Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita CiamisWisata Sedot Madu dari Sarangnya Secara Langsung di Ciamis

Wisata Sedot Madu dari Sarangnya Secara Langsung di Ciamis

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Kampung Madu, Desa Banjaranyar, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kini menyuguhkan atraksi baru dengan Wisata Sedot Madu. Yakni cara unik minum madu langsung dari tempat sarangnya.

Pengunjung yang datang ke Kampung Madu kini tidak hanya sekadar datang, melihat-lihat sarang madu lalu pulang membawa oleh-oleh madu. Tapi pengunjung pun bisa merasakan sensasi lain dalam meminum madu.

Para pengunjung tidak perlu khawatir akan tersengat oleh lebah, karena untuk wisata sedot madu ini tidak pada lebah yang agresif dan menyengat. Tapi hanya lebah tertentu saja, seperti lebih klanceng atau trigona, itama lepisep serta lebah tetragona.  Semua lebah itu baik dan tidak menyengat.

“Baru tiga bulan membuka wisata baru ini. karena memang harus seperti ini, sama seperti wisata petik buah kan bisa makan langsung pada tempatnya. Begitu juga untuk kampung madu ini,” ujar Ujang Hadi, peternak lebah madu, Sabtu (13/2/2021).

Wisata sedot madu ini tercetus ketika melihat para pengunjung yang hanya datang saja. Tanpa melakukan hal menarik yang dapat dikenang. Sehingga para peternak madu kemudian berinisiatif membuka sedot madu agar pengunjung pun bisa merasakan sensasi lain. Ada kenikmatan meminum madu, menyehatkan sekaligus menantang.

Sarang lebah yang satu ini berbeda dengan yang lainnya. Menyimpan madu dalam sebuah sarang berbentuk mangkuk. Jadi lebih mudah menyedotnya dengan menggunakan sedotan plastik. Selain itu juga lebah ini bisa menghasilkan madu dalam jangka pendek dengan sebulan sekali.

Wisata Sedot Madu Murah dan Nikmat

Pengunjung yang ingin merasakan menyedot madu dari sarangnya pun cukup murah. Hanya dengan Rp 10 ribu saja, sudah bisa merasakan sensasi meminum madu dari sarangnya. Rasanya pun bisa bermacam-macam, madu tua rasanya manis sedikit asam. Sedangkan madu muda sedikit lebih asam.

Tata, Kepala Desa Banjaranyar, mengatakan ada 95 orang warga desa beternak lebah. Ada di dua tempat yakni Dusun Karanglegok dan Sindangasih. Setiap warga di rumahnya memiliki beberapa sarang lebah.

“Wisata sedot madu ini sangat unik dan kreatif, kearifan lokal yang menjadi unggulan. Jadi silahkan datang ke sini agar bisa merasakan sensasi nikmatnya minum madu langsung dari sarangnya,” ungkap Tata.  (Dadang/R9/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -