Adab Memakai Pakaian Berdasar Ajaran Islam dan Sunnah Wajib Diketahui

Adab Memakai Pakaian Berdasar Ajaran Islam & Sunnah Wajib Anda Tahu
Ilustrasi Adab Memakai Pakaian. Foto: Ist/Net

Adab memakai pakaian dalam Islam merupakan suatu hal yang sangat penting. Selain itu, sudah menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim untuk mempelajari dan juga memahami. Lebih-lebih juga mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tanpa kita sadari, ketika kita hendak berganti busana, kita tak memperhatikan mengenai bagaimana adab yang benar dan betul sesuai sunnah serta ajaran Islam. Apalagi ketika sedang terburu-buru. Seolah-olah malah adab tersebut tidak ada.

Dalil dan Adab Memakai Pakaian yang Wajib Anda Tahu

Islam tidak mengharuskan bagaimana desain yang harus anda gunakan. Jika memang ada, beberapa orang akan menganggap bahwa Islam itu benar-benar agama yang haq. Tapi sebagian yang lainnya menganggap Islam itu riweuh.

Nah, daripada berpikiran yang tidak-tidak, juga menyebabkan anda mendapatkan dosa, Allah itu menurunkan suatu hal untuk umatnya itu pastinya bukan tanpa alasan. Berikut ini ada beberapa adab berbusana yang wajib dan juga harus anda mengerti.

Perlu anda ketahui dan sadari bahwa adab memakai pakaian itu sudah terdapat dalam Al-Quran surat Al-A’raf ayat 26:

baca juga: Adab Bangun Tidur Merupakan Anjuran Amalan Baik Baginda Nabi SAW

Pakaian yang Menutup Aurat

Menutup aurat adalah adab memakai pakaian yang paling penting dan juga utama. Aurat sendiri merupakan bagian tubuh yang harus anda tutup dan tidak boleh anda pertontonkan kepada lawan jenis yang bukan mahramnya.

Hal ini juga merupakan prinsip pertama yang juga menjadi pondasi. Aura antara laki-laki dan juga perempuan itu sangatlah berbeda. Laki-laki itu dari pusar sampai lutut. Sedangkan perempuan, hampir semua anggota tubuh, terkecuali muka dan juga telapak tangan.

Hal ini tertera dalam Al-Quran surat Al-A’raf yang intinya menjelaskan tentang, setan telah membujuk dan menyebabkan keduanya mendekati pohon tersebut karena tipu dayanya. Dengan demikian, mereka mengira bahwa buah tersebut adalah kayu. Kemudian nampaklah aurat-aurat mereka, maka mulailah mereka menutupi dengan daun-daun surga (Qs. Al-A’raf ayat 22).

Tidak Menyerupai dengan Pakaian Orang Kafir

Maksud dari adab memakai pakaian yang satu ini adalah bukankah saat ini banyak sekali orang-orang yang berpakaian tetapi malah telanjang, khususnya untuk kaum Hawa. Maka inilah yang dikatakan pakaian yang menyerupai pakaian orang kafir.

Hal yang demikian ini juga telah terdapat dalam Al-hadits:

Busana yang Tidak Menyerupai Lawan Jenis

Arti dari salah satu adab memakai pakaian yang satu ini adalah perempuan itu tidak boleh berbusana dengan menyamai ataupun mirip-mirip dengan seorang laki-laki. Laki-laki pun juga tidak boleh berbusana menyerupai perempuan. Tak hanya dalam berbusana saja, tetapi juga dalam dandanan.

Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari menjelaskan:

Adab Memakai Pakaian

Sudah jelas bukan, jika kita berdandan menyerupai lawan jenis, maka Allah Ta’alla akan melaknat dan juga tidak masuk surga.

Tidak Boleh Tembus Pandang Atau Transparan

Tak berbeda dengan berpakaian, tetapi telanjang. Menggunakan pakaian yang tidak tembus pandang merupakan salah satu adab memakai pakaian yang sangat penting.

Padahal jika kita sadari, menggunakan pakaian yang seperti ini sama saja dengan kita memperlihatkan body dan juga lekuk tubuh kita sendiri. Naudzubillahi Mindzalik.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam sebuah hadits yang pada intinya menjelaskan wanita berpakaian, akan tetapi telanjang, jalannya lenggak-lenggok, dan kepala mereka itu terdapat punuk unta yang condong. Mereka itu nantinya tidak akan pernah masuk surga, bahkan mencium baunya saja tidak (HR. ABu Hurairah).

Awalilah Penggunaan Dari Sebelah Kanan

Tidak hanya merupakan adab memakai pakaian saja, tetapi juga merupakan sunnah rasul. Sebagaimana telah dijelaskan istri Rasulullah yang sangat mulia Aisyah Radhiyallahu anh.

Baginda Nabi Muhammad SAW, selalu mendahulukan yang kanan dalam memakai sandal, menyisir, wudhu, dan juga setiap kegiatannya (HR. Bukhari nomor 168).

Biasakan Ketika Berpakaian Itu Membaca Doa

Apakah anda juga kita semua sudah tahu mengenai doa ketika berpakaian? Hal ini tentu saja menjadi adab memakai pakaian yang sangat penting. Pasalnya, kita tidak tahu apakah busana tersebut itu berkah dan juga akan memberikan keselamatan pada diri anda yang menggunakan.

Dengan demikian, mengapa kita itu harus berdoa? Agar Allah itu senantiasa melindungi kita. Di mana pun dan juga bagaimana pun.

Artinya: “Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah, aku memohon kebaikan yang terdapat pada pakaian dan juga kebaikan yang ada padanya, juga berlindung dari kejahatan pakaian dan kejahatan yang ada padanya”.

Nah, mulai saat ini, beberapa adab memakai pakaian tersebut bisa anda amalkan. Agar nantinya anda juga mendapatkan perlindungan dan menjadi salah satu anggota dalam surga Allah Subhanahu wa Ta’alla. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid