Wisata Agro Edu Garuda Mupuk di Ciamis, Liburan Sambil Belajar Bertani

Destinasi Wisata Agro Edu Garuda Mupuk di Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, menyuguhkan indahnya pemandangan alam, serta hijaunya lahan pertanian. Foto: Ferry Ramdani/HR.
Destinasi Wisata Agro Edu Garuda Mupuk di Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, menyuguhkan indahnya pemandangan alam, serta hijaunya lahan pertanian. Foto: Ferry Ramdani/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Destinasi Wisata Agro Edu Garuda Mupuk di Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyuguhkan indahnya pemandangan alam, serta hijaunya lahan pertanian.

Tidak hanya itu, destinasi wisata tersebut juga menyediakan beberapa spot untuk swafoto. Bahkan, destinasi wisata yang mempunyai luas lahan sekitar 30 hektar ini juga bisa untuk belajar bertani bagi anak-anak.

Wisata Agro Edu Garuda Mupuk didirikan oleh Kelompok Tani Harapan Laksana 3 Desa Sukamulya sejak akhir tahun 2020 lalu. Meskipun beberapa spot belum selasai 100 persen, namun pengunjung sudah banyak yang datang.

Direktur Pengelola Agro Edu Wisata Garuda Mupuk, Krisna, alias Mad Khocis, mengatakan, selain menjadi tempat wisata, lokasi tersebut juga memberikan pembelajaran atau edukasi. Terutama untuk anak-anak tentang bertani.

“Kedepanya akan ada lokasi untuk tempat belajar bercocok tanam atau bertani. Sehingga dapat menumbuhkan minat generasi muda untuk bertani. Mengingat generasi saat ini seperti tidak peduli terhadap pertanian,” katanya, Kamis (18/02/2021).

Krisna menjelaskan, meski terbilang baru, namun destinasi wisata ini sudah memiliki sejumlah fasilitas, seperti toilet, mushola, dan gazebo. Sementara, untuk anak-anak juga tersedia wahana permainan seperti ayunan, jungkitan, perosotan, dan lainnya.

Selain itu, lanjut Krisna, destinasi Wisata Agro Edu Garuda Mupuk ini juga menyediakan beberapa spot foto yang bisa membuat pengunjung terpesona melihat pemandangannya.

“Kami sangat berharap, dengan adanya destinasi wisata ini dapat memberikan sensasi liburan yang berbeda bagi masyarakat Kabupaten Ciamis dan sekitarnya,” ucap Krisna.

Baca Juga : 23 Desa Wisata di Ciamis Dapat SK Bupati, 5 Masih Verifikasi

Destinasi Wisata Desa di Baregbeg Ciamis

Camat Baregbeg, Edy Yulianto, menambahkan, lokasi wisata tersebut bisa menjadi tempat yang menyenangkan bagi masyarakat. Serta bisa belajar proses bertani, mulai dari menanam, memelihara, hingga memanennya secara langsung.

“Ada beberapa jenis komoditi pertanian yang ada pada lahan Agro Edu Garuda Mupuk ini, antara lain menanam padi, jagung dan sayuran,” terangnya.

Edy berharap, keberadaan destinasi wisata desa tersebut juga dapat memberikan nilai tambahan bagi ekonomi anggota Kelompok Tani Harapan Laksana 3. Sekaligus mengangkat ekonomi bagi masyarakat sekitarnya.

“Keberadaan tempat wisata ini juga bisa turut menciptakan lapangan kerja, sesuai dengan program Bupati Ciamis. Serta turut menciptakan kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Ferry/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah