Warga Minta Traffic Light di Jalan Nasional Kawali Ciamis Difungsikan

Warga Minta Traffic Light di Jalan Nasional Kawali Ciamis Difungsikan
Traffic Light ilustrasi. Foto:Ist/Net

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Traffic light jalan nasional yang berada di Blok Buyut Mendong, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, sudah lama tidak menyala.

Karena mengganggu kelancaran arus lalu lintas dan keselamatan pengguna jalan, warga meminta agar traffic light tersebut segera diaktifkan.

Herman pengendara sepeda motor asal Desa Kertayasa, Kecamatan Panawangan, mengatakan, lampu traffic light yang berada di Buyut Mendong sudah terpasang cukup lama, tapi belum juga aktif.

Tiang lampu yang terpasang lampu lalu lintas hanya sebagai pajangan.

“Untuk kenyamanan dan keamanan berlalu lintas, sebagai pengguna jalan berharap lampu traffic light di jalan nasional ini segera aktif,” ujar Herman, Kamis (25/2/2021).

Sebab, jalan nasional tersebut bisa disebut jalur cepat. Pengendara yang melewatinya selalu melaju dengan kecepatan tinggi, sehingga rawan kecelakaan.

Herman menambahkan, semua  lampu traffic light yang terpasang di jalan nasional tersebut merupakan kewenangan pemerintah provinsi Jawa Barat.

Meski demikian, Dinas terkait di tingkat Kabupaten Ciamis harus segera mengusulkan agar setiap lampu traffic light yang padam ini bisa segera berfungsi.

Terlebih, menjelang bulan ramadan dan Idul Fitri akses jalan nasional kerap terjadi kemacetan.

“Keberadaan traffic light ini sangat penting untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan atau kecelakaan. Sehingga kelancaran arus lalu lintas dan keselamatan pengguna jalan terjamin,” pungkas Herman. (Edji/R8/HR Online)

Editor: Jujang