Warga Pangkalan Pangandaran Butuh Pengerasan Jalan Tani Cigadog

Pengerasan Jalan
Warga saat melakukan gotong royong membangun jalan tani. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Warga Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran membutuhkan pengerasan jalan tani yang sudah dibangun setahun lalu.

Lokasi jalan menuju areal pesawahan blok Cigadog tersebut berperan besar untuk para petani, terutama saat panen tiba.

Ayut, salah seorang tokoh masyarakat, mengatakan, selama ini warga sekitar bergotong royong membangun jalan agar akses mereka lebih mudah.

“Karena sangat membutuhkan, makanya petani sepakat melaksanakan kerja bakti setiap hari Sabtu,” katanya, Senin (22/2/2021).

baca juga: Banyak ODGJ Dibuang ke Pangandaran, Pemda Siapkan Perbup

Meski sebelumnya sudah ada jalannya, namun belum bisa dilewati karena belum adanya pengerasan. Untuk itu masyarakat secara swadaya membangun jalur tersebut.

“Alhamdulilah sekarang motor sudah bisa lewat sampai ke lahan pesawahan. Namun untuk kendaraan roda 4 belum bisa karena masyarakat hanya melakukan pengerasan selebar 1 meter, itu juga batunya kita beli secara patungan,” paprnya.

Ia berharap ke depan pemerintah, baik desa maupun kabupaten memberikan bantuan untuk mengecor akses jalan tani ini.

Sebenarnya, kata Ayut, masyarakat bisa saja melakukan pengerasan secara swadaya, namun jika harus mengecor banyak yang keberatan.

Selain menuju lahan pertanian, di jalur tersebut juga terdapat areal tambak milik kelompok tambak ikan mujair Cigadong.

“Setiap kali panen, mereka sering mengeluh saat mengangkut hasilnya. Intinya kita harap adanya campur tangan pemerintah untuk pengerasan jalan ini,” pungkasnya. (Enceng/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid