Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita TerbaruAlat Pernapasan pada Tumbuhan, Baik Secara Umum Maupun Khusus

Alat Pernapasan pada Tumbuhan, Baik Secara Umum Maupun Khusus

Alat pernapasan pada tumbuhan sangat membantu dalam proses menyerap molekul oksigen yang terdapat di udara. Hal tersebut supaya bisa menghasilkan air, energi, dan juga karbon dioksida. Nah, hal itu yang tanaman butuhkan agar tetap bisa tumbuh serta berkembang.

Proses pernapasan pada tumbuhan juga mengikutsertakan penggunaan gula hasil dari oksigen dan fotosintesis sebagai penghasil energi untuk pertumbuhan tanaman.

Namun pada lingkungan alami, terdapat sebagian tumbuhan yang bisa menghasilkan makanannya sendiri untuk bertahan hidup. Alat pernapasan pada tumbuhan ini sendiri telah dibagi menjadi dua jenis, yakni secara umum dan juga khusus.

Baca Juga: Fungsi Jaringan Gabus Untuk Kelangsungan Hidup Tumbuhan

Kenali Alat Pernapasan pada Tumbuhan

Alat Pernapasan Secara Umum

Stomata (Mulut Daun)

Hal yang paling penting pada alat pernapasan tumbuhan yakni stomata. Mengutip Wikipedia, dalam daun tumbuhan terdapat stomata yang mempunyai fungsi utama sebagai tempat pertukaran antara gas oksigen menjadi karbon dioksida (respirasi).

Proses tersebut menjadi awalan dari proses pernapasan yang ada pada tumbuhan. Sebagian orang sering menyebut stomata sebagai mulut daun.

Pada stomata sendiri mempunyai celah yang ada penjaganya oleh dua buah sel penjaga. Fungsi dari sel penjaga tersebut yakni sebagai pengatur waktu kapan membuka serta menutupnya stomata yang ada pada suatu tumbuhan.

Biasanya stomata pada tumbuhan akan membuka jika terkena sinar matahari yang dirasa cukup. Nantinya akan menutup sendiri saat sudah tidak terkena sinar matahari yang masuk. Sel penjaga bisa membuka serta menutup stomata. Hal ini karena mempunyai kandungan air dan juga ion kalium.

Rambut Akar

Alat pernapasan pada tumbuhan yang lainnya yakni rambut akar. Rambut akar ini sendiri memiliki fungsi penting yakni sebagai penghisap air ataupun zat hara yang berasal dari dalam tanah. Setelah itu, akan menyalurkannya pada bagian-bagian tumbuhan.

Bukan hanya itu saja, akar juga mempunyai manfaat sebagai alat pernapasan tumbuhan. Sebab rambut akar bisa mengambil oksigen yang ada pada pori-pori tanah.

Baca Juga: Fungsi Kloroplas pada Sel Tumbuhan dan Pengertian Lengkapnya

Lentisel

Umumnya akan terletak pada tumbuhan yang memiliki tipe dikotil dan monokotil. Tak lain yaitu tumbuhan yang memiliki biji terbuka. Lentisel merupakan lubang-lubang yang berada pada bagian batang.

Lubang tersebut akibat pengelupasan dari parenkim gabus, lapisan gabus, dan juga kambium gabus. Adanya lapisan itu terbentuk sebagai pengganti epidermis serta bermanfaat dalam melindungi batang.

Biasanya, lapisan gabus yang terbentuknya dari kambium gabus sangat rapat, maka bisa memutuskan pasokan udara luar. Udara tersebut begitu penting untuk kebutuhan bagian pernapasan tumbuhan.

Adanya alat pernapasan pada tumbuhan lentisel ini, bermanfaat sebagai penyedia jalan untuk udara luar guna melewati lapisan gabus yang rapat.

Alat Pernapasan Secara Khusus

Bukan hanya yang telah disebutkan di atas saja. Namun sebagian mempunyai alat pernapasan pada tumbuhan yang khusus. Hal tersebut diakibatkan oleh kemampuan tumbuhan dalam adaptasi dengan lingkungannya.

Akar Napas

Merupakan jenis akar yang ada pada tumbuhan. Tumbuhnya yang muncul pada permukaan tanah, maka akar napas akan mengeluarkan CO2 (karbon dioksida).

Tak hanya itu saja nantinya juga akan mendapatkan oksigen. Untuk contoh jenis tumbuhan yang mempunyai akar seperti ini yakni bakau.

Akar Gantung

Bagian akar ini tumbuh dari batangnya serta menjulur ke tanah. Saat akar ini akan menjulur ke bagian tanah tidak secara asal-asalan saja, melainkan menyerap gas dan juga uap air yang berasal dari udara. Contoh dari tumbuhan yang memiliki akar jenis ini yakni pohon beringin dan juga anggrek.

Rongga Udara

Alat pernapasan tumbuhan yang khusus berikutnya yakni dengan memanfaatkan batang guna mendapatkan oksigen. Biasanya, tumbuhan ini mempunyai rongga pada batangnya, maka oksigen atau udara bisa tumbuhan gunakan untuk membantu proses pernapasan (respirasi).

Adapun untuk contoh tumbuhan yang mempunyai rongga udara yaitu kangkung. Selain itu, juga eceng gondok dengan rongga udaranya.

Nah, dari pembahasan alat pernapasan pada tumbuhan yang telah disebutkan di atas, dapat anda tahu bahwa alat pernapasan sangat penting. Hal ini karena bisa membantu tumbuhan dalam proses menyerap molekul oksigen yang ada pada udara. Proses tersebut untuk bisa menghasilkan karbon dioksida, air, serta energi. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -