Wirausaha Modal Kecil Yang Berhasil? Ini Pilihan yang Menjanjikan

wirausaha modal kecil
Menjadi wirausaha modal kecil yang sukses. Foto: Ist/Net

Menjadi wirausaha modal kecil yang berhasil tentunya merupakan dambaan banyak orang. Dengan kemampuan modal yang terbatas tentunya tak banyak jenis bisnis yang bisa kita pilih. Namun tahukah Anda ada beberapa pilihan usaha yang menjanjikan?

Sudah berapa banyak orang yang ingin mempunyai bisnis tapi terkendala modal kecil. Dengan adanya kendala terkait modal mereka, akhirnya banyak yang urung dalam melanjutkan atau mewujudkan keinginannya.

Padahal kalau cermati lebih dalam, sebenarnya ada banyak kok jenis bisnis yang hanya membutuhkan modal kecil tapi untungnya banyak. Peluang menjalankan bisnis ini pun terbuka lebar untuk siapa saja.

Bahkan untuk Anda kurang atau tidak ada keahlian, beberapa usaha ini tetap bisa Anda lakukan. Apa saja jenis bisnis wirausaha modal kecil yang menjanjikan dan potensial itu?

Pilihan Bisnis Wirausaha Modal Kecil

Menjalankan usaha tentunya tidak bisa dalam waktu sekejap. Asal Anda tekun untuk menjalankan bisnisnya, maka lambat laun usaha akan berkembang pesat. Bagaimana, penasaran dengan usaha tersebut?

Jika Anda sudah penasaran dan ingin segera mengetahuinya, yuk langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini. Yang penting sesuaikan saja modal dan keahlian Anda dengan jenis usahanya.

Baca Juga: Ide Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan dan Minim Pesaing

Membuka Jasa

Kalau Anda memiliki kemampuan yang bisa Anda manfaatkan untuk menjadi wirausaha modal kecil, maka manfaatkan saja kemampuan tersebut. Entah apa itu kemampuannya, asal berpotensi untuk digunakan maka segera buat jasa dengan menawarkan kemampuan tersebut.

Misalnya saja Anda pandai menulis, maka manfaatkan kemampuan tersebut dengan menjadi penulis konten, penulis artikel, cerita, cerpen, dan sebagainya. Kemampuan yang Anda miliki selalu dicari orang. Bahkan ada yang menyediakan kontrak tetap.

Sedangkan untuk modalnya, cukup mempunyai laptop atau komputer saja. Untuk memiliki perangkat tersebut, dapat Anda beli saja yang bekas dengan harga kisaran Rp 1-2 juta.

Sedangkan untuk mendapatkan pekerjaannya, Anda bisa mendaftar sebagai freelancer. Anda juga bisa mencarinya melalui forum online atau situs marketplace job yang banyak bertebaran di internet.

Membangun Toko Online

Kalau Anda tidak memiliki keahlian seperti merangkai kata, maka membuka lapak untuk jualan online sangat cocok pula Anda jadikan pilihan. Menjadi wirausaha modal kecil dengan berjualan online pun tidak perlu toko fisik.

Anda hanya tinggal membuat toko online melalui media sosial atau marketplace. Membuka lapak melalui media ini bersifat gratis alias tanpa biaya. Dengan lapak ini Anda sudah bisa membuka usaha yang potensial.

Sedangkan untuk masalah modal, berjualan online membutuhkan modal yang agak lumayan. Tergantung dari produk akan Anda jual. Karena semakin mahal harga produknya semakin banyak pula modalnya.

Untuk mengatasi hal ini, kita bisa memilih produk terjangkau tapi banyak orang memburunya. Silahkan lakukan riset pasar kecil-kecilan untuk menemukan produk yang cocok dan potensial.

Baca Juga: Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Tak Pernah Sepi Peminat

Usaha Potong Rambut

Untuk rekomendasi wirausaha modal kecil yang tak kalah menarik adalah membuka jasa potong rambut. Apalagi jika Anda pandai dalam urusan potong rambut, maka manfaatkan kemampuan tersebut dengan membuka layanan ini.

Anda bisa mencoba membuka jasa potong rambut dengan lapak pinggir jalan. Anda bisa juga dengan membuat layanan sistem delivery alias jasa potong rambut panggilan.

Jadi kita memasarkan layanan potong rambut dengan mendatangi customer. Dengan begitu, kita tidak perlu menyewa lapak yang modalnya saja sudah banyak. Jadi kita cukup membeli peralatan cukur, lalu memasarkan jasa kita.

Dagang Makanan atau Minuman

Sedangkan untuk rekomendasi bisnis wirausaha modal kecil selanjutnya adalah dengan berdagang makanan atau minuman. Ini terutama jika Anda kurang begitu pandai atau tidak mampu dengan beberapa rekomendasi sebelumnya.

Berdagang makanan atau minuman bisa Anda jadikan pilihan kalau masakan Anda memang enak rasanya. Selain sangat potensial, usaha ini juga mampu memberikan keuntungan yang cepat dan cukup besar.

Sedangkan untuk masalah modal, Anda bisa menyiapkan dana sekitar 2 jutaan untuk membeli peralatan dagang dan bahan-bahannya. Kalau ingin lebih ringkas lagi, Anda bisa membuat makanan atau minuman kemudian menitipkannya ke warung-warung.

Dengan beberapa pilihan bisnis yang potensial tersebut, Anda bisa mulai membangun sebagai wirausaha modal kecil. Tidak ada usaha besar tanpa memulainya dari kecil. Yang penting ketekunan dan konsistensi merupakan kunci sukses wirausahawan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang