Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil, Cegah Keluhan dan Baik bagi Janin

air kelapa untuk ibu hamil
Manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Foto: Ist/Net

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil ternyata tak bisa dianggap remeh. Konsumsi minuman ini selain mengurangi rasa lelah juga untuk mencukupi kebutuhan elektrolit tubuh. Karena itu penting ibu hamil minum air menyehatkan ini.

Air kelapa mungkin kerap kita kenal sebagai suatu minuman yang dapat berdampak positif maupun negatif bagi kondisi tubuh tertentu. Terutama bagi ibu yang sedang mengandung, mitos-mitos mengenai air kelapa sering kabarnya dapat berpengaruh terhadap kondisi janin.

Baca Juga: Makanan untuk Ibu Hamil Muda yang Wajib Diperhatikan

Seperti mampu membuat kulit bayi menjadi lebih putih maupun membuat rambut bayi lebih hitam dan lebat. Bahkan beberapa mitos juga mengatakan bahwa air kelapa dapat berdampak buruk bagi kondisi janin.

Akan tetapi, berdasarkan fakta medis, mitos-mitos tersebut tidak benar adanya. Bahkan khasiat utama dari air degan, meskipun untuk wanita hamil sekalipun, tidak akan berubah.

Oleh sebab itu yuk kita mengenal lebih jauh mengenai apa saja manfaat yang dapat kita peroleh dari air kelapa untuk ibu hamil.

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil Berdasarkan Fakta Medis

Air kelapa pada dasarnya memiliki kandungan yang kaya akan kalium, magnesium, dan elektrolit. Selain itu, minuman elektrolit alami ini juga kaya akan vitamin C, sodium, serat makanan, riboflavin, dan protein.

Bahkan saat ini banyak produk minuman kemasan yang mendompleng pemanfaatan air kelapa untuk kesehatan dan menjaga prima tubuh. Namun untuk merasakan manfaat dari air kelapa secara utuh, Anda sebaiknya mengonsumsi langsung dari buah aslinya.

Baca Juga: Khasiat Buah Dzuriat untuk Promil & Kesehatan

Dari balik mitos-mitos yang beredar tentang dampak air kelapa untuk ibu hamil dan janin, menurut riset medis yang ada, justru terbukti memiliki khasiat yang baik. Khasiatnya tentu saja tidak lepas dari kandungan dalam minuman ini.

Namun khasiat yang utama dalam hal ini adalah yang bisa dirasakan oleh ibu hamil itu sendiri. Manfaat ini tidak berpengaruh buruk terhadap kondisi fisik bayi yang akan lahir.

Untuk itu penting mengenal berbagi keutamaan air degan ini bagi wanita yang sedang mengandung. Nah, berikut adalah beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang dapat menjadi referensi bagi Anda.

Sumber Elektrolit dan Antioksidan

Air kelapa memang terkenal sebagai suatu minuman elektrolit yang dapat mengganti cairan yang terbuang saat tubuh beraktivitas. Begitu pula dengan ibu hamil, kandungan elektrolit dalam buah ini dapat mengganti asupan elektrolit yang terbuang.

Ibu hamil yang mengalami morning sickness umumnya terlihat dengan muntah atau mual-mual. Antioksidan yang terkandung dalam air kelapa mampu membantu melenyapkan radikal bebas yang ada dalam tubuh.

Namun sangat penting untuk memilih air kelapa segar daripada air kelapa kemasan untuk hasil yang maksimal.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil berperan dalam mengurangi pegal dan nyeri akibat tidak optimalnya sirkulasi darah tubuh. Sistem sirkulasi darah yang tidak optimal berpotensi menyebabkan janin kurang memperoleh suplai oksigen yang cukup.

Baca Juga: Makanan Penghilang Rasa Mual, Langkah Aman Perut Nyaman

Kandungan kalium dan magnesium dalam air kelapa dapat membantu darah terpompa dengan baik dari jantung ke seluruh tubuh. Kalium juga berperan dalam membantu gerakan otot, kerja ginjal dalam penyaringan darah, serta penghantar sinyal saraf. Mencegah Infeksi Saluran Kencing

Salah satu dampak perubahan hormon yang bisa terjadi pada ibu hamil yaitu keluhan mengenai infeksi saluran kencing. Hal ini terjadi karena adanya perkembangan rahim yang menekan kandung kemih.

Sebagai diuretik alami, air degan membantu wanita hamil untuk lebih mudah mengeluarkan urine dan mencegah gangguan kemih. Khasiat air kelapa untuk ibu hamil ini telah membantu wanita mengatasi infeksi saluran kemih yang mereka alami.

Membantu Mengurangi Kelelahan

Karena adanya kandungan elektrolit yang dapat mengganti cairan tubuh yang hilang, air degan terkenal sangat baik bagi orang yang mengandung agar terhindar dari dehidrasi.

Hal ini karena garam alami dalam air kelapa seperti natrium, kalium, dan klorida dapat mengganti garam alami yang terdapat pada tubuh.

Itulah berbagai keutamaan dan manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Dengan mengonsumsinya selain akan mencegah berbagai gangguan yang sering terjadi, juga akan membuat bayi lahir dengan kulit yang lebih bersih dan putih. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu