Wagub Jabar Minta Generasi Muda Jangan Tabu Terhadap Dunia Politik

Wagub Jabar Minta Generasi Muda Jangan Tabu Terhadap Dunia Politik
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Foto:Istimewa

Berita Jabar (harapanrakyat.com).- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, berharap generasi muda terutama mahasiswa jangan tabu terhadap dunia politik.

Hal tersebut Uu sampaikan dalam kegiatan “Madrasah Siyasah” yang diselenggarakan HIMA Persis Jabar di Kampus STAI Persatuan Islam (Persis), Kabupaten Bandung, Sabtu (6/2/2021).

Kata Uu, siyasah atau dunia politik punya kedudukan yang penting dalam agama.

Misalnya saja, seorang pemimpin dengan kekuasaannya dapat lebih berpihak dan mengutamakan kepentingan agama dan umat di atas kepentingan lainnya.

“Kita selama ini terbilang sunyi senyap dalam politik dan muamalah, sehingga berbagai peluang tidak semuanya bisa dinikmati umat,” ujar Uu.

Baca Juga: Uu Dorong Dai Muda di Jabar Harus Menguasai 4 Kemampuan

Wagub menyatakan, dengan memperkuat aspek dunia politik (siyasah), maka kejayaan islam atau Izzul Islam wal Muslimin bisa terwujud.

Selain siyasah, dalam upaya mewujudkan kejayaan islam, aspek lainnya seperti muamalah (bisnis) dan tarbiyah atau pendidikan perlu lebih di tingkatkan.

Aspek bisnis atau muamalah bisa menjadi pondasi kuat umat agar bisa mandiri dan mampu berdiri di atas kaki sendiri.

“Makanya saya mengajak kepada generasi muda untuk tidak tabu terhadap dunia politik, bermuamalah dan juga jangan tinggalkan tarbiyah,” katanya.

Selain itu, Uu berharap, generasi muda bisa berpegang pada tiga prinsip, yakni punya cita-cita, memiliki kemauan untuk berusaha, dan berani mengambil resiko.

“Generasi muda juga harus pandai bergaul. Sebab untuk menunjang kelancaran gerakan politik, bisnis, termasuk tarbiyah, perlu jaringan yang luas,” jelas Uu.  (Jujang/R8/HR Online)

Editor: Jujang