tenaga vaksinator dalam persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap II. Pada tahap ini sasarannya adalah pelayan publik dan lansia.

Marion Siagian, Ketua Divisi Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Jabar, menyatakan dalam penguatan ini pihaknya menyiapkan 11 ribu orang vaksinator. Jumlah ini pun akan terus bertambah sesuai kebutuhan ketika vaksinasi berlangsung.

Selain memperkuat tenaga vaksinator, Pemprov Jabar pun menyiapkan data sasaran untuk vaksinasi tahap II dengan melibatkan instansi kependudukan setiap daerah.  Seluruh daerah, lembaga dan instansi pun harus mendaftarkan anggotanya.

Marion pun menyebut saat ini tengah menyiapkan tempat penyimpanan vaksin untuk tahap II ini. Begitu juga dengan metode pelayanan, dari mulai fasyankes, instansi dan pos kesehatan. Serta vaksinasi massal dan mobile vaksinasi.

Sasaran dari vaksinasi tahap II ini sebanyak 6.558.526 orang. Jumlah ini berikut dengan kelompok lansia. Pelaksanannya pun akan digelar secara serentak di 27 daerah kabupaten/kota. Namun, hingga kini alokasi vaksin dari pusat untuk setiap daerah pun belum ada angka pasti.

“Bagi lansia, ada tahapan skrining dengan menanyakan riwayat dan memeriksa kesehatan lansia. Vaksinasi untuk lansia ini adalah yang sehat dan yang terkontrol komorbidnya,” kata Marion.

Selain persiapan pelaksanaan vaksinasi tahap II, Pemprov Jabar pun mendorong daerah supaya mengakselerasi vaksinasi untuk SDM Kesehatan.

Selain menyiapkan pelaksanaan vaksinasi tahap II, Pemda Provinsi Jabar mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi bagi SDM Kesehatan.  sampai tanggal 17 Februari 2021, untuk vaksinasi dosis 1 mencapai 86,91 persen atau 157.914 sasaran. Sedangkan untuk dosis 2 baru 35,38 persen atau 64.285 orang. Total sasaran sebanyak 181.701 orang. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang