Warga Indragiri Ciamis Gotong Royong Evakuasi Tanah Longsor yang Tutupi Irigasi

Tanah longsor
Warga bersama Babinsa saat mengevakuasi tanah tebing longsor. Foto: Eji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Belasan warga Dusun Jotang, Desa Indragiri, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, mengevakuasi material longsor yang menutupi saluran irigasi Tambak Klara, Senin (15/2/2021).

Ketua RT setempat, Muslihat, mengatakan, tebing yang longsor beberapa hari lalu itu membuat saluran irigasi tertutup, sehingga perairan pun terganggu, terutama untuk areal pesawahan di sekitar lokasi.

“Supaya bisa normal lagi, tentu saja warga maupun petani harus turun semua gotong royong membersihkan material tanah. Alhamdulillah Babinsa juga turut membantu kami,” katanya.

baca juga: Tebing Setinggi 10 Meter di Ciamis Longsor Ancam Rumah Warga

Pengerukan secara manual ini, kata Muslihat, agar lahan pertanian yang ada tidak terganggu karena perairan tidak lancar.

Sementara itu, Babinsa Desa Indragiri, Sertu Indra Huda Nuriman, mengapresiasi kekompakan warga untuk mengevakuasi tanah yang menutupi saluran air itu.

“Gotong royongnya sangat luar biasa. Ini bentuk kepedulian mereka terhadap lingkungan, apalagi berhubungan dengan ancaman banjir ketika hujan bila ini tidak segera mendapatkan tindakan,” singkatnya. (Eji/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid