Vitamin E untuk Wajah yang Perlu Anda Ketahui Khasiatnya

Vitamin E untuk Wajah, yang Perlu Anda Ketahui Khasiatnya
Ilustrasi vitamin E untuk wajah Foto: Ist/Net

Vitamin E untuk wajah ternyata sama halnya fungsi vitamin C yang memberi peranan positif. Vitamin E merupakan antioksidan yang sangat kuat untuk membersihkan radikal bebas. Biasanya penyebab utamanya yaitu polusi dan paparan sinar matahari.

Umumnya yang banyak anda temukan dalam bentuk minyak. Lalu paling baik untuk anda gunakan dalam serum atau emulsi di siang hari. Sebab, vitamin E terlalu oklusif untuk anda gunakan sebagai minyak di malam hari.

Beberapa Manfaat Vitamin E untuk Wajah

Apabila anda gunakan sendiri, tokoferol biasanya mudah teroksidasi, sehingga vitamin E pada jenis ini sering diformulasikan bersamaan antioksidan lainnya. Seperti vitamin C yang bisa membantu menstabilkannya. Dalam kombinasi ini sangat bagus untuk penyembuhan luka pasca laser.

Baca Juga : Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Akan tetapi, para ahli telah menyepakati bahwa penggunaan vitamin E tidak boleh sembarangan orang. Karena, hal tersebut bisa mengakibatkan meningkatnya resiko perdarahan. Bukan hanya itu saja, vitamin E juga cenderung membuat kulit wajah yang berjerawat semakin rentan terhadap jerawat.

Adanya kombinasi antara vitamin C, E, serta asam ferulic akan sangat baik untuk anda yang mempunyai kulit kering. Tetapi, tidak rawan terhadap jerawat.

Meningkatkan Perlindungan pada Kulit

Jenis vitamin ini yang telah dikemas dalam bentuk minyak atau lotion dapat membantu anda mengurangi peradangan kulit yang bersifat anti-inflamasi. Hal tersebut efek dari tersengat oleh sinar matahari.

Walaupun vitamin E memiliki sifat bisa melindungi kulit, tetapi lebih baik anda tetap menghindari sinar matahari secara langsung. Anda juga bisa mengonsumsi vitamin C serta E untuk bisa meningkatkan perlindungan kulit yang terawat dan juga cantik.

Baca Juga : Vitamin Penting dalam Skincare untuk Kulit Mulus dan Sehat

Menyamarkan Bekas Luka

Vitamin E untuk wajah selanjutnya memiliki manfaat yakni dapat menyamarkan noda bekas luka yang mengganggu penampilan anda.

Agar bisa menyamarkan bekas luka tersebut, terdapat produk krim yang diperkaya vitamin E sudah dapat anda beli dengan bebas di apotek atau toko obat.

Memperpanjang Usia Sel

Sama halnya dengan kendaraan yang dapat berkarat, tubuh juga mampu mengalami penuaan dini akibat radikal bebas. Radikal bebas bisa menghancurkan sel-sel yang terdapat dalam tubuh, sehingga mampu memicu berbagai penyakit. Seperti jantung, ginjal, diabetes, sampai dengan kanker.

Pada vitamin ini mempunyai efek antioksidan yang kuat, sehingga bisa membantu menjaga serta melindungi kerusakan sel-sel akibat dari radikal bebas.

Vitamin E juga akan menghambat proses penuaan sel tubuh anda, maka anda terlihat awet muda dan juga fit walaupun usia semakin bertambah tua.

Perlindungan Ekstra

Pada zaman ini, adanya radikal bebas menjadi momok yang bisa menghantui kehidupan masyarakat urban. Adanya gaya hidup tidak sehat serta faktor lingkungan yang terdapat banyak polusi semakin memprihatinkan.

Pastinya radikal bebas akan kian meningkat seiring dengan keadaan lingkungan yang semakin buruk pula. Contohnya orang merokok semakin banyak, limbah pabrik, asap kendaraan, serta juga paparan sinar UV yang meninggi dari matahari.

Mencegah Keriput pada Wajah

Baca Juga : Rahasia Kecantikan Wanita Korea jadi Tren 2021, Wajib Dicoba!

Manfaat vitamin E untuk wajah selanjutnya yakni bisa mencegah keriput pada wajah dan juga penuaan dini. Sebab vitamin E yang kaya akan antioksidan. Sehingga hal tersebut berdampak baik untuk sirkulasi darah.

Mempunyai Potensi untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Sebagian orang sangat mempercayai bahwa vitamin E merupakan obat yang cocok untuk menghilangkan bekas luka jerawat. Tetapi, diperlukan bukti akan efektivitas vitamin E sebagai obat bekas jerawat.

Maka dari itu, anda bisa mendapatkan perlindungan ekstra dari makanan yang mempunyai kandungan vitamin E secara teratur.

Vitamin E bisa membantu anda dalam memperbaiki sel yang rusak dan melindungi kesehatan anda dalam waktu jangka panjang.

Makanan yang Mengandung Vitamin E

Untuk mendapatkan vitamin E, anda bisa memperolehnya dari asupan makan sehari-hari. Apabila anda menginginkan fungsi vitamin E untuk wajah, maka segera mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin tersebut.

Sumber makanan yang paling baik, vitamin E berasal dari minyak gandum. Bukan hanya itu saja, terdapat juga minyak biji matahari, minyak kacang almond, minyak safflower, serta minyak hazelnut yang kaya akan kandungan vitamin tersebut. Pada jenis vitamin ini akan mudah larut dalam lemak.

Dengan anda mengkonsumsi makanan sumber-sumber vitamin E tersebut, bisa memberikan manfaat vitamin E untuk wajah serta tubuh anda. Namun jika makanan tidak mencukupi, anda bisa juga mengonsumsi suplemen vitamin E. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah