Vanish Mode Instagram Android, Dapat Kirim Chat Rahasia Melalui DM

Vanish Mode Instragram Android
Vanish Mode Instagram Android. Foto: Ist/Net

Vanish Mode Instagram Android merupakan salah satu fitur terbaru Instagram yang sedang ramai dibicarakan oleh warganet. Hadirnya fitur ini memungkinkan pengguna untuk memasuki “mode” sehingga pengguna dapat mengirim pesan pribadi tanpa meninggalkan riwayat obrolan.

Vanish Mode sama yang terdapat pada Snapchat. Anda dapat mengirim teks, foto, ataupun video. Pertama kali rilis, Vanish Mode langsung memperoleh perhatian yang cukup besar.

Penasaran dengan fitur keren ini dan bagaimana cara menggunakannya, berikut ini akan kita ulas secara rinci mengenai fitur Vanish Mode yang terdapat pada Instagram.

Mengenal Fitur Vanish Mode Instagram Android

Siapa sih yang tidak mengenal Instagram, salah satu media sosial paling hits dan populer di kalangan anak muda. Hingga kini Instagram tercatat mempunyai 1 milyar pengguna aktif bulanan.

Dalam aplikasi ini menawarkan beragam jenis fitur terbaru melalui update berkala. Tak hanya Dark Mode Instagram yang membuat tampilan akun semakin keren.

Baru-baru ini, Instagram kembali menghadirkan fitur yang bernama Vanish Mode Instagram Android. Pada 29 September 2020 lalu, Instagram secara resmi telah memperkenalkan beragam fitur untuk Direct Message (DM).

Baca Juga : Aplikasi Feed Instagram, Jadikan Instagram Lebih Estetis dan Rapi

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman para pengguna dalam berkirim pesan. Dalam setiap harinya, 100 miliar pesan terkirim melalui berbagai aplikasi yang menjadi bagian dari Facebook, salah satunya adalah Instagram.

Tidak hanya dalam bentuk teks saja, akan tetapi anda juga dapat mengirim GIF, stiker, hingga meme sebagai bentuk ekspresi. Dengan demikianlah, Vanish Mode tercipta agar pengguna tidak hanya berfokus mengenai feed Instagram yang aesthetic, akan tetapi juga berkirim pesan melalui fitur DM.

Pengertian Vanish Mode Instagram Android

Vanish Mode atau dapat dikatakan sebagai mode menghilang merupakan salah satu fitur baru yang resmi diluncurkan Instagram.

Melalui fitur ini, memungkinkan pengguna dapat mengirimkan Direct Message (DM) yang menghilang secara otomatis setelah pesan yang terkirim dibuka oleh pengguna Instagram lain serta keluar dari obrolan.

Dengan kata lain, fitur Vanish Mode Instagram Android ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin menjaga privasi percakapan supaya tidak nampak oleh orang lain. Baik secara sengaja ataupun tidak sengaja.

Vanish Mode sepintas seperti fitur yang terdapat pada aplikasi Snapchat, secara otomatis juga akan menghapus pesan setelah satu berlalu. Hal yang membedakan keduanya, pada Vanish Mode mempunyai batas waktu lebih cepat.

Baca Juga : Memindahkan Chat WhatsApp ke Telegram di Android, Ini Cara Mudahnya 

Dalam hal ini, setelah penerima memperoleh pesan pada ruang DM serta keluar dari chat, maka secara otomatis pesannya akan terhapus oleh sistem Instagram. Selain itu, kemungkinan besar Instagram akan memberikan update fitur secara bertahap kepada para pengguna.

Cara Menggunakan Fitur Vanish Mode Instagram Android

Perlu anda ketahui, fitur ini baru tersedia pada beberapa negara. Untuk Indonesia, belum tersedia fitur ini. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir. Instagram akan merilis Vanish Mode secara global dalam waktu cepat.

Baca Juga : Aplikasi Chatting Aman Anti Sadap, Berikut Rekomendasi Terbaiknya

Sebelum fitur ini benar-benar resmi rilis, tidak ada salahnya anda mengetahui cara menggunakan Vanish Mode Instagram Android. Berikut ini langkah-langkah menggunakan Vanish Mode, antara lain:

  1. Pastikan aplikasi Instagram pada Android anda telah masuk versi terbaru. Lalu antara penerima dan pengirim pesan telah mengaktifkan fitur Vanish Mode
  2. Buka aplikasi Instagram serta masuk ke menu Direct Message. Aktifkan fitur Vanish Mode dengan cara menyapu atau swipe pada bagian bawah layar ke atas.
  3. Selanjutnya akan muncul pesan swipe up to turn on Vanish Mode
  4. Proses berikut, layar DM akan berubah jadi hitam. Hal ini menandakan bahwa anda sudah memasuki Vanish Mode
  5. Kirim pesan yang berupa teks, foto, atau video seperti biasa.
  6. Anda juga dapat mengatur berapa banyak pesan anda yang dapat dibuka oleh penerima.
  7. Jika anda ingin cepat menghilang, maka pilih sekali saja pesan untuk dapat terlihat oleh lawan bicara.
  8. Selanjutnya obrolan akan hilang setiap anda serta penerima pesan keluar dari kolom chat DM.

Perlu anda ketahui, fitur Vanish Mode Instagram Android hanya berlaku untuk DM dengan satu orang. Tidak untuk group chat. Apabila anda akan mengambil screenshot pada Vanish Mode, maka lawan bicara anda akan langsung memperoleh notifikasi. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto