Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruAki Mobil Tekor, Kenali Apa Saja Penyebab yang Sering Terjadi

Aki Mobil Tekor, Kenali Apa Saja Penyebab yang Sering Terjadi

Aki mobil tekor bisa menimbulkan masalah pada sistem kelistrikan kendaraan. Sebagai pemilik kendaraan, anda perlu tahu bagaimana cara untuk mengatasinya.

Setiap kendaraan memiliki komponen dengan fungsinya masing-masing. Salah satu yang memiliki peranan penting yaitu aki.

Mobil membutuhkan aki untuk dapat menyalakan dan berjalan. Selain itu, semua komponen kelistrikan juga membutuhkan komponen tersebut.

Tanpa komponen tersebut, kelistrikan pada mobil tidak akan bisa difungsikan. Sebenarnya semua komponen pada kendaraan butuh perawatan berkala.

Hal ini perlu anda lakukan agar performa kendaraan tetap terjaga. Sehingga perjalanan anda akan tetap nyaman dan aman.

Aki mobil tekor memang sering sekali terjadi. Bahkan bisa saja timbul ketika berada dalam perjalanan. Ketika masalah ini terjadi, bisa membuat anda merasa kesal. Sebab, mobil tidak akan bisa nyala atau distarter.

Bahkan sebagian besar kasus mobil mogok di jalan, penyebabnya karena aki tekor. Kini penggunaan kendaraan roda empat yang satu ini sudah banyak.

Hampir semua orang lebih mudah memperolehnya karena bisa dilakukan dengan banyak cara. Selain memilih mobil bekas, anda juga bisa membelinya dengan kredit.

Dengan harganya yang cukup tinggi, sebaiknya anda merawatnya secara baik. Sehingga kendaraan bisa terus berfungsi dengan performa yang baik.

Begitu juga dengan aki mobil. Anda perlu melakukan pengecekan secara berkala. Jangan sampai anda biarkan komponen tersebut rusak atau tekor.

Jika anda mengalaminya, sebaiknya segera gunakan cara tepat untuk mengatasinya. Sebab ada banyak cara yang bisa anda lakukan ketika aki bermasalah.

Penyebab Aki Mobil Tekor pada Umumnya

Peranan aki pada kendaraan memang cukup penting. Jika komponen tersebut rusak, maka dapat berpengaruh pada kenyamanan berkendara.

Ketika aki mobil sudah lemah, bisa menimbulkan banyak masalah baru. Hal ini akan terjadi pada sistem kelistrikan. Apalagi jika hal ini terjadi saat anda berada dalam perjalanan.

Tentu akan sangat mengganggu perjalanan anda. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga : Umur Pakai Aki Mobil, Bisa Dipengaruhi Oleh Beberapa Faktor

Namun, bagi anda yang masih belum tahu dunia otomotif, tentu akan kesulitan dalam mengatasinya. Agar penanganan tepat, tentu anda perlu tahu penyebabnya terlebih dulu.

Berikut ini ada beberapa faktor penyebab aki tekor pada mobil. Dengan mengetahuinya, anda bisa segera memberikan penanganan.

Aki Sudah Berumur

Pemakaian aki atau komponen pada mobil tentu memerlukan perawatan. Bahkan ada juga komponen yang memiliki masa pakai.

Meski aki mobil tidak memiliki masa pakai, namun jika terlalu lama anda perlu menggantinya. Hal ini bisa mengakibatkan aki pada mobil melemah atau tekor.

Saat umur aki sudah tua, mengakibatkan performanya juga ikut berkurang. Hal inilah yang akan mengganggu perjalanan anda.

Terlalu Banyak Aksesoris

Aki mobil tekor banyak penyebab yang bisa menimbulkannya. Salah satunya dengan banyaknya penambahan aksesoris yang menggunakan sistem kelistrikan.

Saat ini melakukan modifikasi kendaraan sudah bukan hal aneh lagi. Bahkan sudah banyak pemilik mobil yang menambahkan berbagai aksesoris untuk mendapatkan tampilan menarik.

Sistem audio menjadi komponen yang banyak diberikan pada mobil saat ini. Sayangnya, jika anda tidak memperhatikan kapasitas aki bisa mengakibatkan aki melemah.

Dengan adanya sistem kelistrikan yang berlebih dari biasanya, tentu memperboros aki. Sehingga potensi aki rusak atau soak lebih besar.

Air Aki Habis

Ada dua tipe aki pada kendaraan yaitu kering dan basah. Salah satu kelebihan tipe basah yaitu bisa diisi ulang yang membuatnya memiliki masa pemakaian lebih lama.

Selain itu, perawatannya pun lebih mudah. Sayangnya, masih banyak pemilik kendaraan dengan aki basah lupa untuk mengeceknya.

Hingga terkadang membuatnya habis. Hal inilah yang mengakibatkan aki tidak bekerja. Sebagai pemilik kendaraan, anda perlu melakukan pengecekan komponen tersebut.

Mobil Jarang Digunakan

Penyebab lain aki mobil bermasalah atau tekor bisa karena kendaraan jarang digunakan. Hal ini terjadi karena aki tidak memperoleh suplai kelistrikan yang cukup.

Hal ini membuat kapasitasnya tidak optimal. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya jangan biarkan mobil berdiam di rumah. Jika tidak, sebaiknya panasi mesin kendaraan setiap pagi. Sehingga aki mobil tekor tidak akan terjadi. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru